Pada zaman yang serba digital ini PC maupun Laptop tidak hanya digunakan untuk bekerja sehari-hari.Namun ada manfaat lain yaitu digunakan untuk bermain game/permainan.Apalagi di zaman digital ini tentang game yang memerlukan spesifikasi yang tinggi, pasti dilain sisi kita mempunyai untuk inisiatif merakit pc secara personal.Pada selanjutnya kita akan menemui akar masalah yang sebenarnya, di lingkungan luar banyak dari kita yang belum secara detail mengenai PC dan tidak memahami setiap komponen-komponennya alhasil merakit dengan asal jadi dengan ekspektasi dapat mamainkan game dengan stabil dan lancar.

Untuk seorang pemula tentu kita akan bertanya-tanya langkah-langkah merakit PC yang baik dan benar.Agar para pembaca tidak bingung langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

7. Memasang Processor secara benar

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula

Alngkah baiknya sebelum kita memasang motherboard ke bagian casing,kita terlebih dahulu memasang komponen hardware processor dan RAM ke bagian motherboard supaya lebih mudah untuk ketika dipasang.Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:
  • Pada waktu memasang komponen processor ke bagian motherboard kita harus menentukan terlebih dahulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket processor pada bagian motherboard.Pada umumnya,yang menjadi patokan untuk memasang prosesor terletak pada pojok yang ditandai(mark) dengan tanda titik ataupun lekukan.
  • Mengangkat tuas pengunci socket ke atas agar terbuka lebar.
  • Memberikan Thermal Pasta secukupnya pada bagian lapisan atas processor.
  • Menyesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, jika sudah pada posisi yang benar tekan processor ke dalam socket sampai rapat.
  • Mengunci kembali dengan tuas pengunci.
  • Memasangkan komponen kipas atau fan diatas processor lalu kita kencangkan.

6. Memasang RAM

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula

Alhasil setelah kita melewati bagian memasang komponen processor, kita bisa untuk melanjutkan step memasang komponen RAM (Random Access Memory) pada bagian motherboard. Berikut langkah-langkahnya:

  • Step pertama dengan membuka tuas penguncinya, kemudian sesuaikan posisi pada lekukan modul memori dengan lekukan pada slot yang aka dipasang.
  • Apabila sudah terpasang sebagimana mestinya kemudian tekan dan pasang kembali tuas pengunci pada RAM tersebut.

7. Memasang Power Supply

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula


Apabila kita membeli power supply sendiri, maka kita harus memasangnya pada casing terlebih dulu sebelum ke tahap bagian motherboard.Langkah ini memudahkan kita ketika memasang komponen motherboard nantinya.Berikut langkah-langkah memasangnya:

  • Meletakkan komponen power supply pada tempatnya yang berada dibelakang casing,kemudian kita kencangkan posisi power supply dengan sekrup .
  • Merapikan setiap susunan kabel konektor dari sumber power supply supaya mudah diatur.

4. Memasang Motherboard ke bagian Casing

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula


Pada langkah ini mungkin terkesan cukup membingungkan bagi kalangan pemula, oleh karena itu kita harus memperhatikan isi buku petunjuk yang terdapat pada pembelian motherboard supaya tidak keliru ketika memasang port.Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada tahap pertama menghubungkan tipe kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard secara rapi.
  • Untuk jenis motherboard non ATX, kita memasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
  • Pada bagian belakang casing terdapat sebuah lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot.
  • Membuka sekrup pengunci pelat tertutup pada lubang port kemudian masukkan port konektor yang ingin dipasang dan memasang sekrup kembali.
  • Memasangkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
  • Supaya tombol power, reset, dan lampu indikator berfungsi secara optimal maka kita harus menyambungkan kabel konektor yang tersedia pada casing komputer.

3. Memasang HDD atau SSD

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula


Sebuah komponen hardware seperti HDD dan SSD sangat berperan penting untuk menyimpan semua bentuk file dan data yang sedang kita miliki.Untuk tahap installasinya sebagai berikut langkah-langkahnya :
  •  Meletakkan HDD dan SSD pada posisi yang telah disediakan pada casing   pc,kemudian memasang sekrup agar drive penyimpanan tidak lepas.
  •  Mengubungkan konektor kabel IDE ke bagian drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang telah dipakai lebih dahulu)
  •  Apabila posisi kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive sekaligus,kita harus mensetting jumpernya yaitu drive pertama menjadikan sebagai master dan satunya lagi sebagai secondary drive.
  • Untuk konektor IDE sekunder pada motherboard dapat difungsikan untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  • Caranya cukup mudah dengan menghubungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive penyimpanan

2. Memasang Komponen Card Adapter

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula


Cakupan lingkup card adapter yang dimaksudkan pada bagian ini adalah sound card, video card, modem, dan sebagainya. Untuk cara memasangnya sangat simple yaitu:

  • Memasukkan komponen card adapter pada slot yang tersedia di motherboard,kemudian tekan sampai konektor benar-benar masuk, dan lanjutkan memberi sekrup sebagai penahan card supaya kuat.

1. Merapikan Keadaan PC

Cara Merakit PC Gaming untuk Para Pemula

Apabila setiap komponen pada pc telah terpasang sebagaimana mestinya,kita bisa merapikan beberapa hal yang tersisa sebelumnya.Dimulai dari manajemen kabel dan accecories tambahan lainnya seperti kipas dan lampu RGB. Dan dipastikan juga setiap socket dan kabel sudah terpasang dengan baik dan benar agar siklus daya dari power supply dapat mengalir ke seluruh komponen secara sempurna.

Setelah PC selesai kita rakit dengan semestinya,kita harus melakukan pengecekan pemeriksaan dan pengujian  dengan program BIOS di sistem PC kita, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Menghidupkan kits PC dan monitor,melihat layar monitor dan juga mendengarkan suara dari output speaker.
  •  Apabila menyala dengan sempurna maka BIOS akan otomatis mendeteksi komponen hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer.
  • Melakukan beberapa langkah pengaturan untuk nilai dari kapasitas pada harddisk dan boot sequencenya. Hal Ini bertujuan untuk memasang sistem operasi baik itu windows maupun linux untuk pertama kali.
  • Jika sudah menyelesaikan kemudian kita simpan hasil pengaturan dan keluar dari setup BIOS, setelah itu PC kita akan merestart dan melakukan pencarian boot sesuai dengan pengaturan boot sequence pada setting BIOS yang telah kita buat.
  • Masukkan CD Bootable ataupun Flashdisk Bootable yang berisi sistem operasi windows maupun linux pada drive pencarian kemduian ikuti setiap langkah supayan sistem operasi dapat terpasang dengan baik dan benar.

Begitulah cara merakit PC gaming untuk kalangan pemula. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts