Diduga Spionase, Google Hapus Aplikasi ToTok (Lagi)

Google telah menghapus permanen aplikasi obrolan ToTok, yang diduga telah menjadi alat spionase oleh negara Uni Emirat Arab, dari Google Play Store, untuk kedua kalinya.
Aplikasi ini sebelumnya ditarik dari Apple App Store dan Google Play Store pada bulan Desember, tak lama sebelum The New York Times menerbitkan laporan tentang itu.
Google diam-diam mengembalikan aplikasi pada Januari. Aplikasi tampaknya tetap tidak tersedia di App Store.9to5Google mencatat berita tentang penghapusan ToTok sebelumnya hari ini.
Ketika dihubungi untuk memberikan komentar, Google mengonfirmasi kepada The Verge mereka telah menghapus aplikasi, tetapi tidak memberikan penjelasan mengapa.Perusahaan menghapus ToTok pertama kalinya karena melanggar kebijakan yang tidak ditentukan, menurut Times.
ToTok adalah aplikasi perpesanan yang menjanjikan pesan dan panggilan “cepat, gratis, dan aman” serta diunduh oleh jutaan orang di UEA dan tempat lain di Timur Tengah.
Sesaat sebelum kejadian dihapusnya dari Google Play Store dan App Store pada bulan Desember, aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi sosial yang paling banyak didownload di negara AS.Tetapi penyelidikan NYT menemukan bahwa aplikasi memungkinkan pemerintah UEA untuk memata-matai pengguna.
ToTok membantah “rumor” beredar dalam sebuah pernyataan resmi  yang dikemukan pada bulan Desember, menyatakan bahwa “Kami menghormati privasi pengguna dan memastikan keamananya, pengguna kami juga memiliki hak akses kontrol penuh atas data apa yang ingin mereka bagikan dengan kebijakan mereka sendiri.”

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive