Mempartisi SD Card untuk Aplikasi Link2SD dan Semacamnya

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Backup terlebih dahulu data yang ada pada SDCard kalian,dikarenakan data pada SDCard akan di hapus dan diformat partition.

2. Download sebuah sofware untuk membuat partition pada SCCard,kita bisa menggunakan Mini Tool Partition Wizard atau EASEUS Partition Master.

3. Install MiniTools di PC

4. Sambungkan USB HP ke PC

5. Jalankan aplikasi Mini Tools dan akan terlihat seperti contoh dibawah ini. SDCard terlihat pada Disk 2.

6. Selanjutnya delete Partiton SDCard kemudian kita pilih/klik Create Partition

7. Dikarenakan SDCard saya hanya sebesar 2GB sehingga saya hanya membuat 2 buah partition. Partition Pertama Menggunakan Format Ext3. Partition untuk sistem linux sebesar 500Mb. Digunakan untuk menginstall/memindahkan aplikasi dari memori internal ke SDCard

8. Partition yang kedua adalah sisa dari partition pertama, dengan format FAT32. Yang digunakan untuk menyimpan data-data seperti file office, mp3, video dll.

9. Untuk space partition bergantung dari besar dari SDCard kita.Apabila kita memiliki SDCard yang cukup besar kita bisa membuat partition ke 3 dengan format SWAP. Partition Swap digunakan untuk membantu kinerja RAM. dan biasanya partition SWAP dibuat sebesar 2 kali besar RAM pada smartphone kita.

10. Setelah semua langkah selesai klik APPLY pada pojok kiri atas untuk mengeksekusi partition yang telah kita buat sebelumnya.

11. Restart/reboot Smartphone

Note :
SD CARD 4GB:
-FAT32 4GB primary sisain 600MB
-Ext2 600MB primary sisain 100MB
-Linux Swap primary 100MB

SD CARD 8GB:

-FAT32 8GB primary sisain 600MB
-Ext3/4 600MB primary sisain 100MB
-Linux Swap primary 100MB

Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal yang telah terinstall ke memori SDCard, kita bisa menggunakan aplikasi LINK2SD atau APP2SD dan aplikasi sejenis lainnya yang ada di google play store

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive