Di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti seperti zaman sekarang ini, setiap orang dituntut untuk lebih berupaya dalam membuat dapur mereka mengepul. Tentu hal ini bukan perkara yang mudah mengingat persaingan yang semakin tinggi dan tantangan yang harus dilaluipun semakin banyak pula.

Disaat kondisi lapangan sudah mulai menjadi sempit, kesempatan untuk meraih pundi-pundi rupiah juga jadi lebih sempit.Namun kita jangan khawatir karena berbagai kesempatan masih terbuka lebar ? Dimana? Internet!
Ya, tentunya pada dunia internet adalah dunia yang sangat luas yang saat ini bisa dijangkau oleh banyak kalangan,terutama generasi milenial.Setiap silih berganti hari semakin banyak orang yang menggantungkan hidup dari media internet karena di sana terdapat banyak peluang(opportunity) untuk mengais rezeki. Bahkan dari peluang itu semakin terbuka lebar setiap harinya.
Namun siapa saja yang mempunyai kemauan pasti bisa dengan mudah mendapatkan uang dari media internet.Kemudian apa saja peluang-peluang yang tersedia? Berikut ada beberapa cara tips mendapatkan uang dari internet yang saat ini banyak diidam idamkan orang-orang untuk mencari nafkah.
1. Menjadi YouTuber
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Mudah

Pada saat ini YouTube adalah sebuah platform berbagi video yang paling populer di dunia. Entah sudah berapa banyak jumlah video yang telah diupload ke YouTube, namun orang-orang yang menikmati konten dari YouTube semakin banyak kuantitasnya.Bahkan tak sedikit pula mereka yang telah melupakan televisi dan beralih ke YouTube karena di sana terdapat banyak sekali tontonan yang lebih menarik dan berkualitas.

Jika kita mempunyai kemampuan untuk tampil dihadapan banyak audiens,Kita dapat mencoba kesempatan untuk menjadi profesi YouTuber. Misalkan,apabila kita lulusan institusi pendidikan yang ingin mendapatkan sebuah penghasilan sampingan di luar menjadi tenaga pendidik, maka kita dapat membuat konten pendidikan di platform YouTube.
Atau apabila kita hobby memasak,kita dapat membuat konten memasak di YouTube. Begitu pula dengan skill kemampuan atau hobi lainnya.Kita dapat merekam aktivitas kemudian menguploadnya ke media YouTube supaya ditonton oleh orang banyak. Setelah channel kita dimonetisasi dan mendapat banyak tayangan dan viewers, Kita bisa mendapatkan sejumlah penghasilan dari YouTube.
Selama konten yang kita upload tidak merugikan pihak orang lain atau kelompok, tidak bertentangan dengan suatu hukum dan norma yang berlaku, tidak membahayakan, dan efek-efek buruk lainnya, Kita sah-sah saja untuk mencari rezeki dari YouTube. Apalagi jika konten kita bermanfaat,Bukankah itu baik bagi kita semua?
2. Menjadi Selebgram atau Instagrammer
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Mudah

Apabila YouTube khusus untuk video, maka Instagram khusus untuk foto (Kita juga dapat berbagi video di media Instagram,namun dalam durasi sangat terbatas). Apabila, pada media sosial Instagram kita dapat menjadi seorang selebgram atau Instagrammer yang membagikan sebuah tentang konten-konten menarik serta bermanfaat lainnya, baik dalam bentuk foto/image maupun video singkat.

Setelah kita mendapatkan banyak follower, kita bisa memulai menghasilkan uang dari Instagram. Kita tidak bisa memonetisasi akun Instagram yang kita milik. Yang ada adalah kita menjadi sponsor produk milik orang lain ataupun perusahaan dan mereka membayar kita sesuai dengan kesepakatan.
Kita tidak mencari sponsor, melainkan pihak mereka yang datang sendiri kepada Kita. Apabila akun Instagram kita memiliki banyak follower, biasanya dari pihak sponsor akan tertarik untuk memasarkan produk yang mereka miliki melalui akun Instagram Kita. Semakin banyak follower maka penawaran yang didapat semakin tinggi.
Kemudian bagaimana supaya bisa mendapatkan banyak pengikut di sosial media Instagram?Terdapat banyak sekali cara untuk melakukannya,seperti contoh membuat sebuah konten yang unik dan kreatif (berupa konten personal maupun non-personal, seperti konten tentang edukasi,teknologi, dll) dan menarik lainnya tentunya (khususnya secara visual), membangun sisi personal branding, menggunakan sebuah tagar populer dalam setiap deskripsi postingan, dan lain sebagainya.
Seperti halnya menjadi seorang YouTuber, Kita juga dituntut untuk sharing konten yang positif di media sosial Instagram.Selain bermanfaat untuk diri sendiri, hal itu juga akan membawa manfaat bagi orang lain khususnya pengikut kita. Sekali Kita memposting hal-hal negatif, bisa dipastikan reputasi kita mungkin akan langsung meredup.
3. Menjadi Blogger
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Mudah

Apabila kita tidak menyukai tampil di hadapan banyak orang,kesempatan ini cocok untuk kita.Kita dapat berkarya lewat sebuah rangkaian tulisan pada blog atau situs pribadi atau menjadi jasa penulis pada situs orang lain.Hal ini bisa menjadi sebuah pekerjaan paruh waktu yang cukup menyenangkan dan tidak melelahkan, baik secara fisik maupun mental.
Kita dapat memulai dengan membuat sebuah blog pribadi menggunakan layanan Blogger dari Google (gratis) ataukah WordPress.org (berbayar). Untuk kalangan pemula kita menyarankan membuat blog dengan Blogger. Kita hanya membutuhkan email (Gmail) yang masih aktif untuk dapat menggunakan layanan dari Blogger. Sementara WordPress.org sangat disarankan untuk mereka yang ingin lebih fokus membangun blog atau situs.
Dari keduanya bisa kita monetisasi dengan Google AdSense atau program-program periklanan yang lainnya.Dan tentu saja kita tidak bisa secara langsung melakukan hal ini. Kita harus membangun blog atau situs kita terlebih dahulu agar mendapat banyak visitor. Semakin tinggi angka visitor, maka kesempatan untuk monetisasi semakin besar, sehingga peluang mendulang banyak rupiah semakin tinggi pula.
Selain dari sumber iklan,Kita juga mungkin mendapatkan pendapatan dari tulisan sponsor. Ya, terdapat banyak perusahaan yang memasarkan produk mereka melalui konten tulisan pada blog ataupun situs terkenal. Kita dapat memasang tarif sesuai dengan kondisi situs kita. Proses penawaran pastinya akan dipengaruhi oleh jumlah angka visitor dan impresi (dalam beberapa kasus calon pengiklan biasanya dapat menayangkan jumlah impresi pada situs kita) sehingga kita harus lebih giat dan tekun membangun blog atau situs yang kita miliki.
Apabila kita belum siap membangun sebuah blog maupun situs, kita masih dapat menjadi penulis pada situs lain. Menjadi fakta sendiri bahwa konsumsi digital semakin tinggi, maka kuantitas profesi penulis di sebuah situs juga semakin dibutuhkan keberadaanya. Kita dapat menulis sesuai dengan kategori atau niche yang kita kuasai, misalkan bisnis,teknologi,otomotif, dan lain lainnya.
Ada banyak sekali situs-situs yang mempublikasikan lowongan penulis tetap maupun paruh waktu dengan pendapatan yang tidak sedikit (coba cek peluang tersebut di situs atau akun sosial media mereka). Atau kita dapat menawarkan bantuan jasa menulis di sejumlah platform aplikasi pekerjaan paruh waktu maupun freelance.
Dan sekali lagi untuk menjadi perhatiannya,tulisan yang kita buat tidak diperkenankan berisikan hal-hal yang merugikan, merendahkan, ataupun menghina orang lain maupun kelompok atau juga berisikan konten yang bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku pada masyarakat umum.Kesemua itu harus kita hindari agar situs kita dapat terus bertahan dalam menghasilkan uang. Selain itu hal lain yang harus kita jauhi apabila menginginkan sukses menjadi seorang penulis yaitu plagiarisme atau penjiplakan tulisan  milik orang lain.
Dan sekian,itulah beberapa cara-cara untuk mendapatkan uang dari media internet dengan mudah. Selain dibutuhkan kemauan yang kuat, kunci sukses lainnya untuk menjalani profesi-profesi  pada informasi di atas adalah kreatif. Dengan penuh ide kreatif,Kita bisa membangun brand kita sendiri dengan baik tanpa merugikan pihak lain.
Adakah cara-cara mudah lainnya untuk mendapatkan pendapatan dari internet? Tentunya ada dan bahkan banyak. Konten tulisan ini bersumber dari Cryptoharian.Kita dapat menemukan kesempatan-kesempatan mendulang rupiah dari media internet lainnya pada situs tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts