Jika kita melihat apa yang disampaikan khalayak ramai , monetisasi yaitu serangkaian aktivitas yang berorientasi menjadikan channel youtube untuk mendapatkan resource income. Namun dilain sisi apakah definisi monetisasi pada kenyataannya?

Dalam scope sempit mungkin dibenarkan pernyataan tersebut.Namun dalam artian luas memang bukan demikian adanya dalam ranah Youtube saja.Secara luas dalam konten manajemen blog dapat diartikan sebagai sarana mengprofitkan blog ataupun untuk memberikan fasilitas ruang bagi si pengiklan memasarkan produknya. Simplenya seperti ini andaikata kita mempunyai platform media sosial seperti Youtube,Instagram atau lainnya, Kita menginzinkan datangnya iklan masuk dengan harga tertentu.

Iklan pada channel Youtube sendiri bersifat sah dan memiliki prosedur tertentu atau kita mengenal luas dengan sebutan Adsense.Iklan yang dipasang pada channel Youtube atau video untuk kemudian dikenakan tarif dan menjadi sebuah income bagi pemilik akun channel video tersebut.

Dari pihak Youtube sendiri terdapat beberapa hal yang menuntun kita memahami esensi dari monetisasi.Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini.


Manfaat untuk Pemilik Channel

Monetisasi menyediakan ruang bagi para pengiklan dalam video yang telah diupload oleh para content creator sebagai tempat beriklan. Pada iklan di channel Youtube ini juga memiliki patokan tarif dan jenis. Ketika iklan telah disematkan pada sebuah video maka otomatis pengiklan akan memberikan pembayaran sejumlah dana kepada pihak Youtube.


Untuk nantinya Youtube akan memforward uang ini, dengan berbagai aturan proses dan potongan kepada si pemilik channel.Pada realitanya tidak sembarang video dan channel bisa menyediakan lapak, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya Adsense dapat diterima dan siap untuk beriklan.Simplenya yaitu berupa income atau pemilik akun Youtube yang dijadikan sebagai ladang beriklan.

Syarat dan Ketentuan

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh pemilik channel diantaranya memiliki sedikitnya 1000 subscribers.Subscribers sendiri yaitu akun lain yang mengikuti kita dan mengetahui ketika channel tersebut akan mengirimkan unggahan terbaru.Pada dasarnya ketika kita memiliki sebanyak 1000 subscriber,maka channel Youtube dipastikan memiliki “market share” atas konten yang telah dibuatnya.Tapi setidaknya ini menjadi sedikit jaminan bagi pihak pengiklan supaya iklannya dilihat segelintir orang.

Keduanya yaitu harus mendapatkan 4000 menit waktu tonton total pada channel yang dimilikinya.Syarat kedua yang harus dimiliki diantaranya content creator harus memiliki subscriber sebanyak 1000 ini dimana creator yang berperan secara aktif , namun dilain sisi ada pula praktek kecurangan sistem dengan membuat akun palsu guna memenuhi standar minimal subscriber.

Dan yang terakhir setelah syarat tersebut memenuhi kriteria dari pihak Youtube akan menindaklanjuti dengan serangkaian tata cara apakah channel kita bisa dijadikan tempat yang ideal untuk beriklan.Setelah diputuskan akun baru atau channel resmi dimonetisasi.Pemilik channel kemudian bisa mendapatkan income secara rutin yang akan dikirim oleh pihak Youtube sebagai pengelola media.


Ketentuan Konten

Adanya ketentuan dan beberapa larangan yang diberikan untuk pengelolaan konten. Diantaranya content creator tidak diperkenankan mengunggah konten milik orang lain (yang biasanya memiliki logo hak cipta) contohnya saja musik,video dan lain lain. Langkah ini dilakukan untuk menekan angka pembajakan yang berakibat pada ruginya pemilik asli dari konten tersebut.

Dampak dari pelanggaran pada ketentuan ini berakibat fatal pada akun dan tidak dapat dimonetisasi dikemudian hari. Selain itu penyimpangan akan hak cipta yang dilakukan juga riskan menghadapi tuntutan hukum dengan imbas tertentu.

Jika kita membahas seputar income tentu akan menjadi sub bahasan yang sangat bergantung pada banyak faktor. Diantarnya jumlah subscriber,view dan durasi video turut serta mempengaruhi income yang akan diperoleh. Idealnya semakin masif jumlah view dan subscriber yang dimiliki, maka income adsense juga semakin besar dan memberikan profit berlimpah.

Terkait definisi monetisasi sendiri,seperti yang diberikan pada rangkuman diatas sederhananya yaitu komersialisasi suatu channel untuk keperluan iklan. Ini menjadikan Youtube sebagai salah satu acuan media yang dapat digunakan untuk memperoleh pendapatan yang pasif setelah mengupload video.Bagaimana dengan Anda? Tertarik untuk mencoba menjadi Youtuber dan mendapatkan income dari Adsense?


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts