Perkembangan serta kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat platform media berbasis digital menjadi laris manis. Dan salah satu contohnya yaitu platform youtube sangat diminati sekali para generasi millenial karena menawarka banyak alternatif hiburan yang beraneka ragam.Media platform youtube sendiri menjadikan publik lebih bebas memilih suatu topik dan hiburan sesuai dengan selera yang diinginkan,akan sangat berbeda dengan melihat media televisi yang acaranya terbatas dan tidak bisa dipilih sesuai keinginan.

Jika kalian menginginkan membuat channel youtube sendiri ? Beberapa informasi konten/tema yang sangat manjur meningkatkan engagement dengan para viewer dan subscriber.

1.Video Tutorial
Video tutorial banyak dicari dikalangan generasi millenial di masa ini. Kita bisa membuta konten tentang bagaimana cara melakukan sesuatu hal misalkan tutorial konfigurasi software,tutorial bermain alat musik gitar,tutorial editing video,tutorial cara memasak,tutorial membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya. Dengan penyampaian lewat video tentunya lebih mudah diterima oleh para viewer dibandingkan dengan konten bermuatan tulisan.Video informatif dengan model seperti ini sangat digemari oleh kalangan masyarakat umum.

2.Video Hewan Lucu
Hewan lucu juga merupakan salah satu konten yang sangat ampuh untuk menjaring engagement. Dengan menayangkan video hewan lucu sekaligus menggemaskan banyak disukai oleh para viewer di seluruh dunia.Contoh kasus sederhana misalnya perilaku anjing dan kucing dan ternyata dapat menarik banyak viewer.Berbagai orang dari belahan penjuru dunia banyak yang menyukai akan keunikan tingkah laku hewan lucu , terutama jika hewan tersebut melakukan sesuatu yang unik atau diluar kebiasaan.

3.Video Review/Ulasan Produk
Pada era digital saat ini sudah dipastikan kebiasaan orang akan melihat ulasan/review dari internet sebelum mereka memutuskan untuk membeli suatu barang/produk.Pada intinya ingin mencari tahu bagaimana ulasan/review dari pihak lain yang sudah lebih awal mencoba produk tersebut.Platform youtube secara umum tidak berbeda jauh dengan platform sosial media lainnya.Sederhananya orang akan melihat review produk yang mereka percayai,pikirkan dan rasakan tentang aneka ragam produk yang telah mereka tinjau sebelumnya.Kebanyakan para viewer saat ini cenderung akan melakukan pembelian apabila terdapat pernyataan ulasan hal positif mengenai produk tersebut.Orang-orang akan lebih mendapatkan bantuan tentang ulasan produk jika mereka mendapat review secara langsung tentang produk yang digunakan.

4.Video Blog (Vlog)
Kepanjangan dari Vlog sendiri yaitu video blog,diibaratkan video blog itu seperti buku harian namun media sekarang berbasis internet.Vlog sendiri dapat menggantikan fungsi dan peran buku harian.Pada platform youtube kita akan menemukan banyak video dari berbagai belahan dunia tentang kehidupan seseorang yang dengan mudahnya membagikan kegiatan sehari-hari(daily life). Konsekuensinya dengan mengunggah video membuat privasi kita menjadi terlihat oleh publik dibandingkan dengan sebuah buku harian.Layaknya sebuah buku harian vlog rata-rata menggunakan dialog tanpa naskah murni dari si pembuat video.
Pada umumnya vlogger sering fokus pada tema tertentu. Konten vlog sendiri setara dengan acara reality show di televisi. Kita bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai sisi dalam kehidupan para vlogger.Tidak jauh beda dengan acara televisi kenyataanya dapat memancing jumlah penonton yang tinggi. Dengan membuat konten Vlog kita secara tidak langsung belajar ketrampilan berkomunikasi selain itu anda juga bisa terkenal.

5.Video Parodi atau Sketsa
Sudah banyak para conten creator yang membuat video unggahan di channelnya berisikan video parodi atau sketsa untuk membuat audiens menjadi terhibur.Namun selera orang akan Parodi atau Sketsa itu relatif berbeda-beda.Video Parodi adalah salah satu konten yang cukup banyak di platform Youtube.Selain itu konten Parodi juga berhasil diterapkan di berbagai platform media sosial.
Jenis video parodi juga salah satu tipe konten yang memungkinkan menjadi viral.Faktanya acara parodi di pada platform youtube lebih banyak menghasilkan penonton dibandingkan dengan acara parodi yang ada pada televisi

6.Video Traveling
Jenis konten video lain yang cukup ampuh untuk meningkatkan engagement yaitu video traveling.Apabila kita mempunyai hobby jalan-jalan atau traveling, coba luangkan waktu untuk membuat video blog, mendokumentasikan hal-hal unik yang kita alami selama perjalanan.Selain itu anda juga bisa membuat daftar/list serta rekomendasi resort wisata baik domestik maupun mancanegara.
Coba kombinasikan dengan footage yang lain daripada yang lain. Didalam footage tersebut kita isikan kegiatan untuk mereview harga makanan,tiket travel,budget yang dibutuhkan untuk akomodasi tempat yang menjadi favorit untuk dikunjungi.Dengan begitu video kita akan dijadikan panduan dan acuan sewaktu akan mengunjungi destinasi wisata dan tempat-tempat lainnya.

7.Video Digital Business
Di zaman era revolusi indsutri 4.0 pola roda perekonomian mulai beralih ke platform digital yang meliputi aspek produk,pemasaran atau hal lain-lain yang erat kaitannya dengan dunia kewirausahaan,kita bisa untuk membuat channel tersebut karena banyak orang yang ingin mendapatkan income bisnis dari platform digital,bagaimana meningkatkan omzet bisnis online mereka.Digital business bukan sekedar lingkup internet marketing namun berkaitan juga dengan SEO (Search Engine Optimization), Social Media Marketing, Paid Advertising, Email Marketing, Funneling, Growth Hacking dan lain sebagainya. 

Sekian informasi mengenai beberapa jenis konten yang ampuh untuk meningkatkan engagement.Semoga artikel ini dapat memberikan insight untuk membuat konten video yang lebih menarik lagi dan banyak ditonton.Jika kita tertarik untuk membuat konten youtube kita bisa membuat video tutorial,tips dan trik ataupun video lainnya,apabila ingin membuat konten yang berkualitas untuk channel youtube kita.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts