Mesin Canggih Yang Semakin Populer Di Indonesia , Vending Machine!

Mungkin bagi para pembaca istilah mesin ini terdengar asing.Vending machine yaitu sebuah teknologi yang canggih yang memiliki fungsi menjual secara otomatis kepada pembeli tanpa adanya campur tangan karyawan lagi.Produk yang ditawarkan biasanya berupa minuman botol/kaleng, kopi hingga makanan ringan.Prosedur kerjanya yaitu sederhana dengan memasukkan sejumlah pembayaran ke dalam sebuah mesin tersebut baik berupa uang logam,kertas maupun juga koin dan seketika mesin vending secara otomastis mengeluarkan produk yang telah dipilih konsumen.Operator hanya dibutuhkan ketika restock produk jika mendekati habis.

Benar-benar canggih teknologi ini bukan.Jadi mesin vending ini fungsinya esensinya memudahkan pemilik mesin (seller) maupun juga para konsumen.Waktu untuk melakukan transaksi pembelian pada vending machine tergolong sangat efisien dan cepat selain itu fleksibel tempat dalam pengalokasiannya.Vending machine biasanya sering kita temui pada lokasi yang ramai dengan tidak memerlukan tempat yang luas layaknya warung,kedai dan toko.

Vending machine di Indonesia sebenarnya sudah aja sejak lama namun seiring berjalannya waktu eksistensi dari mesin ini sudah mulai menjamur misalkan di mall,halte bus,tempat wisata,pameran dan lain-lainnya.

Perkembangan Vending Machine di Kancah Dunia

Dinegara yang sudah maju seperti Jepang keberadaan vending machine sudah sangat masif intensitasnya dibandingkan dengan negara Indonesia.Tercatat dalam data di Jepang terdapat hingga 5 juta unit dan tersebar di berbagai daerah. Dan untuk pengembangnnya teknologi vending machine ini sudah mengalami perubahan sehingga dapat menerima berbagai bentuk sistem pembayaran mulai dari pembayaran uang secara tunai/fisik ataupun dengan non tunai/cashless.

Pada kenyataanya produk yang dijual makin kesini semakin beragam varian tidak hanya minuman dan makanan saja.Di negara Amerika sendiri sudah tersedia versi vending machine yang dapat melayani pasien untuk menerima resep obat sekaligus mengoutput obat yang di order oleh konsumen.

Perkembangan Vending Machine di Indonesia

Dilihat dari progress persebaran vending machine yang semakin pesat, mungkin keberadaan mesin ini diprediksi akan menjamur dan populer diterima khalayak ramai.Sampai saat ini menurut beberapa sumber terdata kuantitas vending machine sebanyak 4000 unit tersebar untuk melayani total penduduk sejumlah 250 juta . Jika kita bandingkan dengan di negara maju seperti negara tetangga Singapura total jumlah mesin yang terdata mencapai 15 ribu buah untuk melayani penduduk sejumlah 15 juta, jika kita kaji lebih lanjut tentu situasi ini menjadi opportunity perkembangan vending machine masih sangat terbuka lebar.

Saat ini vendor pemasok mesin vending machine sebetulnya sudah ada yang bisa memproduksinya, namun saat ini beredar yaitu produk-produk impor dari luar negeri diantaranya negara China,Jepang,Korea,USA.Apabila seseorang yang berminat untuk memilikinya yang didapat dengan cara membelinya per unit secara langsung ataupun dengan sistem sewa ke perusahaan rental khusus vending machine.

Dan kedepannya juga pasti beragam varian produk yang dapat dipasarkan melalui mesin vending machine ini,melihat trend gaya hidup sosialita yang modern dan menginginkannya segala aktivitas dikerjakan secara praktis dan efisien.       

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts