Benchmark merupakan salah satu cara untuk mengukur performa dari sebuah hardware dan gadget maupun device lainnya. Benchmark sendiri biasanya sering digunakan untuk menguji kecepatan dan keunggulan sebuah komputer ataupun notebook. Device yang akan kita uji meliputi kecepatan komponen Processor, Internal RAM,HDD drive, VGA/GPU dan device lainnya.

Bukan hanya pada PC, sekarang perangkat mobile biasa diuji dengan menggunakan software benchmark. Penyebab kesemua ini,tidak lain dan tidak bukan karena chipset  pada perangkat mobile saat ini menggunakan sebuah processor berkecepatan tinggi dengan fungsi yang lebih kompleks. Begitu juga dengan perangkat smartphone berbasis Android, user bisa secara langsung mencoba kehandalan hardware dengan cara melakukan benchmark pada Android.

Apabila kita sedang bingung bagaimana cara untuk melakukan benchmark pada Android, di bawah ini kita berikan daftar software yang biasa digunakan untuk Android:

1) Quadrant

Quadrant adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digunakan user untuk melakukan benchmark pada perangkat Android.Pada aplikasi ini sudah menyediakan fitur dengan lengkap semua hal untuk keperluan benchmark dari Sistem Android. Proses pengujian benchmark menggunakan Quadrant tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak akan mengganggu waktu anda dengan keperluan lain.

Poroses pengujian akan mengukur kecepatan pada komponen Processor, Internal Memory dan GPU (Graphics Processing Unit) yang akan dikombinasikan dengan Sistem Operasi Android. Hasil pengujian bisa langsung dilihat dalam bentuk diagram yang sudah dibandingkan dengan ponsel merek dan tipe yang lain. Diagram perbandingan ini akan mempermudah pengguna untuk melihat seberapa besar kinerja Android yang sedang mereka pakai.


Selain berfungsi sebagai test kecepatan,Quadrant juga bisa digunakan sebagai acuan referensi ketika kita meinginginkan membeli smartphone Androd jenis tertentu.

Ingin mencoba Aplikasi Quadrant? Kita harus pergi ke Android Market dan carilah dengan kata kunci sesuai judul aplikasi yang dikehendaki.

2) NenaMark

Meskipun di aplikasi Quadrant sudah menyediakan testing hasil pada pengujian GPU, nampaknya hal tersebut belum bisa jadi panduan dalam menentukan seberapa besar kecepatan pemrosesan grafis pada ponsel.Apabila ingin menguji kecepatan performa grafis yang sebenarnya, Aplikasi NenaMark bisa menjadi alternatif terbaik untuk menguji kehandalan suatu grafis pada smartphone Android.

NenaMark akan secara otomatis merender proses grafis secara berkala, dengan kecepatan frame tertentu yang akan diproses oleh NenaMark sebagai acuan dari pengujian. Jika proses pengujian sudah selesai, kita bisa melihat berapa score/nilai dari GPU pada smartphone Android kita.Kita juga bisa mengkomparasikan hasil tersebut dengan cara mengirimkan data ke website NenaMark.Bisa kita lihat berapa urutan smartphone kita jika dibandingkan dengan device yang lain.

Download aplikasi NenaMark di sini https://market.android.com/details?id=se.nena.nenamark1 atau pergi ke Android Market dan temukan dengan kata kunci NenaMark.

3) Rightware Browsermark

Seperti namanya yang unik, benchmark yang satu ini bukan merupakan aplikasi android  namun merupakan benchmark berbasis online.Untuk penggunaanya,koneksikan Android ke internet, buka segera website ini dan lakukan test pengujian. Halaman website akan merefresh otomatis secara berkala dan itu menandakan proses sedang berjalan.


Setelah semua proses task selesai, browsermark akan menampilkan skor/nilai  keseluruhan dari smartphone Android. Bisa diinginkan anda juga bisa membandingkannya dengan hasil pengujian yang sudah dilakukan orang lain.

Ingin segera mencoba Rightware Browsemark? Pergi ke sini http://browsermark.rightware.com/browsermark/index.action dan lakukan pengujian pada ponsel Android yang anda miliki.

2 comments:

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive