Pengertian CEO Dan Tugas Yang Harus Diembannya

Seringkali kita mendengar istilah CEO yang sering disebut pada tema-tema seputar bisnis dan perusahaan. Pada intinya kita telah mengenal sebutan tersebut yaitu pada hakekatnya menerangkan akan suatu jabatan pada sebuah perusahaan.Namun pada detailnya apakah kita sudah mengerti pengertian dari CEO ini dan apa pula tugas dan wewenang mereka dalam menjalankan roda perusahaan.

CEO kepanjangan dari Chief Executive Officer yaitu sebuah jabatan eksekutif tertinggi yang mempunyai lingkup tanggung jawab penuh atas berjalannya perusahaan.Ruang lingkup tugasnya meliputi membentuk visi dan misi, mengorganisasi seluruh kegiatan,menentukan strategi hingga memanajemen perusahaan secara menyeluruh.

Dalam definisi lain,CEO seringkali disejajarkan dengan Dirut.Dilain sisi terkadang ada juga sebuah perusahaan yang memiliki sebuah struktur  direktur dan CEO dengan porsi individu yang berbeda, dalam hal ini bisanya direktur akan beraksi sebagai pengevaluasi monitoring proses berjalannya suatu perusahaan.
Namun pada intinya posisi ini menentukan bagaimana dengan baik atau tidaknya suatu perusahaan.Dilain sisi pun bisa menyebabkan gagal dan berhasilnya suatu perusahaan.Oleh sebab itu jabatan ini tidak dijalankan secara cuma-cuma, dibutuhkan orang-orang yang berkompeten dan berpengalaman pada bidang yang dijalankan.

Seorang CEO juga harus mempunyai sifat mutlak jiwa leadership kepada para bawahannya untuk menjalankan dan mengemban tugas masing-masing sekaligus juga memotivasi/dorongan agar tercipta ambience semangat kerja yang lebih baik.Mereka juga harus mahir ahli dalam menentukan sebuah posisi jabatan lain yang mempunyai impact vital pada perusahaan.Mereka juga ahli dalam meroling jabatan lain yang berpengaruh signifikan pada perusahaan.

Kewenangan untuk merekrut dan mengeluarkan karyawan itu juga scope control CEO,sehingga mereka menciptakan sebuah tim yang solid dalam mencapai target yang diharapkan.

Dengan tanggung jawabnya yang besar tidak mengherankan apabila CEO dalam perusahaan mereka menjadi penerima imbalan yang tertinggi dibandingkan posisi-posisi lainnya. Pada skala perusahaan reputasi atas di Indonesia .Pada skala perusahaan ternama saja di Indonesia kabarnya ada yang bergaji mencapai lebih dari 20 miliar pertahunnya.

Cukup sekian mengenai pengertian dari CEO semoga bisa menambah insight kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts