Tips dan Trik Menghemat Penggunaan Data saat Work From Home

Beberapa karyawan di beberapa perusahaan sedang menerapkan sistem kerja work from home atau kerja dari rumah. Hal ini diimplementasikan karena mewabahnya pandemi virus corona yang masih berlangsung hingga saat ini dan dilain sisi membuat sebagian penduduk untuk berada di rumah sebagai langkah memutus rantai penyebaran wabah virus corona.

Dengan diterapkannya sistem ini alhasil peningkatan konsumsi paket data meningkat pesat. Maka dari itu kita perlu memperhatikan kuantitas data yang dimiliki tetap hemat dan tidak boros.Agar pengeluaran biaya untuk konsumsi data bisa ditekan semaksimal mungkin.

Untuk bisa menghemat akan penggunaan paket data,berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

1.Menggunakan Koneksi Wifi

Apabila dirumah kita sudah berlangganan paket dengan fasilitas Wifi,alangkah baiknya kita menggunakan Wifi tersebut secara penuh.Dengan menggunakan Wifi dipastikan akan menghemat paket data  dan menjadi lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan kuota dari perangkat ponsel.

2.Membatasi penggunaan Streaming Video

Jika kita harus memakai layanan data melalui smartphone,kita bisa mengatur penggunaan data dengan membatasi streaming video. Hal ini dikhususkan agar menonton konten video dari platform Youtube dengan durasi yang panjang dan resolusi yang cukup tinggi agar dapat menghemat kuota data

3.Mengurangi bermain Game dan Sosial Media

Apabila kita bekerja dari rumah dengan pola yang sama akan dipastikan kita mengalami rasa jenuh dan bosan.Hingga pada akhirnya bermain game online dan media sosial akan menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh.Dengan menghemat kuota data sebaiknya kita membatasi diri dari keinginan untuk bermain game online dan mengakses media sosial secara berlebihan.

4.Menghibernasi aplikasi yang tidak dioperasikan

Beberapa aplikasi akan berjalan secara “run in background” terkadang kita tidak pernah menyadarinya setelah menggunakan aplikasi lantas kita mengabaikan aplikasi tersebut apakah masih berjalan ataukah sudah dalam hibernasi.Apabila kita sudah menghibernasi aplikasi yang sudah tidak dioperasikan akan berpengaruh dalam menghemat kuota data pada ponsel kita.

5. Mengaktifkan Fitur Hemat Data pada Browser

Pada perambaan bawaan pada Google Chrome di platform sistem operasi Android memiliki sejumlah fitur Lite Mode yang bisa kita atur pada menu settings. Dengan fitur ini kita bisa merasakan kecepatan yang lebih ketika memuat halaman website.Google Chrome mengklaim bahwa banyak peningkatan yang signifikan dan lebih fast loading serta penggunaan data bisa lebih hemat hingga 60 persen.

6.Menghapus aplikasi yang banyak mengkonsumsi data

Mungkin diantara kita pasti tidak menyadari aplikasi yang mengkonsumsi data dengan jumlah yang banyak tanpa kita sadari.Alangkah baiknya kita bila tidak benar-benar dibutuhkan,kita bisa menghapus aplikasi yang boros akan kuota data tersebut.
Sebelumnya kita harus memeriksa apakah aplikasi yang install banyak mengkonsumsi data.Untuk mengetahui ini caranya kita buka menu Pengaturan kemudian menuju ke Penggunaan Data, kita pasti melihat mana yang paling banyak memakan konsumsi data baik di posisi “run in background” ataukah di “run in foreground”.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts