Di zaman millenial sekarang ini semua hal serba instan dan serba online. Dimulai dari belanja buku, hingga kegiatan menulis dapat kita lakukan secara daring. Kegiatan menulis online dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital berupa perangkat gadget dan aplikasi.

Jadi apabila kita menyukai aktivitas menulis maka tidak perlu ribet lagi apabila berkeinginan menyimpan naskah hasil karya yang dibuat sebelumnya.Karena cukup men-download aplikasi untuk menulis dalam sebuah gadget, kita pun sudah langsung dapat menulis dimanapun dan kapanpun kita berada!

Untuk yang tidak mengetahui terdapat aplikasi apa saja yang dapat membantu dan memudahkan kinerja kita untuk menjadi penulis. Penulis mempunyai rekomendasinya pada informasi dibawah ini.

1.    1.Wattpad

5 Aplikasi Android Untuk Menulis Novel

      Wattpad merupakan sebuah aplikasi difungsikan untuk membaca ataupun mengirimkan hasil karya tulisan dari penulis dalam bentuk artikel, cerita pendek (cerpen), novel, puisi, ataupun sejenisnya. Wattpad telah diluncurkan pada tahun 2006 oleh duo Allen Lau dan Ivan Yuen.

     Aplikasi untuk menulis ini sudah tidak asing lagi di telinga kawula muda terutama dan cukup populer. Dari aplikasi Wattpad kini banyak sekali muncul penulis yang dapat menerbitkan bukunya secara model fisik dan tidak sedikit pula yang berhasil menduduki peringkat best seller.

     Sebut saja seorang Almira Bastari dan Valerie Patkar yang sama-sama berangkat dari platform aplikasi Wattpad hingga saat kini menjadi penulis besar buku best seller. Almira telah menerbitkan buku novel berjudul Resign! sementara Valerie sukses dengan buku berjudul Claires.

     Sampai saat ini aplikasi wattpad telah memiliki 100 juta jumlah cerita yang dapat dibaca secara mode online. Untuk membuat akun baru, kita cukup registrasi dengan menghubungkan akun yang dimiliki dengan media sosial seperti Facebook ataupun Google+, kemudian mengikuti petunjuk yang tersedia pada aplikasi . Supaya lebih mudah untuk diakses,saat ini aplikasi wattpad sudah tersedia di platform Android maupun iOS.

2.    2. Storial.co

5 Aplikasi Android Untuk Menulis Novel

     Storial.co merupakan situs menulis secara online di Indonesia,yang dibuat dengan tujuan melahirkan talenta banyak penulis baru. Dalam kurun waktu beberapa bulan diluncurkan secara publik, Storial.co sudah memiliki lebih dari 500 judul cerita didalamnya.

     Ternyata pada aplikasi ini juga memiliki komunitas menulis. Jadi untuk kita yang bingung dalam mencari inspirasi, serta ingin berdiskusi dengan sesama penulis, ataupun memiliki pertanyaan seputar lingkup kegiatan menulis, kita dapat bergabung dalam komunitas pada Storial.co.

     Tampilan pada Storial.com memiliki desain yang millenial dan menarik yang menjadi keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini. Dan selain itu terdapat pula fitur khusus yang dapat secara langsung menghubungkan pihak penulis dengan para pembacan

     3.  JotterPad

5 Aplikasi Android Untuk Menulis Novel

     JotterPad sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para penulis yang ingin menulis sebuah novel, puisi, lirik lagu, sampai artikel. Format tulisan yang dapat dibuat di JotterPad memiliki banyak pilihan yang tersedia. Mulai dari format txt, pdf, markdown, hingga docx.

     Aplikasi ini juga memiliki desain yang user-friendly, sehingga mudah sekali untuk digunakan dimana saja dan kapan saja.

     Terdapat Font tulisan yang berada pada aplikasi Jotterpad ini memiliki banyak pilihan dan enak untuk dibaca. Kita pun dapat merasakan sensasi dalam membaca secara online layaknya membaca dari buku bentuk fisikny

     4.  Penana

5 Aplikasi Android Untuk Menulis Novel

      Aplikasi ini tergolong rilis baru di antara aplikasi lainnya. Selain menyediakan fitur-fitur unggulan menulis, Penana juga menyediakan beberapa fitur yang cukup unik yang jarang sekali dimiliki aplikasi menulis lainnya yaitu adanya, fitur lomba menulis secara rutin yang disebut NaNoWrimo.

     Cara menggunakan aplikasi Penana ini tentu sangat mudah untuk dipraktekkan, cukup dengan mengunduh aplikasi Penana, membuat akunnya, dan Penana langsung siap digunakan untuk aktivitas menulis. Dan selain itu, kita juga dapat mendapatkan tanda notifikasi dari pembaca yang berkomentar pada tulisan yang kita buat.

     Apabila berkeinginan mencari referensi kumpulan tulisan dari tulisan-tulisan yang populer bisa juga bisa langsung melihatnya ke dalam fitur trending topic. Bisa dibilang dengan aplikasi ini adalah bagian tentang aplikasi yang memiliki fitur paling bervariasi dan menarik.

     5. Steller

5 Aplikasi Android Untuk Menulis Novel

St  Seller merupakan singkatan dari storyteller yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti menjadi penutur cerita ataupun pendongeng. Aplikasi ini sangat memudahkan para penggunanya, dikarenakan semua elemen untuk bercerita yang meliputi teks, foto, serta video tersedia lengkap diaplikasi ini. 

S   Sehingga,tulisan yang dihasilkan dalam aplikasi Stelleri ini akan memberikan kesan menarik dan interaktif karena akan menggabungkan elemen teks, foto, serta video. Cocok banget buat kamu yang suka menulis quotes atau puisi zaman now. 

S   Semakin hari semakin banyak aplikasi yang mendukung akomodasi para penulis untuk membuat karya yang autentik. Untuk para pembaca yang memang enggan menulis secara manual dan juga keberatan dalam membawa laptop. Lima aplikasi di atas akan sangat membantu sekali untuk kita ! Silahkan untuk mencoba yang menurut kita yang paling nyaman untuk digunakan 


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts