Jumlah Pengunduh Aplikasi Teleconference Naik Drastis dalam Sepekan


Bukan hanya di lingkup negara Indonesia, namun berbagai negara juga sepakat meminta penduduknya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi tujuan memutus rantai penularan Covid-19 atau lebih tepatnya virus corona.

Efeknya banyak karyawan dan para pelajar yang harus bekerja ataupun sekolah dari rumah.Atas dasar itu hingga akhirnya mereka memanfaatkan beragam varian aplikasi teleconference misalnya Zoom atau Google Hangouts Meet fungsinya untuk tatap muka secara virtual.

Alhasil ,kuantitas dari pendownload aplikasi telekonferensi meningkat secara drastic hanya dalam jangka waktu satu minggu.Dalam informasi riset aplikasi App Annie mendata aplikasi telekonferensi telah didownload sebanyak 62 juta kali dalam interval 14-21 Maret.Jumlah tersebut merupakan setara peningkatan sebesar 45 persen dari minggu sebelumnya dan menjadi ledakan unduhan aplikasi tertinggi diantara semua kategori dalam toko aplikasi , baik Google Play Store maupun App Store.

Sehingga pada akhirnya orang-orang menghadapi suatu momen ketidakpastian dimasa isolasi ini, dengan hadirnya aplikasi video telekonferensi berpotensi secara penuh memengaruhi kebiasaan pola hidup sehari-hari, meruntuhkan hambatan letak geologis dan serta menumbuhkan kemampuan bekerja membangun serta bersosialisasi," tulis oleh App Annie.

Beberapa jenis aplikasi telekonferensi yang turut andil menyumbang angka kenaikan jumlah download diantaranya yaitu Hangouts Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.Ternyata Aplikasi Zoom menjadi sebuah aplikasi telekonferensi yang paling banyak diunduh selama bulan Februari dan Maret. Angka unduhannya terus meningkat di AS dan Inggris, serta beberapa negara lain di Eropa. Dibanding rata-rata unduhan mingguan pada kuartal IV-2019, Zoom diunduh 14 kali lipat lebih banyak di AS.


Sementara di negara Inggris, Zoom diunduh 20 kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata unduhan mingguan pada kuartal IV-2019.Hal yang sama juga terjadi di beberapa negara Eropa lain, seperti Perancis yang jumlah unduhannya meningkat 22 kali lipat, 17 kali lipat lebih banyak di Jerman, 27 kali lipat lebih banyak di Spanyol, dan paling tinggi, diuduh 55 kali lipat di Italia.

Lembaga riset lain, Sensor Tower juga melaporkan, pengunduhan aplikasi Zoom paling tinggi terjadi di pertengahan Maret. Namun, Zoom tidak masuk dalam 100 aplikasi populer di toko aplikasi App Store.Indikasinya, banyak orang yang mengunduh Zoom melalui tautan yang dikirim melalui e-mail, calendar, atau platform instant message lain. Hal serupa dialami oleh  Zoom, Google Hangsout Meets juga meraup untung di periode yang sama pada bulan Maret.

Aplikasi itu diunduh 24 kali lipat lebih banyak di Inggris, 30 kali lipat di AS, 64 kali lipat di Spanyol, dan 140 kali lipat di Italia. Sementara Microsoft Team, mencatat kenaikan meskipun tidak setinggi dua aplikasi sebelumnya.Peningkatan unduhan Microsoft Teams mencapai 15 kali lipat di Spanyol, 16 kali lipat di Perancis, dan 30 kali lipat di Italia dibanding dengan jumlah unduhan per minggu pada kuartal IV-2019, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (1/4/2020).

Selain deretan aplikasi telekonferensi bisnis seperti tiga jenis aplikasi di atas, terdapat pula aplikasi telekonferensi berbasis sosial dengan nama Housparty, yang mendadak menjadi populer dan ikut terdongkrak drastis jumlah pendownloadnya di Eropa.Di Italia, kenaikan angka download Houseparty mencapai 423 kali lipat pada pekan ketiga bulan Maret, dibanding rata-rata jumlah unduhan per minggu pada kuartal IV-2019.

Di periode yang sama, unduhan Houseparty di Spanyol bahkan mencapai 2.360 kali lipat. Housparty sangat berbeda dengan aplikasi video telekonferensi berbasis bisnis, seperti Zoom atau Hangsout Meet.Aplikasi video berbasis chat tersebut lebih personal, hampir mirip dengan aplikasi video chat di jejaring perpesanan instan. Namun fiturnya lebih banyak, seperti live party atau bermain game di dalam aplikasi bersama-sama.

Selain jenis aplikasi video telekonferensi untuk keperluan bisnis, aplikasi serupa berbasis pendidikan juga mendapatkan keuntungan secara signifikan. Google Classroom dan ABCmouse misalnya. Aplikasi pesan-antar grosir juga dilaporkan meningkat.App Annie menyebut bahwa fenomena ini belum pernah terjadi sebelumnya dan menjadi momentum yang dinamis bagi dunia seluler. Banyak sektor yang mengalami perubahan perilaku bekerja setiap harinya akibat karantina.

Baca selengkapnya "Trik dan Tips Aman Meminimalisir Bahaya Zoombombing di Aplikasi Zoom"


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts