Aplikasi Perekam Layar Smartphone memudahkan kita dalam merekam file gambar bahkan sebuah video dengan kualitas HD sekalipun dengan hasil rekaman suara yang bagus. Dimulai dari tahapan menyimpan interaksi percakapan video call dengan teman atau membuat video tutorial pada Smartphone kita. Dengan adanya aplikasi penunjang ini memudahkan kita dalam melakukan capture pada moment-moment penting kita.

Zaman sudah semakin canggih dari waktu ke waktu, banyak moment yang bisa kita lakukan hanya dalam satu genggaman Smartphone. Kita dapat memotret dan merekam setiap moment yang kita lalui, bisa saja mengedit foto, video, ataupun pekerjaan dalam berbagai macam format file. Untuk urusan hiburan kita dapat bermain games, menonton film berbagai genre, bahkan aktivitas karaoke sudah bisa dilakukan pada Smartphone kita. Tetapi ada satu kelebihan lain pada Smartphone yang yaitu adanya Aplikasi Perekam Layar Smartphone.

Walaupun tanpa adanya Aplikasi Perekam Layar , Kita tetap dapat melakukan capture ataupun screenshoot dengan fitur bawaan pada smartphone kita. Contohnya, apabila kita pengguna Android dengan merk Samsung, ASUS, Lenovo, Nokia, Sony Xperia, ,Xiaomi dan OPPO, langkahnya terbilang cukup mudah yaitu kita hanya dengan menekan tombol power serta volume secara bersamaan kurang lebih durasi 3 detik. Maka secara otomatis gambar yang kita capture tersimpan pada galeri Smartphone.

Apabila kita pengguna iPhone, cukup mudah yaitu dengan menekan tombol home dan power secara bersamaan hingga layar tertangkap dengan baik. Namun, ada juga beberapa tipe smartphone seperti OPPO, Xiaomi, dan Infinix apabila ingin mengcapture gambar dengan cara mengusap 3 jari kita pada layar secara vertikal atau horizontal kemudian gambar yang kita tangkap akan tersimpan dengan otomatis pada galeri kita.

Namun, tentu saja kualitas dan fasilitas yang diberikan apabila kita menangkap gambar dengan fitur bawaan pada smartphone dengan menambahkan aplikasi perekam layar smartphone akan berbeda hasilnya.

Rekomendasi beberapa Aplikasi Perekam Layar Smartphone Terbaik saat Ini

1.    DU Recorder - Screen Recorder

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

DU Recorder adalah sebuah Aplikasi Perekam Layar Smartphone yang populer dan sudah banyak digunakan karena memberikan kemudahan lebih untuk para penggunanya. DU Recorder memungkinkan kita dalam merekam aktivitas layar hanya dengan sekali sentuhan saja tanpa perlu melakukan berbagai tindakan pengaturan terlebih dahulu.Terdapat juga fitur-fitur pendukung lainnya yang menarik seperti misalnya editing dan live streaming. Aplikasi ini dapat berjalan normal pada sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas. Besaran ukuran aplikasi ini cukup ringan yaitu hanya 11MB. Fitur ungggulan yang terdapat pada aplikasi ini yakni pause/resume, facecam (menggunakan tool pada kamera depan), external sound recorder, tap tracking, shake to stop, built-in GIF maker, dan masih banyak lagi lainnya. Pada DU Recorder juga menyediakan fitur video dan image editor.

iOS download DU Recorder – Screen Recorder, Video Editor, Live melalui tautan link ini.

 

2.    Perekam Layar Mobizen - Record, Capture, Edit

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Perekam Layar Mobizen merupakan salah diantara banyak aplikasi yang pernah mendapatkan penghargaan App Terbaik pada tahun 2016 dari Google. Sehingga kita tidak perlu meragukan lagi performa kecanggihan dari Aplikasi Perekam Layar Smartphone yang satu ini. Aplikasi ini memberikan kualitas terbaik dalam merekam video ukuran Full HD 1080p, bitrate 12Mbps dan 60 fps yang membuat video kita semakin menarik untuk ditonton. Aplikasi ini dapat berjalan lancar dengan sistem operasi minimal Android 4.4 KitKat ke atas. Jumlah ukuran aplikasi ini cukup berat yaitu  sebesar 20.9 MB sehingga cukup membebani kinerja RAM pada Smartphone.

Link Android download Perekam Layar Mobizen - Record, Capture, Edit pada tautan link ini.

 

3.    Screen Recorder With Facecam & Screenshot Capture

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Screen Recorder With Audio And Editor & Screenshot merupakan aplikasi yang dibesut oleh Dulcie Lawing yang dibuat khusus untuk memaksimalkan perekaman aktivitas layar pada smartphone kita. Kita dapat mendapatkan berbagai macam pilihan yang membantu pekerjaan kita terutama dalam hal merekam video tutorial,live streaming ataupun bermain game. Kita dapat menggunakan aplikasi perekam layar Smartphone ini dengan semua perangkat smartphone tanpa harus mengakses root terlebih dahulu. Ukuran aplikasi ini sangat ringan yaitu hanya sebesar 3MB.

Android link download Screen Recorder With Facecam & Screenshot Capture di tautan link berikut.

 

4.    AZ Screen Recorder - Video Recorder, Livestream

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Apabila kita penyuka video walkthrough game yang kita mainkan pada smartphone. Maka Aplikasi Perekam Layar Smartphone yang satu ini sangat penulis rekomendasikan. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana dengan berbagai customisasi yang layak untuk dicoba. Kita tidak perlu mengakses root dalam penggunaannya. Aplikasi ini dapat bekerja pada sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas. Ukuran aplikasi ini sebesar 17.4MB, cukup berat dalam membebani RAM pada Smartphone kita

Android link download AZ Screen Recorder - Video Recorder, Livestream pada tautan link berikut.

 

5.    Google Play Games

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Google Play Games merupakan aplikasi bawaan pada sistem operasi Android  yang bisa mengakomodasi kebutuhan kita dalam membuat konten video bermain game. Aplikasi ini dapat merekam layar pada Smartphone Android dengan mudah. Namun,aplikasi ini hanya menyediakan fitur perekaman pada resolusi 480p dan 720p saja. Aplikasi ini dapat berjalan lancar pada sistem operasi minimal Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran aplikasinya sebesar 13.7MB.

Android link download Google Play Games melalui tautan link berikut ini.

 

6.    Screen Recorder

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Aplikasi perekam layar Smartphone yang satu ini dikembangkan oleh vendor NLL. Aplikasi ini dengan mudah dan tersedia secara gratis pada Smartphone kita melalui platform Google Play Store. Aplikasi ini mampu berjalan dengan secara lancar pada sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas. Namun, untuk para pengguna Android 4.4 KitKat ke bawah harus melakukan proses akses root terlebih dahulu. Untuk ukuran aplikasi ini sangat ringan sekali yaitu hanya sebesar 4.5MB.

Download link Screen Recorder melalui tautan link ini.

 

7.    Super Screen Recorder – Akses perekam layar tanpa root

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Aplikasi perekam layar Smartphone yang satu ini memberikan banyak sekali fitur yang menarik sesuai kebutuhan kita. Aplikasi ini dapat merekam layar tanpa batasan waktu atau unlimited. Untuk kita yang menyukai animasi GIF yang menarik sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Terdapat juga opsi penambahan watermark agar konten video kita tidak diambil oleh orang lain. Aplikasi ini berjalan dengan batas sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop ke atas dan ukuran aplikasi ini cukup besar yaitu sebesar 22MB sehingga dapat membebani RAM pada smartphone kita.

Android link download Super Screen Recorder – Perekam Layar tanpa root melalui tautan link berikut.

8.    Game Screen Recorder

Aplikasi perekam layar smartphone yang satu ini sangat direkomendasikan bagi kita yang membutuhkan aktivitas rekaman layar untuk bermain game seperti misalnya Mobile Legends, PUBG Mobile, dan lain-lain. Karena dengan aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur yang menarik yang disuguhkan. Contohnya, Game Screen Recorder yang dapat mendeteksi secara langsung game apa yang terinstall pada Smartphone kita. Selain itu,kita tidak perlu akses root dalam menggunakannya. Aplikasi ini dapat digunakan secara normal pada minimal sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas dan ukurannya terbilang sangat ringan yaitu hanya sebesar 4.9MB.

Link android download Game Screen Recorder melalui tautan link ini.

 

9.    Background Video Recorder

                                   10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Aplikasi perekaman layar smartphone yang satu ini membantu kita dalam merekam file video dan mengambil gambar pada latar belakang dengan pilihan fitur memungkinkan mengaktifkan ataupun mematikan suara pada kamera. Dengan adanya banyak fitur yang berguna tersebut untuk melanjutkan perekaman pada saat layar nonaktif atau jadwal untuk merecord.Pada aplikasi ini mudah sekali untuk digunakan dengan cara satu klik pintasan perekam video atau satu klik pada widget saja. Aplikasi ini dapat berjalan normal pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas dengan kapasitas ukuran yang sangat ringan yaitu sebesar 5.4MB.

Link download Background Video Recorder melalui tautan link ini.

 

10. REC-Screen Recorder. UHD, FHD,HD, audio nyala/mati

10 Aplikasi Perekam Layar pada Android

Aplikasi perekaman Layar Smartphone yang satu ini dapat merekam sebuah video dengan kualitas yang baik. Durasi waktu perekaman yang diizinkan dalam aplikasi ini cukup lama yaitu sekitar kurun 1 jam. Pada aplikasi ini juga didukung fitur yang mempermudah kita dalam merekam aktivitas pada layar. Tinggal menggoyangkan ataupun mematikan layar untuk menghentikan prosesnya. Aplikasi ini dapat berjalan normal untuk sistem operasi minimal Android 4.4 Kitkat ke atas dengan ukuran yang sangat ringan sekali yaitu sekitar 2.8MB.

Link download REC-Screen Recorder. UHD, FHD,HD, audio nyala/mati melalui tautan link ini.

 

Kesimpulan

Sekian penjelasan pada artikel diatas tentang 10 aplikasi perekam layar smartphone 2020 yang penulis rekomendasikan untuk memudahkan kita dalam merekam layar. Aplikasi tersebut semuanya bisa kita download secara versi gratis dan bisa memilih serta menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing personal.Dan jangan lupa untuk memperhatikan secara detail mengenai jenis sistem operasi dan kapasitas pada memori pada smartphone kita supaya lekas bisa mendukung dalam mendownload aplikasi tersebut. Selayaknya kita menggunakan aplikasi perekam layar smartphone ini dengan bijak dan tanpa merugikan pihak manapun yang bersangkutan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan referensi untuk kita.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts