VPN atau Virtual Private Network menjadi semakin populer dan ramai di jagat dunia maya beberapa tahun belakangan ini, pengoperasian menggunakan VPN begitu mudahnya, ada yang beropini bahwa VPN merupakan reaksi terhadap kekhawatiran security online.Namun, kita tak bisa memungkiri bahwa VPN membantu banyak orang menikmati layanan online streaming seperti Netflix dan YouTube yang diblokir di beberapa negara di dunia. 

Pada dasarnya,koneksi VPN merupakan koneksi yang aman antara suatu node jaringan dengan jaringan lain melalui sebuah jaringan yang terpisah dan privat dari internet pada umumnya.Bisa diibaratkan sebagai jalur tunnel atau jalur khusus yang di dalamnya dapat dilalui oleh trafik data yang akan dikirim ke tempat tujuannya. Yang menjadi daya tariknya lagi,tunnel VPN menggunakan sebuah enkripsi untuk melindungi data yang dikirim,sehingga tidak dapat dilihat oleh pihak lain.

Maka dari itu tidak heran jika konkesi VPN menjadi populer dan banyak digunakan oleh netizen.Apabila kita yang ingin mencoba VPN tapi masih ragu-ragu berikut ini adalah cara menggunakan VPN dan manfaatnya.

Cara menggunakan VPN melalui sebuah aplikasi

Tutorial Menggunakan VPN untuk Keamanan Data


Berikut cara mudah menggunakan VPN.Kita hanya tinggal mendownload dan menginstall aplikasi VPN pada PC maupun perangkat mobile.Setelah kita berhasil, kemudian lanjut ke langkah sign up untuk masuk ke dalam aplikasi, kemudian tekan tombol Connect untuk mencari server yang dapat digunakan saat itu juga.

Terdapat juga beberapa  jesnis aplikasi VPN yang cukup populer yang bisa kita gunakan yaitu Tunnelbear, ExpressVPN, dan Avira Phantom VPN.Beberapa di antaranya disediakan versi gratis, hanya saja servisnya terbatas pada fitur tertentu. Meskipun harus bayar, harga yang dipatok masih aman dan terjangkau oleh semua kalangan.Selain itu, sebagian besar aplikasi VPN menyediakan versi free trial sehingga kita bisa mencoba terlebih dahulu. Kemudian,menentukan alternatif pilihan aplikasi yang tepat dan cocok dipilih sesuai kebutuhan pengguna.

Cara menggunakan VPN di Windows 10

Selain memakai aplikasi,kita sebetulnya juga bisa mengkonfigurasi pada OS Windows 10 secara manual.Simak penjelasannya dibawah ini :

1. Pada layar desktop atau laptop, pilih/klik icon Network yang ada di bagian kanan bawah        taskbar, kemudian kita pilih Network Settings.

2. Carilah opsi VPN dan pilih Add a VPN Connection.Setelah jendela notifikasi muncul,            masukkan detail info untuk koneksi VPN kita.
  • Pada bagian VPN provider, kita pilih Windows (built-in)
  • Pada bagian VPN type, pilih mode automatic
  • Pada bagian Type of sign-in info, kita pilih Username and Password.
1. Selanjutnya, kita isi pada Connection name dan Server name or address. Pada bagian          sesi ini dipastikan terdapat perbedaan bergantung penyedia VPN yang kita install.

2. Scroll ke bagian menu bawah pada aplikasi, setelah itu kita akan menemui tempat form        untuk memasukkan data username dan password untuk jalur koneksi VPN.Masukkan          data informasi yang disediakan oleh provider layanan VPN kita. Setelah semuanya                selesai, pilih/klik Save dan tutup menu Settings.

3. Pilih/Klik ikon jaringan koneksi WiFi di bagian kanan bawah taskbar windows, dan pilih          jaringan koneksi VPN yang baru yang telah dibuat sebelumnya.Klik/pilih Connect untuk        menjalankannya.

Langkah-langkah diatas sebetulnya lebih tepatnya untuk perangkat laptop maupun ultrabook yang sering melakukan rutinitas pekerjaan dengan secara sistem remote.Tujuannya tidak lain jika kita dapat mengakses data internal pada kantor secara aman dengan jaringan koneksi Wi-Fi publik/umum. Namun,apabila kita ingin tetap terhubung ke layanan VPN di Windows 10,maka faktor yang diperlukan informasi tentang penyedia VPN tempat kita bekerja.Kita bisa menanyakannya ke divisi TI atau network administrator perusahaan.

Tutorial Menggunakan VPN untuk Keamanan Data


Setelah menginstall layanan VPN, apa saja manfaatnya yang didapat ?

VPN merupakan komponen penting dalam kehidupan digital pada saat ini. Mengapa ? Lima alasan ini akan menjelaskannya.

Hampir semua penyedia layanan internet menyimpan catatan history aktivitas penelusuran situs.Maka itu, bagi kita yang mementingkan adanya privasi di atas segalanya,maka dari itu gunakanlah VPN.Dengan memilih jaringan private berbasis virtual, jejak akun dan data sensitif milik kita akan dilindungi secara penuh sehingga tidak bisa dilacak oleh Google ataupun pihak ISP (operator seluler).

Bekerja sembari ngopi di coffee shop ataupun co-working space memang nyaman.Namun nyatanya,koneksi WiFi publik yang disediakan secara gratis biasanya tidak dienkripsi. Jadi dengan situasi seperti ini memungkinkan peretas bisa memata-matai data informasi pribadi maupun perusahaan saat kita menghubungkannya ke laptop atau perangkat mobile(smartphone).

Walaupun begitu,hal ini bukan berarti kita tidak mengizinkan memakai Wi-Fi publik. Pada tahap ini peran uatama VPN menjadi sangat penting.VPN akan mengenkripsi data kita dan menyimpannya dari tangan yang tidak bertanggung jawab.Pada akhirnya, kita bisa bekerja dengan aman dan tenang di mana pun kita berada.

Kita pasti mengetahui betapa menjengkelkan apabila ketika ingin bersantai dan menonton video di Youtube tapi ternyata kontennya diblokir ? Pada akhirnya jika kondisi seperti ini,VPN bisa menjadi solusinya.VPN memberi kita jalur keamanan untuk mengakses konten hiburan online favorit dari manapun di seluruh dunia dan kapan saja.

Apabila kita sedang liburan di luar negeri dan meinginginkan posting foto liburan di media sosial namun kita tidak bisa mengaksesnya ? Tetapi pada nyatanya beberapa negara yang memang sedang menggalakkan program memblokir media sosial yang sangat populer seperti Facebook, Snapchat,dan LinkedIn. Namun dengan  memakai VPN memungkinkan kita menggunakan media sosial apapun di mana pun kita berada.

Pada kesimpulan akhir,VPN dipastikan menjadi salah satu bagian kebutuhan koneksi yang aman di zaman serba digital ini.Sekian pembahasan mengenai pengamanan data lewat koneksi VPN semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Baca selengkpanya : "Cara Menggunakan VPN Di Android dengan Mudah"




0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts