Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Fitur pemblokiran dihadirkan bukan tanpa sebuah alasan.Fitur ini hadir untuk mempermudah kita untuk menjauhkan diri dari orang-orang dan lingkungan yang toxic,yang dapat mengganggu, atau bahkan menjauhkan diri dari masa lalu. Cukup dengan mengklik tombol blokir, kita pun tidak dapat melihat profil orang tersebut, dan tak bisa menghubunginya lagi, dan begitu pula sebaliknya. 

Tak hanya pada lingkup media sosial saja, fitur blokir juga telah hadir di dalam WhatsApp. Kita tentu sangat membutuhkannya mengingat pada aplikasi chatting ini cukup personal karena syarat utama sebatas menggunakan nomor telepon.

Namun disuatu ketika kita pasti otomatis mempunyai rasa penasaran apakah ada kontak lain yang memblokir akun yang kita miliki pada aplikasi WhatsApp? Sekarang coba kita untuk memikirkan, siapa saja orang yang paling berpotensi untuk melakukannya. Apabila sudah,untuk selanjutnya kita mengecek bersama-sama melalui cara berikut inI !

1.             1.   Mengecek last seen kontak

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Langkah pertama kali yang dapat kita coba adalah mencoba lihat pada fitur  last seen kontak yang patut kita curigai. Andaikan tidak ada keterangan status “online” dan “last seen”, berarti terdapat kemungkinan bahwa dia memang sedang memblokirmu. 

Namun pernyataan ini tidak selalu benar adanya. Sebab pada aplikasi WhatsApp menyediakan fitur pengaturan untuk menonaktifkan keterangan waktu online terakhir tersebut. Apabila kita berkeinginan menyelidiki lebih lanjut, seharusnya untuk membaca point-point berikutnya !

2.    Melihat Foto Profilnya

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Cara mudah berikutnya adalah dengan mengecek foto  profil. Coba untuk membuka profil pada akun yang kita maksud sebelumnya. Apabila kita diblokir, terdapat dua skenario yang mungkin terjadi kedepan:

- Display picture menjadi kosong, tak ada foto profil yang tampak;

- Display picture berupa foto profil lama. Kita tidak akan mendapatkan update terkini walaupun mereka telah menggantinya.

Namun lagi-lagi, hal ini tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan. Sebab bisa jadi dari pihak orang tersebut memang tidak memasang display picture ataupun tidak menggantinya dalam jangka waktu yang lama.

3.    Mencoba kirim pesan ke kontak tersebut

      

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Langkah berikutnya adalah untuk memastikan kita diblokir ataukah tidak adalah dengan mengirimkan test pesan. Kemudian mengamati, apakah pesan yang terkirim hanya centang satu atau dua, atau bahkan malah centang biru?

Kemungkinan cermati faktor kedua dan ketiga akan membuktikan bahwa kita tidak sedang diblokir. Sedangkan apabila yang terjadi adalah kemungkinan pertama, yaitu posisi centang satu, kita patut untuk mencurigai.

Sehingga,ketika kita telah diblokir, kita tetap bisa mengirimkan pesan ke orang tersebut. Namun kenyataannya mereka tidak akan menerimanya sehingga centang yang muncul hanya satu saja. 

4.    Mencoba telepon kontak tersebut melalui WhatsApp

      

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Apabila kita masih tidak percaya lagi, langkah alternatif yang dapat kita coba adalah dengan meneleponnya melalui aplikasi WhatsApp. Kita tetap bisa menelepon mereka walaupun dalam posisi diblokir. Namun terdapat tanda tertentu yang harus kita amati secara detail.

Apabila kita diblokir, status telepon akan terus mengalami “Calling” walaupun sudah melebihi waktu 30 detik. Ini diartikan bahwa, panggilanmu tidak akan masuk ke dalam kontak tersebut. Sedangkan apabila kita tidak diblokir, tanda “Calling” maka akan berubah menjadi “Ringing”. Dan itu artinya,WhatsApp sedang memberikan tanda notifikasi pada orang yang kita telepon.

5.    Mencoba bergabung kontak tersebut ke dalam grup

      

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Indikator lain tanda bahwa kita diblokir adalah kita tidak dapat memasukkan kontak ke dalam sebuah grup. Ketika kita mencobanya, WhatsApp akan memberikan notifikasi berupa “Couldn’t add (nama kontak)” atau bisa juga “You’re not authorized to add this person”. Ini adalah tanda mutlak bahwa kita diblokir.

6.    Pengecekan dengan menggunakan akun WhatsApp lainnya

      

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Strategi terakhir untuk memecahkan mengenai masalah pemblokiran ini adalah dengan mengeceknya melalui smartphone milik teman kita. Namun sebelum itu, untuk memastikan teman kita dan kontak yang ingin kita periksa menyimpan nomor satu sama lain .

Coba untuk mengklik profilnya dan ulangi tahapan demi tahapan dari poin pertama. Apakah keadaan display picture berbeda dengan di tempatmu? Kemudian mengecek last seen ataupun status online-nya, apakah cara tersebut dapat? Coba untuk berkirim pesan, bagaimana dengan tampilan centangnya?

Jika foto berbeda, last seen terlihat, dan pesan terkirim bertanda (centang dua), itu artinya teman kita tidak diblokir. Ini juga mengindikasikan bahwa orang tersebut mungkin sedang memblokir kita.

7.    Bagaimana cara menghubungi orang yang memblokir kita 

     

Cara Mengetahui Orang yang Memblokir pada WhatsApp

Diblokir adalah tanda bahwa orang tersebut tidak berkeinginan hubungan dengan kita lagi. Sehingga jelas, tidak ada celah untuk dapat mengirim pesan atau meneleponnya via aplikasi WhatsApp. Namun apabila kita bersikukuh untuk melakukannya, maka mencoba hubungi mereka via SMS dan telepon biasa. 

Cara lain yang dapat bisa kita lakukan yaitu dengan membuat sebuah akun WhatsApp baru serta menambahkannya sebagai kontak kita lagi. Untuk melakukannya, kita memerlukan sebuah nomor baru. Akan tetapi, perlu diingat dengan seksama bahwa tidak ada jaminan sepenuhnya mereka akan menggubris pesan serta panggilan dari kita !

Seperti itulah tanda dan cara untuk melihat apakah orang lain sedang memblokirmu pada aplikasi WhatsApp ataupun tidak. Sehingga, sekarang kontak siapa yang diperkirakan memblokir kita ? Coba kita mengecek dengan cara di atas !


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts