6 Tanda HP Terkena Virus dan Malware, Serta Solusi Mengatasinya

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna smartphone semakin meningkat, sehingga membuat ancaman virus di smartphone kian meningkat pesat, karena banyak para hacker ataupun penjahat cyber sering menargetkan penggunaan Android sebagai sasarannya.


Hal tersebut, menjadi sebuah ancaman bagi anda yang menggunakan HP sebagai saranan untuk melakukan aktifitas, namun masih banyak pula yang tidak mengetahui tentang apa tanda-tanda smartphone Android telah terkena virus.


Nah, namun untuk anda yang belum mengetahui tentang apa saja tanda-tanda atau ciri-cirinya, sangat tepat nih mempir disini. Karena pada artikel kali  ini yang saya buat, saya akan mengulas tentang Ciri-ciri Hp Terkena Virus dan Malware lengkap dengan Solusinya. Penasaran? langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Hp Sering mengalami Restart/reboot Sendiri



Apabila anda sedang asyik main game tiba-tiba smartphone restart sendiri? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan virus yang menyerang sistem Android yang membuat smartphone anda reboot dengan sendirinya. Bisa juga karena RAM terlalu kecil tapi dibuat multitasking hingga memori internal terlalu penuh.


Untuk menghindari smartphone restart sendiri tanpa izin, ada baiknya scan smartphone anda menggunakan aplikasi antivirus yang bisa didapatkan gratis di Play Store, misalnya Avast, 360 Security, Avira Antivirus, AVG Antivirus dan masih banyak lainnya.


2. Penggunaan Kuota Data yang Boros

Kuota data merupakan salah satu kebutuhan penting yang memungkinkan anda tetap terhubung meski sedang berada di luar rumah. Jika anda merasa pemakaian kuota data anda terlalu cepat habis padahal hanya digunakan sewajarnya, anda patut curiga mengenai kebersihan smartphone anda dari virus. Karena hal ini bisa karena faktor virus yang sering berjalan di background dengan mengeksekusi dan membuka aplikasi tidak penting atau menjalankannya secara mode diam-diam yang membuat paketan internet kita cepat habis dalam waktu yang singkat.


Solusinya mengatasinya, anda bisa mengecek aplikasi apa saja yang menggunakan kuota data dengan buka Setting > Data Usage. Anda juga bisa melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan paket data internet. Jika anda menemukan aplikasi asing yang jarang dipakai tapi konsumsi datanya tinggi, itu merupakan salah satu tanda HP telah terkena virus, ada baiknya uninstall langsung aplikasi tersebut.


3. Smartphone Boros Baterai


Salah satu tanda yang paling kentara ketika smartphone kena virus adalah borosnya pemakaian baterai padahal anda tidak sedang menjalankan banyak aplikasi. Hal ini berelasi dengan sifat pada virus/malware yang selalu bergerak aktif di background tanpa disadari oleh para pengguna. Ada banyak cara virus memanipulasi smartphone anda, misalnya menampilkan iklan, menjalankan aplikasi tidak penting dan sebagainya yang membuat baterai smartphone cepat habis dari biasanya.


Solusi untuk mengecek hal ini adalah dengan buka Setting > Apps lalu lihat jajaran aplikasi yang ada di smartphone anda. Jika menemukan aplikasi asing yang tidak anda kenali dan juga tidak merasa pernah mendownloadnya, segera uninstall saja tanpa perlu pikir panjang.


4. Smartphone Menjadi Lemot


Selanjutnya adalah yang paling sering terjadi yaitu menurunnya performa smartphone yang ditandai dengan sering lag dan hp menjadi lemot, layar terkadang freeze hingga terlalu lama saat loading aplikasi. Anda harus memeriksa apakah memori internal terlalu penuh atau ada aplikasi berat yang diunduh di smartphone. Jika tidak merasa memiliki hal yang membuat smartphone melambat, anda patut khawatir jika smartphone terjangkit virus.


Solusinya, anda bisa hapus cache di aplikasi yang ada di smartphone untuk membuang file sampah yang memberatkan kinerja smartphone. Dengan cara membuka menu Setting > Apps > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache.


5. Mengirim dan Menerima SMS Aneh


Salah satu indikasi smartphone terinfeksi virus adalah mendapat bahkan mengirim sms aneh ke daftar kontak anda secara otomatis. Jika kita pernah mengalami hal seperti kasus ini, jangan pernah membuka isi sms tersebut karena bisa menjadi jalan bagi para hacker untuk mengambil data pribadi seperti data pada sebuah perbankan dan juga sosial media. Teknik phising yang juga banyak terjadi di dekstop dan email ini patut diwaspadai.


Solusinya, jangan membuka website yang suspicious dan mengunduh aplikasi dari pihak ketiga menggunakan apk yang biasanya disisipi malware. Selain itu, jika anda memakai mobile banking, pastikan untuk mengaktifkan otentikasi dua langkah untuk mencegah hacker mengambil data perbankan anda. Begitu juga dengan sosial media maupun email anda.


6. Sering Muncul Iklan Pop-up


Beberapa pengguna mungkin pernah melihat jenis virus yang satu ini. Misalnya ketika sedang tidak melakukan apa-apa, tiba-tiba muncul semacam iklan pop-up yang memenuhi layar handphone, contohnya di home screen atau menu lainnya. Hal ini bisa jadi indikasi HP android anda telah terkena virus.


Solusinya, jangan pernah meng-klik iklan pop up yang muncul karena itu bisa jadi salah satu jalan bagi hacker untuk mengakses informasi penting anda. Selain itu segera scan hp anda dengan Antivirus agar bisa mengeliminasi virus yang ada.


Untuk melindungi keamanan smartphone dari sebuah serangan virus maupun malware, sebisa mungkin menghindari mengunduh aplikasi dari pihak ketiga dengan format apk yang belum tentu bersih dari file-file asing. Selain itu hanya gunakan Play Store untuk mencari aplikasi kebutuhan dan jangan mengunjungi situs-situs yang umumnya jadi sarang virus, seperi situs dewasa, judi dan poker online.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive