VPN bawaan smartphone yang berbasis android,perlu kita ketahui sebelumnya, bahwa setiap perangkat smartphone yang berbasis android mempunyai atau menyediakan menu VPN, yang tujuannya supaya pengguna android tidak perlu repot untuk mendownload Aplikasi dari pihak ke tiga untuk mengakses VPN, menurut saya vpn bawaan pada android jauh lebih stabil dibandingkan kita menggunakan aplikasi dari pihak lain.Bagaimana caranya untuk menggunakan fitur ini, kita hanya memerlukan sebah username dan password berserta name server vpn yang akan dibuat,supaya dapat terkoneksi ke private ip.Untuk selanjutnya bagaimana caranya untuk mendapat kesemua itu, baiklah penulis akan membagikan Tutorial secara lengkap menggunakan VPN bawaan pada smartphone android.

Seberapa vitalkah fitur VPN itu,apabila menurut saya pribadi itu hal yang sangat penting, karena pada masa akhir ini kominfo kerap memblokir situs/website dan jejaring sosial dsb,untuk memudahkan kita dalam mengakses situs/website yang  diblokir oleh pihak kominfo atau penyedia internet service provider (ISP),kita sangat memerlukan yang namanya fitur VPN.


Langkah-langkah Cara Mensetting VPN  pada smartphone Android

1. Silahkan untuk membuka browser yang kita pakai di pc atau laptop Chrome,Opera atau Mozilla Firefox,kemudian kita membuka situs VPN BOOK (https://www.vpnbook.com/) atau klik saja tulisan vpn book tersebut, atau jika kita mempunyai sebuah akun VPN premium itu lebih bagus lagi.

Cara Menggunakan VPN Di Android dengan Mudah

Setelah websitenya terbuka,kita menscroll ke bagian bawah sedikit dan klik menu PPTP, dibagian tersebut kita akan melihat  daftar list server VPN beserta user dan password, pilih salah satu servernya dan copy username dan password paste di aplikasi notepad supaya lebih memudahkan .Untuk yang belum jelas detailnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.




2Membuka smartphone Android kita, memilih pada menu setting atau pengaturan lebih jelasnya  bisa dilihat pada gambar dibawah ini
                                                Cara Menggunakan VPN Di Android dengan Mudah



Kita pilih VPN, setelah kita memilih vpn akan terlihat seperti tampilan dibawah ini

Cara Menggunakan VPN Di Android dengan Mudah




Silahkan klik/pilih Add VPN yang terdapat dimenu paling bawah, maka secara otomatis terlihat form username dan password serta server name. untuk lebih detailnya saya sertakan gambar lagi.

Cara Menggunakan VPN Di Android dengan Mudah

Mengisi semua form diatas sesuai dengan yang kita copy pada VPN BOOK sebelumnya.

Contohnya sebagai berikut :

Nama : mengisi sesuai selera kita karena tidak penting sebenarnya contoh ( canada )
Type : jangan mengubah  dan biarkan tetap dalam posisi PPTP
Username : memasukan username yang terdapat pada  VPN BOOK
password :  memasukan password yang terdapat pada VPN BOOK

Menyimpan settingan yang sebelumnya kita isi dan mencoba meng-connectkan VPN, apabila unsuccess,mencoba kita mengganti pada servernya saja pilih yang lain, untuk username dan password tetap dalam kondisi sama.

Untuk disconnect, kita melihat menu bar atas terdapat logo VPN atau kita masuk kembali dipengaturan kita memilih kembali VPN kemudian disconnect.Sekian tutorial singkatnya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman . Artikel ini hanya media informasi atau pembelajaran.


Baca selengkapnya : "Tutorial Menggunakan VPN untuk Keamanan Data"

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts