Format file PDF adalah salah satu diantara format dokumen yang paling populer dan penting di dunia.Format ini ditemukan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran sebuah dokumen digital. Dokumen dengan format ini dapat dengan mudah untuk dibuat,baik itu secara offline maupun online.

Untuk dapat mengedit sebuah dokumen PDF dibutuhkan aplikasi khusus yang mendukungnya.Apabila jika bidang pekerjaan yang kita geluti mengharuskan kita untuk mengedit  beberapa dokumen-dokumen PDF, pada artikel di bawah penulis akan membahas sejumlah aplikasi untuk mengedit yang menawarkan versi gratis.
1.Sejda

Daftar Aplikasi untuk Edit PDF di Berbagai Perangkat


Jika kita sedang mencari daftar list aplikasi untuk mengedit file PDF yang versi gratis, maka aplikasi Sejda bisa menjadi solusi yang tepat sekali untuk kita.Selain untuk mengedit, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk menambahkan bidang formulir ke file PDF. Aplikasi Sejda dapat kita jalankan di OS Windows, Mac, Web, dan Linux.

Beberapa tugas editing yang dapat kita lakukan dengan aplikasi bernama Sejda yaitu diantaranya menggabungkan beberapa dokumen,memotong atau memutar halaman, menambahkan sebuah bidang header dan footer dengan nomor halaman,mensplit file PDF menjadi dokumen yang lebih kecil-kecil,dan lain sebagainya.

Aplikasi Sejda yang versi gratis dapat kita gunakan untuk mengedit sejumlah 3 dokumen per hari sampai 200 halaman per dokumen.Kita juga dapat beralih upgrade ke versi Pro jika tidak menginginkan adanya batasan jumlah dokumen yang dapat diedit dan membuka semua fitur aplikasi secara keseluruhan.

Untuk biaya berlangganan aplikasi ini adalah mulai dibanderol $5 per minggu atau $ 69,95 untuk lisensi versi desktop tanpa batas waktu untuk pengeditan dan pemrosesan batch tanpa batas.Apabila tertarik mencoba aplikasi ini,kita dapat pergi ke situs Sejda untuk registrasi berlanggganan.

2.Xodo

Daftar Aplikasi untuk Edit PDF di Berbagai Perangkat


Xodo adalah sebuah aplikasi edit PDF gratis yang dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk di Sistem Operasi Windows, Android, iOS, maupun Web. Meskipun tidak dimaksudkan untuk mengedit teks dan foto yang terdapat dalam PDF, aplikasi ini memungkinkan kita untuk dapat menambahkan anotasi yang dibutuhkan untuk menandai dokumen yang dibuat.

Dengan sebuah aplikasi Xodo, kita dapat mengisi formulir PDF, melakukan pencarian melalui dokumen dan halaman bookmark, mencoret teks yang dianggap penting, dan menambahkan sejumlah gambar, kotak teks, bentuk, tanda tangan, dan anotasi lainnya.Kita juga dapat menggabungkan dokumen PDF atau mengatur ulang format halamannya .
Xodo dapat bekerja layaknya sebuah Google Documents di mana kita dapat berkolaborasi dengan tim kita dari dokumen online yang sama.Kita dapat mengundang orang lain melalui media email atau menyalin link/tautan ke dokumen kita.Apabila tertarik dengan aplikasi Xodo,Kita dapat berkunjung ke website resmi mereka untuk mendownloadnya .

3.Foxit

Daftar Aplikasi untuk Edit PDF di Berbagai Perangkat


Foxit yaitu sebuah aplikasi untuk mengedit PDF lainnya yang dapat dijalankan di berbagai OS,seperti Windows, Mac, Android, dan iOS. Selain itu, pada aplikasi ini juga tersedia dalam versi Web. Dengan begitu, kita dapat mengedit file PDF dengan mudah, baik di perangkat smartphone, tablet, dan laptop.

Versi gratis dari Foxit (untuk desktop) hanya dapat digunakan untuk melihat dan menambahkan sebuah anotasi ke dalam dokumen PDF.Sementara jika Kita menginginkan versi yang lebih lengkapnya, Kita harus beralih ke versi berbayar dengan biaya langganan dimulai dari $8 per bulan (ponsel dan desktop) dan dimulai dari $129 sekali pembelian untuk perangkat desktop.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan aplikasi Foxit yaitu mengekstraksi data dari formulir yang diinput dan menambahkannya ke dalam sebuah file spreadsheet, mengubah halaman PDF menjadi sebuah template untuk dokumen baru, dan lain sebagainya.Apabila pembaca tertarik dengan Foxit, langsung saja dapatkan aplikasinya di sini.

4.Adobe Acrobat

Daftar Aplikasi untuk Edit PDF di Berbagai Perangkat


Adobe Acrobat bisa dinilai sebagai salah satu aplikasi untuk mengedit PDF yang paling populer, paling terdahulu, dan paling canggih di bidang industri PDF editing. Aplikasi ini tersedia untuk sejumlah sistem operasi termasuk Windows, Mac, Linux, Android dan iOS.
Versi gratis dari software adobe acrobat hanya dimaksudkan untuk melihat dan membaca PDF, menambahkan sebuah highlight dan anotasi dasar, dan mengisi formulir. Untuk dapat mengedit PDF dengan fitur-fitur lengkap,Kita harus beralih ke versi berbayar dengan biaya mulai kisaran $25 per bulan ( sehingga bayar per tahun jadi lebih murah) hingga $300 untuk sekali pembelian.

Sebagai aplikasi/software yang sudah terbilang berpengalaman,Adobe Acrobat (versi terbaru) hadir dengan berbagai fitur-fitur yang terasa mudah digunakan. Sebagian tool dalam aplikasi ini telah disembunyikan secara default, sehingga kita dapat membaca dan mengisi sebuah formulir PDF tanpa harus mengeditnya.

Alat pengeditan yang dimiliki oleh vendor Adobe Acrobat juga cenderung membuat file PDF tetap terlihat seperti bentuk aslinya. Perlu kita ketahui bahwa aplikasi ini hanya akan menggunakan font yang telah terinstall disaat mengedit PDF. Meskipun demikian, pada akhirnya kita ditawarkan lebih banyak pilihan pengeditan font untuk memastikan jarak agar tampak benar rapi dalam teks yang diedit.

Sekian penjabaran tentang sejumlah aplikasi untuk mengedit PDF yang dapat Kita gunakan secara versi gratis.Apabila kita ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan membantu,Kita bisa migrasi ke versi yang berbayar (bulanan atau tahunan).


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts