Bagi kalangan pemilik usaha (bisnis) yang dalam keseharian menggunakan akun WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen maupun pelanggan, tentunya sangat membutuhkan kehadiran sebuah fitur autoreply atau disebut juga balasan secara otomatis untuk menanggapi pesan instan yang telah masuk secara cepat.

Namun adanya fitur autoreply sendiri pada saat ini hanya tersedia di aplikasi WhatsApp versi Business, sehingga bagi para pemilik usaha(bisnis) yang berkeinginan menggunakan fitur autoreply diwajibkan untuk mendaftarkan data diri sebagai akun WhatsApp Business.

Namun apakah kalian mengetahui bahwa dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga, kita juga  dapat membuat semacam fitur chatbot untuk membalas pesan isntan secara otomatis, tanpa harus menggunakan WhatsApp Business pada umumnya? Banyak aplikasi-aplikasi di Google Play Store yang menyediakan fitur keunggulan tersebut, kemudian bagaimana cara untuk menggunakannya?

Adanya fitur autoreply pada WhatsApp atau membalas pesan instan WhatsApp secara otomatis ternyata baru tersedia kali ini pada WhatsApp(WA) versi Business, yang fokus ditujukan untuk para pemilik usaha tentunya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita tertuju pada aplikasi Auto Reply besutan PransuInc dikarenakan memiliki beberapa fitur yang tergolong cukup lengkap dan gratis. Kemudian, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

Cara membuat pesan balasan  secara otomatis

Untuk tahapan pertama, mengunduh aplikasi fitur Auto Reply yang tersedia pada Google Play Store.Dan setelah terinstall, buka/pilih dan mengizinkan aplikasi untuk membaca notifikasi pad WA yang telah masuk. 

Beberapa selang waktu kemudian,para pengguna bakal disuguhkan dengan tampilan utama pada aplikasi Auto Reply. Dan disini, klik/pilih ikon "+" yang berada pada bagian tengah bawah interface aplikasi untuk mulai proses membuat chatbot.

Cara Membalas Pesan Otomatis pada WhatsApp Tanpa WhatsApp Business

Pada halaman berikutnya, kita memilih jenis aplikasi WhatsApp yang akan kita gunakan, apakah jenis WhatsApp reguler (WA Official) ataupun WhatsApp Business, kemudian menuls kata kunci atau pesan yang kedepannya bakal memancing balasan otomatis. Misalnya saja, pengguna dapat mengetikkan kata kunci berupa tanda "*" dan memilih sebuah opsi "All" untuk merespons semua bentuk pesan yang masuk supaya dibalas secara otomatis.


Contoh lainnya,para pengguna dapat memasukkan sebuah kata kunci (keyword) yang spesifik, seperti halnya "Halo", dan memilih opsi pilihan "Exact match" untuk memancing balasan secara otomatis. Apabila demikian, hanya pesan masuk bertuliskan "Halo" saja yang akan dibalas secara otomatis.

Apabila kita sudah menginputkan sebuah kata kunci (keyword), para pengguna dapat langsung membuat isi balasan pada aplikasi secara otomatis yang kita inginkan, dengan kita memilih opsi pilihan pengaturan lainnya,yaitu dengan cara menggulirkan navigasi ke bawah pada tampilan layar smartphone masing-masing.

Kita dapat membuat balasan dalam bentuk yang formal apabila nomor pada WhatsApp dipakai untuk bisnis(usaha), atau pesan yang bertipe kasual apabila nomor pada WhatsApp hanya dipakai untuk berkomunikasi dengan sesama teman pergaulan.

"Maaf sedang slow respons, pesan akan segera dibalas begitu dibaca/online kembali," seperti itu contoh misalnya.

Setelah semuanya selesai membuat konten dalam pesan, klik/pilih ikon "centang" yang terletak pada bawah kanan di tampilan aplikasi.

Yang nantinya, terdapat balasan otomatis yang sebelumnya kita buat dan kemudian akan muncul pada halaman utama Auto Reply, seperti tampak pada screen shot gambar di bawah ini (di sebelah kiri).Para pengguna dapat menonaktifkannya dengan mengklik pesan tersebut hingga pada ujung tab berwarna merah.

Apabila berkeinginan menambahkan balasan otomatis lainnya, misalnya berkeinginan membuat sebuah pesan berdasarkan keyword spesifik yang baru,para pengguna dapat mengulangi langkah-langkah sebelumnya.

Dan setelah itu, pengirim pesan kemudian akan direspons dengan balasan secara otomatis, disaat mereka memasukkan penggalan kata kunci yang sudah dibuat oleh sang author bisnis, sebagaimana ilustrasi pada gambar pada sebelah kanan di atas.

Apabila mereka memasukkan sebuah kata kunci "Menu", misalnya contoh,para pengguna akan dibalas dengan  mode balasan otomatis yang memang dipicu oleh kata bernama "Menu".

Perlu untuk dicatat dan diperhatikan, suapaya balasan otomatis yang sudah dibuat sebelumnya bisa dikirimkan ke pihak pengguna,kita pastikan terlebih dahulu pada toggle Auto Reply yang terletak di bagian kanan atas pada aplikasi diaktifkan.Dan selain itu, untuk memastikan pula aplikasi tersebut tetap berjalan dengan semestinya di background smartphone.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts