Kemajuan teknologi yang begitu pesatnya pada saat ini membuat banyak munculnya gadget-gadget baru. Komputerpun semakin ringkas dengan adanya PC Tablet, dan handphone yang beberapa tahun lalu hanya bisa melakukan fungsi telepon dan pesan singkat (SMS) kini berubah menjadi komputer kecil yang mudah dibawa-bawa. Perangkat media player pun ikut-ikutan menjadi kecil. Kini menikmati film atau video favorit melalui PC Tablet atau smartphone sudah menjadi hal biasa, dengan semakin berkembangnya teknologi layar yang dipakai oleh smartphone yang tentu saja akan memanjakan mata penggunanya. Namun tetap saja di antara semua gadget sudah pasti memiliki patokan codec default tersendiri untuk dapat memutar file video.

Apabila Kita mempunyai gadget lebih dari satu buah ,tentu saja akan merepotkan dari sisi pengguna,Kita harus mempelajari terlebih dahulu jenis codec apa yang terpasang pada gadget kesayangan kita satu-persatu atau bahkan hanya menerka-nerka dengan merubah format file video dengan cara manual yang akan berakhir pada buruknya kualitas video atau mungkin malah tidak bisa diputar pada gadget kita.Pada saat ini kita tak perlu untuk repot mencari settingan file video untuk gadget kita dengan software Freemake Video Converter Dengan kehadiran aplikasi ini bisa merubah file pada video agar supaya bisa diputar di semua jenis perangkat gadget yang kita dapat dilakukan dengan hanya beberapa pilihan klik saja.

Sebelum memulai ada baiknya kita ketahui dulu resolusi layar gadget yang kita miliki, agar nantinya video yang akan dirubah sesuai dengan resolusi layar gadget sehingga video dapat diputar di handset Anda. Berikut ini daftar resolusi layar yang paling banyak dipakai gadget baik itu handphone maupun portable media player untuk saat ini:

QVGA : Resolusi 320 x 240
HVGA : Resolusi 320 x 480
VGA : Resolusi 640 x 480
WVGA : Resolusi 800 x 480
nHD : Resolusi 640 x 360
qHD : Resolusi 854 x 480
XGA : Resolusi 1024 x 768
HD : Resolusi 1280 x 720

Setelah kita mengetahui resolusi pada layar gadget langkah selanjutnya yaitu download dan install Freemake Video Converter di situs resmi www.freemake.com. Freemake Video Converter bersifat online installer jadi pastikan koneksi Internet Anda telah terhubung. Jalankan aplikasi yang akan menampilkan window seperti di gambar.

Anda juga bisa langsung mengedit video dengan cara mengklik tombol gunting yang terdapat di sisi kanan video yang telah dimasukkan.Pilih tipe gadget yang kita miliki dengan cara klik pada logo < dan > semisal Android, klik tombol ini.

Pilih resolusi video yang akan diubah, sesuaikan dengan resolusi layar gadget. Lalu tentukan di folder mana hasil video yang telah diubah akan disimpan. Lalu klik Convert.

Untuk para pengguna gadget selain merk Nokia,Windows Phone dan semua tipe smartphone atau portable media player kita bisa menggunakan setting video ke “to MP4”. MP4 adalah codec video yang paling umum di hampir semua gadget, dan memiliki kualitas yang bagus dibanding 3GP. Namun untuk format MP4 berukuran cukup besar bergantung pada bitrate dan resolusi video yang akan diputar, semakin tinggi bitrate yang dihasilkan,otomatis video yang dihasilkan semakin bagus dan berukuran besar .

Bagi pengguna Android untuk dapat memainkan video tanpa perlu mengkonversinya terlebih dahulu. Anda bisa menginstall Video Player tambahan seperti Mobo Player yang secara otomatis akan menambahkan codec tambahan saat instalasi. Pemutar Video Player ini bisa memainkan sebuah format video MKV, MOV dll serta dapat juga menampilkan subtitle yang berformat SRT.

Untuk para pengguna gadget iPhone dan iPad kita bisa menginstall GoodPlayer yang dapat memutar berbagai format file AVI, Xvid, Divx, DAT, VOB, FLV, MKV, MP4, RM, RMVB dan AC3. Dan untuk perangkat Blackberry, dan Windows Phone untuk saat ini belum bisa menambahkan codec langsung karena sifat dari OS yang tertutup(Close Source).Sehingga pada akhirnya selamat menonton video di gadget masing-masing,jangan lupa untuk menambahkan memori eksternal untuk dapat menyimpan koleksi-koleksi video yang lebih banyak lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive