Cara Memasukkan Titik Koordinat ke Google Maps secara Akurat

Aplikasi berbasis peta digital Google Maps memudahkan pencarian lokasi menjadi lebih mudah dan efisien dengan segala macam fiturnya.Cukup memasukkan lokasi tujuan yang diinginkan,secara otomatis Google Maps akan memberikan beberapa pilihan rute yang bisa ditempuh.

Namun bagaimana jika lokasi yang dituju tersebut belum terdaftar di Google Maps?Bukan masalah,selama pencari lokasi memiliki titik koordinat lokasi yang akan dituju . Titik koordinat ini otomatis bisa memberikan titik lokasi yang lebih akurat. Meskipun dalam menggunakan titik koordinat ini memang cukup memakan waktu agak lama.

Namun, disisi lain tetap mempunyai fungsi, terutama bagi lembaga maupun perusahaan yang membutuhkan titik koordinat untuk pencatatan data dan informasi.

Menelusuri Titik Koordinat


Menelusuri sebuah titik koordinat yang akurat melalui aplikasi Google Maps akan cukup membantu kita selama perjalanan.Kemudian,bagaimana cara kinerjanya ? menelusuri sebuah titik koordinat bisa kita lakukan melalui perangkat mobile maupun dekstop.

Pada versi perangkat mobile cukup dengan memilih aplikasi Google Maps atau membuka maps.google.com pada desktop.Kemudian,kita mengetikkan atau menyalin titik koordinat lokasi yang akan kita tuju di menu search bar atau pada kolom pencarian.

Ada tiga format/tipe yang bisa digunakan yaitu format derajat, menit, dan detik (DMS), misal 41°24'11.13"N 2°10'25.7"E. Atau menggunakan format derajat dan menit desimal (DMM), contohnya 41 22.2028, 2 11.4428.

Atau bisa juga kita mengunakan format berupa derajat desimal (DD), misalnya 41.40338, 2.17403. Terdapat beberapa hal pula yang perlu kita diperhatikan.Dalam penulisan desimal, usahakan menggunakan titik (.), alih-alih koma (,).


Menggunakan sebuah simbol derajat daripada "d", dan selalu dimulai dengan menuliskan titik koordinat garis lintang.Dan pastikan angka pertama koordinat lintang antara -90 dan 90 serta angka pertama koordinat bujur antara -180 dan 180 seperti dikutip Business Insider.

Setelah kita memastikan penulisan sebuah titik koordinat apakah sudah benar dengan semestinya, kita tekan enter pada desktop atau klik pencarian (search) yang dilambangkan dengan icon kaca pembesar di mobile. Pada akhirnya,tanda pin koordinat akan muncul dengan warna merah.Setelah kita menemukan titik yang paling akurat dan tepat, Kita bisa mencari sebuah rute jalan menuju lokasi yang diinginkan.

Selain mencari lokasi berdasarkan titik koordinat, Kita juga bisa mendapatkan titik koordinat dari lokasi Kita berada atau titik lokasi lain yang belum terdaftar pada pencarian Google Maps.


Cara mendapatkan data dan informasi titik koordinat di Google Maps ternyata sangat mudah. Pada versi mobile, kita menuju membuka aplikasi Google Maps pada smartphone.Kemudian cari titik yang diinginkan.Tekan dan tahan titik(dot) tersebut sehingga muncul notifikasi titik koordinat pada kolom pencarian di menu atas.

Pada titik koordinat yang kita buat sebelumnya tersebut kita bisa menyalin kemudian dibagikan atau cukup hanya disimpan disebuah aplikasi notes(catatan).Untuk mendapatkan informasi secara akurat pada titik koordinat melalui software Google Maps Desktop,klik kanan pada titik yang akan dipilih.

Kemudian kita pilih dan perhatikan istilah "What's here?",yang nanti proses alur kedepannya akan muncul notifikasi sebuah titik koordinat pada lokasi tersebut secara pop up pada bagian bawah pada layar smartphone. Kemudian pilih titik koordinat tersebut, kemudian dia akan muncul di kolom pencarian.dengan kondisi hampir sama seperti di versi perangkat mobile, pada titik koordinat tersebut bisa dicatat untuk keperluan sebuah data informasi atau disalin kemudian dishare.

Sekian artikel yang bisa saya bagikan kepada para pembaca yang budiman terima kasih semoga bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts