Metrik Dasar untuk Mengukur Performa Startup Kamu


Artikel ini bersumber dari episode Matrix Moments oleh seorang Matrix Partners dari India. Sebuah  podcast dengan perbincangan jujur tentang apa yang seharusnya diperlukan supaya bisa bertahan/survive di dunia startup. Artikel ini merupakan hasil revisi dari transkrip acara aslinya. 

Mengukur kinerja perusahaan yang kamu pimpin sangat penting. Tidak hanya pada tahap awal, tetapi juga di sepanjang siklus hidup perusahaan tersebut.Pada episode ini, Tarun Davda dan Vikram Vaidyanathan, direktur pelaksana di Matrix Partners India, berbagi pelajaran tentang mengapa menggunakan metrik yang tepat dapat membantu kamu melihat apa yang berfungsi dan tidak di suatu perusahaan.

Mengapa menentukan metrik itu penting?

Tarun Davda [TD]: Sebagai seorang pendiri, banyak hal yang kamu lakukan di tahap awal berdasar pada intuisi. Untuk sesaat semuanya berjalan lancar, menggunakan pemahaman intuitif tentang pelanggan untuk meningkatkan produk kamu memang bagus.

Namun, tidak semua hal selalu berjalan baik. Jika tidak melakukan pengukuran, pada dasarnya kamu tidak tahu apa yang salah, mengapa itu salah, dan di mana tim harus lebih fokus. Itu poin nomor satu.

Poin kedua, sebagai seorang manajer, kamu selalu mencari cara untuk menyelaraskan seluruh perusahaan dengan hal-hal yang penting. Sangat sulit mengarahkan tim menuju hasil tertentu, kecuali jika kamu memiliki metrik yang bisa digunakan untuk melakukannya.

Selanjutnya, ketika perusahaan meningkatkan skala bisnis – menemukan kecocokan pasar dengan produk, mencari keuntungan, atau mendorong ekspansi – mereka harus memiliki beberapa indikasi. Di mana mereka harusnya menekan rem atau mempercepat langkah. Terakhir, sebagai perusahaan tahap awal



0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive