Cara Memahami Copyright Youtube

Untuk memahami copyright di youtube masih banyak para youtuber yang tidak mengerti atau memahami apa itu Copyright dan apa dampak yang akan di terima apabila terkena copyright, terutama di youtube, lebih khususnya lagi para creator video cover-cover lagu milik orang lain. Apakah karena dia memainkan lagu itu sendiri, dan menggunakan musik sendiri, lantas bisa di katakan bebas copyright ? atau karena sudah mendapatkan izin dari pemilik lagu asli bisa dikatakan bebas dari copyright ? dua pertanyaan tersebut belum tentu kebenarannya, lantas apa itu copyright itu ? dan apa dampak yang akan diterima apabila terkena copyright ?

Copyright
Secara umum copyright adalah hak eksklusif yang di berikan kepada pencipta karya kreatif untuk untuk memproduksi karya tersebut, baik dalam bentuk sastra, artistik, gambar, pendidikan atau musik. copyright itu dimaksudkan untuk melindungi ekspresi asli suatu gagasan dalam bentuk karya kreatif.Copyright memiliki payung hukum tersendiri bergantung dari negara, wilayah dan atau perusahaan itu sendiri.Jadi setiap copyright memiliki dampak tersendiri bergantung dari wilayah, negara atau perusahaan itu sendiri untuk memberikaan tindakan.Lalu bagaimana dengan youtube ? youtube sebagi anak perusahaan google pasti memiliki hukum tersendiri berikut penjelasannya.

Copyright Youtube
Copyright youtube adalah salah satu bentuk menghargai karya kekayaan intelektual konten kreator di youtube youtube secara otomatis memberikan Id pada setiap postingan konten di youtube. youtube memiliki alogoritma penscanan otomatis untuk pembuatan konten id saat pertama kali konten kreator memposting video di youtube. tiga poroses scaning yang di lakukan youtube pada saat kreator akan memposting video di youtube, yaitu, isi dari keseluruhan video, suara, dan musik sehingga youtube mengkategorikan jenis-jenis karya yang bisa terkena copyright di youtube.

Jenis-Jenis copyright youtube

1.Audio visual, seperti acara tv, filem dan video online
2.Rekaman suara dan komposisi musik
3.Karya tulis, seperti konten kreator membuat video dengan isi buku, bahan kuliah, artikel dan komposisi musik
4.Karya visual, seperti lukisan, poster dan iklan
5.Video game dan software komputer atau aplikasi mobile
6.Karya dramatis misalnya, drama dan musikal

Youtube sangat menghargai dari setiap karya konten kreator yang memposting video di youtube, apabila orang lain melakukan upload video dan ketika proses scaning ada salah satu kesamaan dari salah satu jenis-jenis diatas, youtube secara otomatis mengirimkan email kepada konten kreator pemilik hak cipta tersebut untuk meninjau kesamaan yang ada dalam video tersebut, yang mana email tersebut mengarah pada copyright master yang ada di creator studio youtube, baik itu keseluruhan video, sebagia, gambar saja, musik saja, dan bahkan sampai persentase kemiripan dalam video tersebut akan di beritahukan kepada pemilik asli konten tersebut.

Ciri-ciri Konten Terkena Copyright Youtube
Apabila salah satu dari konten anda terkena copyright makan di bagian samping video kalian akan ada logo C yang melingkar, kemudian di bawah nya ada bacaan konten mencakup hak cipta, anda bisa menghapus konten yang terkena copyright tersebut atau membiarkan, bergantung dari si pemilik hak cipta memberikan keputusan kepada anda

Kesimpulan
Setiap konten di youtube apapun dan berjenis apapun itu pasti memiliki copyright dengan konsekuensi masing-masing bergantung dari si pemilik hak cipta, youtube tidak memiliki hukum yang sepenuhnya mengharuskan konten yang tekan copyright harus di hapus, melainkan youtube haya sebagi perantara menghargai karya-karya intelektual para kreatornya, semua keputusan dan hukum sepenuhnya di serahkan kepada pemilik hak cipta tersebut.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts