Banyak sekali user yang menggunakan smartphone Android mereka untuk menyimpan hal-hal yang bersifat pribadi, entah itu foto atau video yang tidak ingin dilihat oleh orang lain ketika mereka meminjam smartphonenya atau mungkin file pribadi yang di dalamnya terdapat sebuah informasi penting? Pada artikel ini akan dibahas cara menyembunyikan file di Android tanpa menggunakan aplikasi dengan sangat aman dan tidak akan bisa di akses oleh sembarang orang.

Sebenarnya terdapat banyak aplikasi di Google Play Store yang memungkinkan kita untuk menyembunyikan bermacam-macam aplikasi,file atau folder di OS Android.

Adanya sebuah fitur keamanan dari jenis aplikasi penyembunyi file,foto serta video juga bermacam-macam lainnya, seperti password, enkripsi, pattern, pin bahkan fingerprint.

Akan tetapi, apabila kita menggunakan aplikasi tersebut pastinya ada sedikit orang yang mengetahui kegunaan aplikasi tersebut lalu kemudian mulai mencari apa saja file yang kita sembunyikan pada smartphone.

Hal-hal lain yang menjadi masalah pelik adalah aplikasi penyembunyi foto dan video yang telah terinstall kemungkinan akan membuat penggunaan kapasitas memori kita menjadi tambah terbebani.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi

Cara ini sebenarnya yang paling sederhana,simple dan paling mudah. Sistem Android di desain untuk dapat membaca semua folder yang berada dalam file manager. Kita hanya perlu memanipulasi sistem tersebut supaya file yang ingin kita hidden tidak terbaca di aplikasi galeri maupun aplikasi lainnya.Kita hanya perlu membuat satu folder khusus untuk menyimpan semua data file foto atau video yang ingin kita sembunyikan. Beri nama folder khusus tersebut dengan awalan titik (.) Misalnya saja, kita membuat folder dengan nama "Hidden" maka,harus ada awalan berupa titik (.) pada folder itu. Sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini ".Hidden".

Cara Menyembunyikan File pada Android Tanpa Aplikasi Tambahan


Setelah folder yang kita buat terbentuk,langkah selanjutnya memindahkan semua file yang ingin kita hidden ke folder tersebut. Alhasil dengan begitu, kita tidak akan menemukan file tersebut dalam aplikasi Gallery, pemutar video, bahkan dalam aplikasi file manager sekalipun. Cara menyembunyikan file di OS Android ini dapat digunakan untuk android versi kitkat, lolipop maupun ICS. Dan yang pastinya , dengan cara ini tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga.Apabila kita meinginginkan membuka file yang sudah terhidden tadi, kita tinggal menuj ke file manager → Klik/pilih icon tiga titik yang terdapat di kanan atas → Kemudian kita hilangkan tanda centang pada "Sembunyikan file sistem", maka file yang sudah kita sembunyikan sebelumnya akan muncul kembali dalam file manager.

Cara Menyembunyikan File pada Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang sangat sederhana ini bisa kita gunakan apabila tidak ingin menggunakan tambahan aplikasi pihak ketiga,mudah bukan?

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts