Beberapa Tips Trik Untuk Membeli Smartphone Android Bekas / Second

Berbagai macam tipe smartphone Android baru bermunculan setiap saat dengan berbagai merk, tipe dan varian baru.Tentunya tidak semua orang akan langsung terpincut untuk membelinya karena banyak yang lebih memilih untuk membeli smartphone dengan kondisi bekas (second) karena harganya lebih murah dan terjangkau.
Tapi membeli smartphone android bekas yang bagus dan tidak gampang rusak bisa diibaratkan seperti beli kucing dalam karung, kadang untung atau malah jadi rugi dan merasa tertipu.Oleh karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya para pembaca menyimak beberapa cara memilih smartphone bekas yang bagus berikut ini.
Tips membeli smartphone Android bekas / second ;

Rist Harga Pasar

Inti dari membeli smartphone yaitu mendapatkan harga yang terjangkau dengan kualitas cukup baik , maka dari itu kita harus meriset harga pasar secara umum. Dengan meriset harga pasar baik di E-commerce/marketplace maupun outlet offline,dengan begitu kita akan mengetahui range kisaran budget yang akan kita keluarkan untuk membelinya.
Fisik Luar / Body Smartphone
Periksa bagian ujung / sudut body apakah terlihat bompel, retak, atau lecet yang kemungkinan terjadi karena smartphone jatuh. Periksa juga permukaan layar apakah terlihat gelap di bagian sisi / pinggirannya dan lihat apakah ada tanda-tanda smartphone pernah tersiram air.

Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual

Pada intinya kita ingin mendapatkan smartphone dengan barang yang terbaik bukan.Jangan sungkan kita untuk bertanya kepada penjual mengenai hal defect yang ada pada smartphone yang akan kita beli. Selain itu bagaimana riwayat dari smartphone yang akan kita beli akan berpengaruh pada performa dari segi hardware dan software.

Test Fungsi-Fungsi dasar pada Smartphone

Lakukan test untuk beberapa fungsi dari smartphone second / bekas yang ingin dibeli seperti:
·         Menelepon untuk mengetahui apakah ada kerusakan di bagian speaker dan microphone.
·         Periksa GPS smartphone dengan menggunakan aplikasi seperti Google Maps, pastikan google maps dapat mengetahui posisi kamu dengan akurat.
·         Dengarkan musik untuk periksa loudspeaker dan juga headset apakah berfungsi dengan semestinya.
·         Ambil beberapa foto, periksa hasil yang didapat telah memuaskan dan lampu flash menyala.

Dengan metode lain adalah dengan masuk ke dalam mode engineering mode dimana kita bisa mengetest beberapa sensor  yang tertanam bawaan seperti magnetic sensor, proximity sensor, camera, backlight, gyro, kondisi baterai, dll. Untuk mayoritas smartphone android, fitur  enginering mode dapat diakses dengan mengetik *#*#4636#*#* dari aplikasi dial telepon.

Versi Android yang Terinstall

Bila kamu memiliki beberapa pilihan smartphone second yang ingin dibeli dan bingung memutuskan yang mana. Alternatif terakhir adalah dengan memilih smartphone bekas dengan versi Android yang terbaru. Kamu bisa memeriksa versi Android melalui Option > About Phone (Pengaturan > Tentang Telepon) dan lihat di bagian Android Version.

Cek keabsahan IMEI pada Smartphone
Jika kita ingin membeli smartphone kondisi fullset pastikan cek IMEI pada smartphone apakah tembus dengan IMEI yang tercantum tertera pada dusbook.

Mengajukan Garansi Personal pada Penjual
Walaupun kita membeli smartphone second dan telah habis dalam masa garansi, kita harus membuat perjanjian dengan seller berkaitan garansi personal hal-hal ini mencakup performa hardware,software selama masa garansi personal berlaku.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive