Foto Whatsapp Tidak Tersimpan

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi pesan instan dengan jumlah pengguna terbesar padaa saat ini. Denan desain antarmuka yang simple dan penggunaan yang mudah digunakan alhasil berhasil menarik jutaan pengguna.

Hampir semua orang di berbagai belahan dunia menggunakan aplikasi whatsapp sebagai sarana untuk berkomunikasi secara tidak langsung dengan pihak lain, saling berkirim pesan instan, menelepon, video call bahkan saling mengirim konten gambar.

Dan dibalik berbagai manfaatnya dan fungsinya, tanpa kita sadari terkadang galeri pada ponsel kita menjadi penuh karena unduhan foto maupun video dari aplikasi WhatsApp, dan membuat kinerja ponsel kita menjadi kurang optimal apabila digunakan.

Beginilah Cara Supaya Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis pada Galeri

Trik dan Tips Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis


Agar galeri dan memori kita tidak lekas terisi penuh dengan foto dari  aplikasi WhatsApp, penulis mempunyai cara supaya foto dan video pada WhatsApp tidak tersimpan langsung pada galeri. Dengan trik yang sederhana ini dapat membuat memori ponsel kita jauh lebih ringan dalam hal performanya.

Supaya gambar pada WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis, ada beberapa langkah-langkah pengaturan khusus yang harus kita ikuti. Urutan langkah-langkahnya sangat sederhana, dan dapat dilakukan dalam beberapa step saja.

Langkah-langkah yang akan kita lakukan kedepan cukup mudah dan tidak memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga, maupun harus melakukan oprek root sistem ponsel Android milik kita terlebih dahulu.

Pengaturan Supaya Foto Whatsapp Tidak Tersimpan secara Otomatis di Galeri

Sebagai salah satu aplikasi pesan instan dengan user terbanyak di dunia, WhatsApp selalu mencoba untuk mempermudah para pengguna yang menggunakannya termasuk di dalamnya dengan adanya fitur menyimpan gambar otomatis ini.

Apabila diaktifkan, kita tidak perlu kerepotan unutk  mengscroll riwayat percakapan kita untuk mencari gambar-gambar yang penting yang ingin kita lihat, namun pada settingan umum ini memang tidak selalu cocok untuk semua pengguna.

Sehingga dengan pilihan ini dapat kita matikan hanya dengan beberapa langkah yang cukup sederhana, seperti yang akan penulis jabarkan secara terperinci di bagian selanjutnya.

Cara agar foto pada WhatsApp tidak masuk ke dalam Galeri dilakukan dengan mengubah beberapa opsi pengaturan internal pada aplikasi WhatsApp yang kita miliki.

Cara ini dapat kita gunakan di berbagai versi WhatsApp yang terinstall pada ponsel android kita saat ini, dan langkah-langkah yang wajib dilakukan sama persis tentunya.

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang harus kita ikuti agar gambar pada WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis pada galeri.

Langkah 1 - Pada halaman antarmuka WhatsApp, kita tinggal menekan tap ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas pada layar ponsel. Tahapan selanjutnya, kita dapat memilih menu pada Setelan untuk menuju pengaturan utama.

Trik dan Tips Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis


Langkah 2 - Pada halaman setelan di WhatsApp, kita tinggal memilih opsi menu Penggunaan Data dan Penyimpanan.Dan setelah itu, perhatikan menu Unduh Otomatis Media untuk step berikutnya.

Trik dan Tips Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis


Terdapat 3 menu untuk mengatur penyimpanan media foto disaat kita menggunakan paket data internet,Wi-Fi serta Roaming.Kita mulai dengan mengatur pada penyimpanan disaat menggunakan paket data.

Langkah 3 - Memilih menu saat menggunakan Data Seluler.Pada tahapan disini terlihat sekali 4 jenis file yang biasanya tersimpan secara otomatis.Dan kita pastikan untuk tidak mencentang  opsi kesemuanya.

Trik dan Tips Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis


Dengan tidak mencentang opsi semuanya, kita sudah mengubah setelan penyimpanan secara otomatis di aplikasi WhatsApp kita. Sehingga keberadaan foto dan video tidak akan lagi tersimpan otomatis ketika kita menggunakan koneksi jaringan data seluler.

Langkah 4 - Melakukan hal yang serupa untuk setelan saat tersambung ke jarinagn Wi-Fi dan juga saat mode roaming.Untuk memastikan kita tidak menceklist jenis file apapun ekstensinya.

Trik dan Tips Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis


Dan dengan begitu ponsel kita tidak akan lagi secara otomatis menyimpan foto, video, dan dokumen lainnya pada kondisi apapun.

Pada rangkaian langkah-langkah sederhana ini dapat membantu kita untuk lebih menghemat space memori, dan otomatis membuat kinerja ponsel kita menjadi lebih ringan.
Dan jangan lupa untuk mencoba juga fitur dark mode yang terdapat pada WhatsApp pada saat ini. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, kedepannya fitur ini bakal membantu banget untuk kita yang kurang menyukai dengan mode warna mencolok.

Akhir Kata

Demikianlah tips dan trik cara supaya Foto WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis di galeri. Bagaimana? sangat mudah untuk dipraktekan bukan?
Dengan mengimplementasikan tips dan trik yang sudah penulis deskripsikan sebelumnya, ponsel kita akan bisa bekerja dengan lebih optimal dan lebih baik lagi tentunya.

Semoga tips dari penulis ini berguna untuk semuanya ! Apabila bermanfaat silahkan untuk share dan komen pada artikel ini untuk terus mendapatkan informasi terkini, tips & trik, dan berita seputar terknologi lainnya penulis.

Baca selengkapnya : "WhatsApp Akhirnya Hadirkan Fitur Dark Mode, Inilah CaraMengaktifkannya!"


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts