Spotify Kejar Pertumbuhan Pendengar Podcast di Layanannya

Spotify mengungkapkan laporan pendapatan pada kuartal terakhir 2019. Soal pengguna, ada peningkatan sebesar 29 persen dibandingan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Saat ini Spotify memiliki pelanggan premium lebih banyak dibandingkan dengan Apple, yakni 124 juta pelanggan premium (berbayar). Sementara Apple hanya memiliki 60 juta pelanggan Apple.

Dilansir dari Mashable India, Jumat (6/2/2020), meski Spotify memerkirakan kerugian di kuartal pertama tahun 2020, Spotify tetap memproyeksikan peningkatan pertumbuhan pengguna aktif bulanan dan premium.

Untuk pendengar konten podcast, Spotify mengalami peningkatan sebanyak 200 persen pada kuartal terakhir 2019, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Perusahaan asal Swedia itu merilis podcast orisinal untuk pertama kalinya pada 2018. Sejak saat itu, konten podcast dibuka lebih luas.
Sebanyak 51 persen orang Amerika berusia 12 tahun atau lebih mengaku telah mendengarkan podcast. Karena hal ini, Spotify tampak lebih yakin bahwa pasar akan membantu menumbuhkan dominasi mereka atas Apple.

Uji Coba Fitur Stories untuk Influencer

Sebelumnya  Spotify dilaporkan akan mengadopsi fitur stories di aplikasinya. Layanan streaming asal negara Swedia itu bahkan sudah melakukan uji coba dengan para influencer untuk menjajal fitur unggulan ini.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (23/1/2020), influencer pertama yang mencoba fitur ini adalah bintang YouTube Summer Mckeen. Dia menggunakan fitur Stories ini lewat playlist buatannya.

Untuk layanan informasi maupun layanan stories milik Spotify ini tak berbeda dari aplikasi lain sejenisnya, yaitu menampilkan cuplikan video pendek. Bedanya, stories ini baru dapat diakses dari playlist pengguna yang disetel publik atau dapat dilihat orang lain.

Sehingga, akses unutk masuk stories pengguna ini akan muncul notifikasi di bagain atas pada judul playlist tersebut. Sama seperti fitur stories lain, pengguna juga dapat melihat indikator jumlah video yang tersedia, berdasarkan garis horizontal di atas video.

Tidak akan menjadi media sosial

Selain video pendek, fitur stories di Spotify ini juga dapat digunakan untuk menampilkan gambar album atau lagu yang ada di playlist tersebut.

Walaupun hadir dengan fitur stories,Spotify disebut tidak berkeinginan mengubah menjadi sebuah platform sosial media. Layanan streaming ini diprediksi menggunakan fitur ini dipakai untuk memperkuat platformnya.

Spotify sendiri mengatakan uji coba semacam ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Karenanya, belum ada informasi mengenai kapan fitur ini akan hadir untuk pengguna yang lebih luas.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive