Cara Memasang UPS dan Stabilizer Yang Benar

Cara memasang UPS dan Stabilizer secara bersamaan perlu untuk kita ketahui supaya meminimalkan kerusakan komponen pada komputer(pc) kita. Kerusakan tersebut bisa terjadi karena masalah yang disebabkan oleh listrik. Misalnya saja, ketika Anda sedang menggunakan komputer dan tiba-tiba listrik padam, kemudian data-data belum tersimpan, maka hal itu tentu merugikan Anda dan komponen komputer yang bisa saja rusak. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui bagaimana Cara Menginstall UPS dan Stabilizer Secara Bersamaan ke media komputer(pc) yang benar sehingga komponen dan UPS kita dapat awet bertahan lama nyaman untuk digunakan.

Apa itu UPS Untuk Komputer?

UPS atau Uniterruptable Power Suply merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyuplai listrik di dalam computer tiba tiba terputus. Penggunaan unit UPS ini bisa kita manfaatkan untuk menyimpan hasil berupa file pekerjaan-pekerjaan sebelumnya yang sedang kita lakukan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan pada peripheral/komponen komputer yang sering diakibatkan karena aliran listrik yang mendadak mati. Oleh sebab itu,penggunaan dari UPS ini sangat dibutuhkan anda untuk yang aktif menggunakan computer . Kerap kali,kita lupa menyimpan data ketika sedang bekerja karena terlalu fokus ,sehingga ketika listrik padam,data tersebut tidak tersimpan dan computer menjadi mati mendadak . UPS merupakan solusi untuk menghindari kerusakan.Oleh sebab itu, disini akan dibahas secara lengkap mengenai Cara Menginstall UPS dan Stabilizer yang baik dan benar .      

Darimana Sumber Energi UPS?

Setelah membaca dari definisinya,komponen UPS ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita para pengguna komputer pc dekstop,dengan harga UPS juga relatif sepadan dengan manfaatnya. Akan tetapi, UPS sendiri memiliki sumber energi, yaitu baterai. Oleh sebab itu, energi yang diberikan oleh UPS kepada komputer tergantung pada energi yang ada pada baterai. Simplenya,semakin besar kapasitas daya baterai,maka ukuran energi listrik yang dialirkan dari UPS akan semakin besar tentunya. Baterai ini bisa diisi ulang dengan cara mengambil energi lainnya dari jaringan listrik, sehingga UPS harus memiliki charger. Baterai ini bisa otomatis terisi apabila adanya aliran listrik yang dihubungkan.

Mengenal Stabilizer Untuk Komputer

Stabilizer yang mempunyai nama lengkap Automatic Regular Voltage Regulator merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai alat yang memastikan tegangan listrik yang diberikan kepada komputer lebih kecil. Penggunaan dari komponen stabilizer ini harus selalu diperhatikan dan disesuaikan dengan spesifikasi komputer pc dekstop kita. Stabilizer terdapat 2 jenis yaitu varian Switch dan Servo Motor. Stabilizer yang umum dijual yaitu jenis Switch dikarenakan harganya yang murah. Akan tetapi, stabilizer jenis ini kurang bagus karena stabilizer jenis Servo Motor lebih fleksibel dalam menangani naik-turun tegangan listrik.

1. Tahap Pengecekan
Sebelum kita melakukan penginstallan UPS dan Stabilizer pada pc komputer kita, tentunya kita harus melakukan suatu auditor terhadap dua komponen utama terlebih dahulu. Untuk komponen UPS, kita harus mengecek kapasitas, jenis,dan tegangan pada input maupun dari sisi backup nya. Kemudian,untuk bagian stabilizer kita bisa melakukan pengecekan awal terhadap kualitas jenis,kabel,kapasitasnya, dan lain-lain.
2. Baca Manual Book
Jika kita baru pertama kali melakukan sebuah pemasangan pada UPS dan Stabilizer, maka dipastikan membaca panduan Manual Book terlebih dahulu adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal ketika proses pemasangan. Mempelajari  dengan teliti dan cermat Manual Book penting untuk dilakukan oleh semua penggguna, baik itu pemula ataupun yang sudah expert dalam memasang komponen UPS dan Stabilizer ini. Hal ini dikarenakan bisa saja ada proses yang salah atau terlupakan jika tidak membaca Manual Book tersebut.
3. Pemasangan UPS
Kita mengambil UPS yang sudah dipersiapkan dan kita masukkan kabel power komputer ke dalam komponen UPS. Kemudian, colokkan kabel power UPS ke saklar. UPS siap untuk digunakan.
4. Pemasangan Stabilizer
Kita mengambil stabilizer yang sudah dipersiapkan dan hubungkan kabel steker pada stabilizer ke bagian stop kontak listrik (stabilizer dibiarkan dalam keadaan OFF). Kemudian kita hubungkan kabel steker ke bagian output stabilizer dan hidupkan saat itu juga.Hidupkan power stabilizer terlebih dahulu, setelah itu baru komputer.
Ternyata caranya mudah bukan Cara Memasang komponen UPS dan Stabilizer tersebut? Pastikan sebelum memulai langkah-langkah tersebut komputer Anda harus dalam keadaan mati. Hal demikian kita lakukan untuk mencegah terjadinya proses tegangan listrik yang tidak kita inginkan seperti tersetrum ataupun konsleting pada peripheral komputer(pc) kita. Penggunaan UPS dan Stabilizer ini sangat bermanfaat untuk kita yang menginginkan menjaga dan merawat komputer Anda agar selalu dalam keadaan prima.Kita juga bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus memanggil teknisi elektronik. Hal ini tentunya akan memberikan kepraktisan dan minim pengeluaran biaya.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive