Pengertian dan penjelasan COD dalam Jual Beli Online

Pasti bagi para pemula yang mulai terjun di dunia bisnis masih belum mengerti dengan beberapa istilah yang terutama disaat terjadi transaksi jual beli online. Diantaranya yang sering kita dengar dan ditemui yaitu istilah COD aka Cash On Delivery. Tentunya masih banyak isitilah lainnya di dalam dunia bisnis yang juga membingungkan bagi para pemula. Namun pada artikel ini kita akan mengupas seputar COD manfaat dan untung ruginya.

Tentunya tidak asing lagi jika kita ingin mencari dan ingin membeli serta menjual barang lewat media internet di situs-situs jual beli online dan online shop.COD sendiri merupakan sistem transaksi pembayaran dalam bisnis online,disamping masih banyaknya metode pembayaran lain yang masih berlaku seperti transfer antar rekening bank.

Berbeda dengan sistem pembayaran lainnya, transaksi dengan metode COD dilakukan pada saat calon penjual dan pembeli bertemu sesuai kesepakatan tempat dan waktu sebelumnya.Akan jelas berbeda jika kita transaksi pembelian via media internet dengan metode sistem pembayaran transfer yang konsumen diharuskan mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu yang akan ditentukan melalui rekening bank,untuk selanjutnya maka barang pesanan akan dikirimkan.

Manfaat benefit melakukan transaksi lewat COD

Konsumen mendapatkan keuntungan dikarenakan barang yang dipesan bisa dicek kualitas secara langsung setelah deal baru dilakukan pembayaran tunai. Andaikata barang diharapkan tidak sesuai yang dideskripsikan oleh si penjual,pembeli bisa melakukan pembatalan secara langsung terhadap transaksinya.

Sedangkan untuk si penjual online yang menjual produk,COD belum berarti merasa dirugikan. Dikarenakan dengan memberikan pilihan pembayaran dengan sistem COD memberikan peluang barang terjual menjadi lebih besar dengan syarat disaat melakukan penawaran kepada calon pembeli memberikan keterangan secara detail dan sesuai dengan produk yang dijualnya.


Kekurangan Melakukan Transaksi lewat COD

Pada sisi pembeli metode COD tidak selalu memberikan benefit,terutama pada sisi kemudahan. Dikarenakan dengan sistem transaksi pembayaran seperti ini, akan berlaku pembatasan area jangkauan dari si penjual untuk mengirimkan barangnya. Penjual yang berada jauh pada area pembeli seperti diluar kota mungkin jarang akan menawarkan opsi ini karena terkendala jarak dan waktu ,alhasil pilihan barang produksi bagi konsumen menjadi terbatas.

Sedangkan pada sisi penjual,kerugian kedepannya mungkin untuk diderita diantaranya yaitu perlu adanya ekstra waktu,tenaga serta budget yang harus siap dikeluarkan terutama dalam hal pengiriman, dan belum lagi jika misalnya barang yang dipesan akan mendapatkan komplain dari pembeli karena berbagai faktor,atau bahkan jika barang yang dipesan tidak deal untuk dibeli.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts