Setelah browsing memakan waktu yang cukup lama, akhirnya menemukan juga aplikasi Android yang bisa digunakan untuk melakukan operasi “screen shot” atau “screen capture” dari layar smartphone Android.Apabila terbiasa menggunakan sistem operasi windows, istilah ini dinamakan print screen, yang bisa mengambil secara keseluruhan gambar dari layar pada sistem Android. Aplikasi tersebut bernama adalah “Screen Grabber“, dibuat oleh seseorang dengan identitas ID mindphaze pada forum XDA Developers dan bisa didownload dengan versi gratis. Sampai saat ini Screen Grabber belum resmi menjadi aplikasi di Android Market, sehingga untuk menambahkan pada ponsel Android user harus menginstallnya secara manual.Beberapa nilai plusnya,tidak perlu melakukan proses “Rooting Android” untuk menggunakan aplikasi Screen Grabber.

Berikut penjelasan tentang bagaimana cara mengambil sebuah gambar pada layar (Print Screen) pada Smartphone Android:
  • Download terlebih dahulu aplikasi Screen Grabber dari forum XDA Developers (Harus registrasi dahulu untuk mendownloadnya).
  • Copykan file APK yang sudah terdownload ke Smartphone Android.Kita bisa menggunakan banyak pilihan untuk menduplikatnya,apakah menggunakan media transfer lewat kabel USB, copy secara manual ke memory card, copy file lewat media  bluetooth atau bisa juga menggunakan WiFi. Pada contoh kami menggunakan koneksi kabel USB.
    Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
  • Setelah transfer file selesai, jalankan file tersebut pada ponsel Android. Jangan lupa untuk mensetting Gadget Android kita supaya kompatibel dengan aplikasi yang berada di luar Android Market.
  • Ikuti saja proses install sampai selesai.
  • Jika diperlukan, restart ponsel Android.
Setelah proses installasi selesai, saatnya untuk melakukan konfigurasi pada aplikasi Screen Grabber.
  • Buka aplikasi Screen Grabber.
  • Lakukan pengaturan sesuai dengan kondisi Ponsel Anda.
    Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
  • Enable screen capture service yaitu berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Screen Grabber.
  • Enable shake sensor untuk mengaktifkan fungsi sensor gerakan. (Aktifkan mode ini agar Screen Grabber aktif).
  • Show notification item yaitu berfungsi sebagai notifikasi apabila aplikasi ini sedang digunakan.
  • Shake sensitivity yaitu berfungsi sebagai pengatur sensitivitas dari sensor gerakan pada smartphone Android.Mode ini akan mengatur tingkat sensitifitas dari gerakan/getaran yang ada pada smartphone Android kita.
  • Pilih juga format file hasil capture. Tersedia dua pilihan apakah menggunakan file JPG atau file PNG.
Setelah semua setting selesai, saatnya kita mencoba menggunakan aplikasi Screen Grabber.
  • Setelah kita mengaktifkan Screen Grabber,kita bisa mencobanya dengan cara menggerakan smartphone Android sesuai dengan tingkat sensitifitas Shake Sensor yang sudah kita setting sebelumnya. (Berdasarkan informasi yang kami dapat, beberapa ponsel Android belum mendukung Shake Sensor pada Screen Grabber.Kitap pilih notifikasi delay sebagai alternatif untuk menggunakan Screen Grabber).
  • Atau, bisa juga menggunakan notifikasi yang berada paling atas dari layar Android. Pilihlah notifikasi tersebut dan tunggulah sampai 5 detik maka aplikasi  Screen Grabber akan melakukan “Print Screen” secara otomatis.
    Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
  • Untuk membuka file hasil yang kita capture,kita buka pada file manager dan pilih folder screenshots.
    Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
Dibawah ini adalah beberapa contoh gambar menggunakan aplikasi Screen Grabber, dimulai dari screenshot pada tampilan depan, penggunaan aplikasi lain dan bahkan pada saat bermain game.
Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
Gambar di bawah ini adalah tampilan dari aplikasi ES File Explorer, yaitu aplikasi gratis yang berfungsi seperti Explorer pada OS Windows.
Print Screen di Ponsel Android Menggunakan Screen Grabber Image
Kesimpulan
Untuk yang belum pernah mencobanya,pengoperasian aplikasi ini memang lumayan sulit bila dibandingkan dengan aplikasi “Print Screen” atau ‘Screen Capture” yang lain sebagainya. Apabila jika kita sudah terbiasa,maka bisa dipastikan tidak akan mengalami kesulitan, terlebih lagi dengan Shake Sensor dari Android.

Hal yang lebih penting lagi yaitu,Screen Grabber bisa kita gunakan tanpa harus melakukan proses “Rooting Android”. Hal ini merupakan pilihan bijak apabila ingin menginstall aplikasi yang memiliki kinerja yang powerfull tanpa harus diribetkan untuk “Rooting Android” terlebih dahulu.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive