Durasi pemakaian baterai pada smartphone sangat bergantung sekali pada perilaku dari si pengguna. Semakin bijak pengguna dalam penggunaan smartphonenya,maka akan semakin lama dan awet waktu pemakaian baterai tanpa harus melakukan proses pengisian daya sebelum waktunya. 

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat daya pada baterai smartphone menjadi cepat kosong. Kebiasaan disini tidak termasuk dalam bermain game online. Persoalannya apabila game online itu sudah dipastikan banyak mengkonsumsi baterai dan otomatis menggunakan paket internet.

Trik dan Tips Agar Baterai Pada Smartphone Menjadi Awet


Berikut ini kebiasaan yang bisa kita hindari agar baterai pada smartphone menjadi lebih hemat:

Fitur GPS yang selalu aktif

Ketika fitur GPS pada smartphone kita aktif dan akses untuk internet juga aktif, maka posisi smartphone akan dengan otomatis diperbaharui secara berkelanjutan.Hal Ini tentunya akan membuat sistem tetap bekerja optimal meskipun smartphone dalam kondisi layar mati(screen off) dan dipastikan akan membuat konsumsi baterai menjadi boros. Dan oleh karena itu, kita matikan GPS apabila tidak diperlukan atau matikan izin mengakses GPS pada aplikasi yang tak membutuhkan pembaharuan space.

Tingkat Kecerahan pada layar

Trik dan Tips Agar Baterai Pada Smartphone Menjadi Awet

Kecerahan layar menjadi salah satu faktor konsumsi pada daya baterai menjadi lebih boros.Semakin tinggi tingkat kecerahan layar pada sebuah smartphone, maka daya baterai akan semakin banyak yang terkuras.Agar konsumsi pada baterai menjadi lebih hemat,alangkah baiknya tingkat kecerahan layar diturunkan. Selain mempunyai dampak menyedot daya baterai lebih banyak, posisi layar yang terlalu cerah juga berimbas tidak bagus untuk kesehatan mata.

Terlalu banyak widget dan notifikasi

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna menggunakan widget yaitu untuk mempermudah membuka dan mengakses aplikasi. Namun ternyata, dibalik kemudahan tersebut aplikasi yang berada di widget akan melakukan pembaharuan otomatis dan sinkronisasi secara berkala. Hal Ini akan membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih boros.Apabila kita tetap berkeinginan menggunakan widget,maka pilihlah aplikasi yang benar – benar yang berfungsi penting saja untuk dijadikan widget.

Penggunaan wallpaper yang terlalu terang

Penggunaan wallpaper yang memiliki warna terlalu cerah ternyata juga menguras banyak daya baterai kita. Hal demikian karena smartphone tersebut menampilkan banyak warna untuk mensupport  wallpaper tersebut.Kemudian untuk itu mungkin kita  bisa lebih selektif dalam memilih wallpaper untuk smartphone nya.

Menutup Aplikasi yang tidak diperlukan


Menggunakan aplikasi tertentu pada layar smartphone untuk digunakan memang membutuhkan banyak resource memori sebagai latar.Namun kenyataanya beberapa pengguna sering melupakan dan menganggap itu hal yang sepele dengan tidak menutup aplikasi setelah selesai digunakan.Adanya aplikasi smartphone yang tidak digunakan namun diabaikna tanpa ditutup, akan membuat smartphone semakin menjadikan kinerja melambat akibat dari pemakaian memori terpakai, selain hal itu dapat membuat suhu pada smartphone menjadi  lebih cepat panas sehingga mempengaruhi kesehatan dan umur pada baterai.


Sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih boros. Tapi mungkin dengan solusi mengurangi kebiasaan yang tertera diatas, konsumsi pada baterai smartphone kita bisa sedikit lebih hemat. 

0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts