Layar Monitor Berkualitas

Basicnya sebuah monitor merupakan salah satu dari sekian perangkat komputer yang tentunya sangat dibutuhkan oleh para usernya. Sebab tanpa adanya monitor, kita tidak dapat selayaknya mengoperasikan komputer .

Dengan memilih monitor yang tepat serta berkualitas bagi kita yang bekerja dari rumah (Work From Home) dipercayai dapat meningkatkan performa produktivitas serta dengan menjauhi postur badan yang tidak selayaknya akibat imbas dari penggunaan perangkat yang tidak benar.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas beberapa tips untuk memilih monitor yang tepat serta berkualitas tentunya. Simak beberapa tips-tips dibawah ini :

Memperhatikan Ukuran Layar dan Resolusi

Langkah penting pada tahapan pertama yaitu menentukan ukuran layar dan resolusi yang tepat. Pada kasus di lapangan ukuran bidang layar yang lebih luas untuk melihat dan melakukan lebih banyak task terbukti nyata dapat meningkatkan produktivitas.

Dan ternyata aspek ukuran layar dan resolusi saling berkaitan erat. Dengan kuantitas  pixel yang lebih banyak di setiap inch pada monitor, pengguna otomatis akan mendapatkan visualisasi gambar yang lebih realistis dan tajam.

Disini kita mensetting resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan untuk monitor yang ukuran lebih besar. Layar QHD 27 inci (2560 x 1440), layar 4K 32 inci (3840 x 2160) dan layar WQHD 34 inci (3440 x 1440) adalah yang direkomendasikan dalam penggunaannya.

Melihat dampak Ergonomis dan Kesejahteraan

Menurut riset dari pihak Forrester, sejumlah 92% karyawan percaya monitor yang dioptimalkan secara ergonomis sangat berpengaruh  untuk meningkatkan produktivitas kinerja mereka.

Memicingkan posisi mata ke dalam sudut layar ataupun membungkukan ke arah monitor dapat menyebabkan postur badan kita menjadi buruk, masalah punggung, serta mata lelah.

Untuk membantu mengatasi masalah-masalah umum tersebut, sebaiknya untuk memilih jenis monitor serbaguna yang sudut ketinggian dan kemiringannya bisa diatur untuk memastikan bahwa postur badan yang tepat serta jarak pandang yang sejajar tentunya.

Memperhatikan sisi konektivitas

Selanjutnya , kita pertimbangkan apa saja jenis-jenis perangkat yang akan dihubungkan ke monitor baru kita dan pastikan untuk mengecek kompatibilitas semua port laptop yang kita miliki. Port umum yang terdapat pada laptop disaat ini termasuk HDMI, USB-C, dan Thunderbolt 3.

Kita dapat mengurangi jumlah kabel yang berantakan dan pengaturan tatanan meja kerja yang rapi dengan monitor USB-C, yang memungkinkan para pengguna untuk mengisi daya baterai laptop serta mentransfer data, sinyal bentuk audio, dan video hanya dari satu kabel penghubung saja.

Memperhatikan Efisiensi Energi

Pada layar monitor yang memiliki predikat sertifikasi konsumsi daya tingkat rendah seperti misalnya merk Energy Star maupun EPEAT dapat menghemat tagihan utilitas periode tahunan dengan capaian USD52 atau setara dengan nominal Rp754.000.

Kehadiran monitor canggih juga menawarkan berbagai macam fitur yang dapat mengurangi penggunaan daya dengan menonaktifkan monitor atau sleep mode setelah tidak aktif beberapa kurun waktu.

Komposisi Warna

Cakupan ukuran, akurasi, serta kalibrasi warna merupakan faktor-faktor penting yang patut untuk dipertimbangkan pada saat membeli sebuah monitor untuk hal pekerjaan di bidang kreatif, seperti fotografi,desain grafis dan videografi.

Untuk tipikal pekerjaan yang mengutamakan unsur dan aspek warna, alangkah baiknya maka pilihlah monitor yang tidak hanya menyediakan gamut warna yang lebih luas tetapi juga akurasi warna yang sebenarnya.

Kolaborasi

Monitor dilengkapi dengan fitur terkini seperti kamera, mikrofon, dan speaker internal menjadi semakin populer seiring dengan meningkatnya kuantitas frekuensi telekonferensi video. Apabila pekerjaan kita melibatkan rutinitas telekonferensi video hampir sepanjang hari,maka sebaiknya carilah monitor yang menyertakan fitur-fitur yang kolaboratif ini.

Akhir Kata

Begitulah beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam memilih layar monitor yang berkualitas. Semoga dengan adanya informasi diatas kita dapat dengan mudah mendapatkan layar monitor yang kita inginkan.

Baca selengkapnya : Cara Setup 2 Monitor Dengan Mudah pada Windows 10


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts