Jaringan Internet 2020 Terapkan Jaringan 5G

Perkembangan jaman menyebabkan meningkatnya bidang Teknologi dan Komunikasi. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem informasi dan komunikasi berbasis online semakin digemari oleh masyarakat di seluruh dunia.Dengan kehadiran jaringan internet atau Interconnected Network dianggap sangat bermanfaat dampaknya dan memudahkan pihak masyarakat dalam berkomunikasi,bertransaksi,berbagi data informasi dan mendapatkan akses informasi secara mudah dan nyaman.Pada mulanya Internet awalnya dibuat  hanya untuk kepentingan militer saja.

Internet telah melalui berbagai macam perubahan dan perkembangan hingga jaringan terbaru yang kita kenal yaitu 4G. Saat ini telah dikembangkan generasi kelima dari Internet yang disebut dengan internet jaringan 5G yang dipercaya akan digunakan dan dirilis pada tahun 2020.

Tahun 2020 dipercaya akan menjadi Generasi Jaringan Terbaik yang pernah dirilis. Sebelumnya internet telah mengalami perkembangan jaringan yang sangat pesat sejak awal perilisannya. Internet komersial yang dapat digunakan oleh masyarakat umum pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dengan menggunakan koneksi jenis Dial-Up yang memiliki tingkat kecepatan yang sangat lambat. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan para penemu mulai mengembangkan internet dengan kualitas jaringan yang lebih baik lagi. Muncul beberapa jenis jaringan pada internet antara lain ADSL, Koneksi GPRS, EDGE, 3G, dan Jaringan Generasi ke-4 yang kita kenal dengan Jaringan 4G. Jaringan ini memiliki kecepatan koneksi internet yang sangat baik dan dapat mencapai 72 Mbps.
Menurut para ahli, Internet 2020 dapat memberikan kecepatan jaringan yang jauh lebih baik dari pada jaringan 4G. Jaringan ini dipercaya dapat menjadi landasan dalam pengembangan teknologi lainnya. Beberapa negara di dunia telah mengkonfirmasi perilisan jaringan 5G di tahun 2020. Begitu juga dengan Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika menargetkan penggunaan Jaringan Generasi kelima ditahun yang akan datang. Selain itu tujuan utama dari perkembangan Internet Tahun 2020 adalah Jangkauan Internet di seluruh pelosok daerah. Tujuan pengembangan internet adalah untuk menyatukan masyarakat di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Harapannya dengan penerapan jaringan yang baik dapat meningkatkan pula Ilmu Komunikasi dan Pengetahuan.

Kelebihan Internet di Tahun 2020
Jaringan 5G di Tahun 2020 diyakini memiliki begitu banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa kelebihan jaringan 5G dari hasil uji coba yang dilakukan. Sama dengan kelebihan setiap jaringan generasi terbaru, jaringan 5G juga tentunya memiliki kecepatan yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Dipercaya jaringan ini akan memiliki kecepatan 20 kali lebih cepat dibanding dengan jaringan 4G yang kita gunakan saat ini. Dengan kecepatan tersebut anda bisa mengupload dokumen dan mengunduh dokumen dengan ukuran besar hanya dalam hitungan detik.
Selain kecepatan yang baik, Internet Tahun 2020 diyakini dapat menjangkau lebih banyak tempat. Saat ini, kita sering mengalami kesulitan apabila berada pada daerah pelosok karena umumnya jaringan internet tidak dapat menjangkau daerah tersebut. Namun dengan perkembangan jaringan generasi terbaru maka kita dapat mengakses internet kapan dan dimanapun. Diharapkan jaringan internet tahun 2020 memiliki tingkat kestabilan yang baik, sehingga penyebaran informasi secara live dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada buffering.

Penerapan Internet di Masa Depan

Saat ini sedang dilakukan berbagai macam uji coba untuk Jaringan 5G sebelum dirilis sebagai jaringan tahun 2020. Para Ahli memprediksi bahwa jaringan ini dapat memberikan berbagai macam manfaat bukan hanya manfaat di bidang Informasi dan Komunikasi. Untuk penerapan di masa depan, para ahli tersebut percaya bahwa jaringan ini dapat diterapkan untuk pembuatan robot dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Selain itu jaringan internet tahun 2020 akan diterapkan dalam sistem kepolisian untuk mencari dan mendeteksi orang hilang.
Dengan menggunakan kecepatan dan kestabilan jaringan 5G yang dapat menjangkau setiap pelosok daerah dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia, para ahli yakin mereka dapat membuat sistem pencarian berbasis drone untuk melakukan pencarian dengan cepat dan akurat. Hal ini dapat sangat membantu mengingat saat ini pencarian orang ataupun benda hanya dilakukan secara manual dan menggunakan satelit yang ada. Diharapkan proses uji coba Jaringan 5G dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga jaringan tersebut dapat segera dirilis dan digunakan sebagai Jaringan Internet Tahun 2020.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive