Apakah kita sering menemui kendala dalam membuat flashdisk mode bootable untuk Windows? Apakah selain itu kita mengalami kesulitan disaat menginstall ulang pada hardisk format GPT? Tedapat 2 masalah yang mungkin akan kita temukan disaat berhadapan dengan seri laptop keluaran terbaru.

Pada waktu ini, hampir sebagian besar format media penyimpanan dari laptop keluaran teranyar telah menggunakan sebuah skema partisi bernama GPT. Baik itu pada lingkup Hard Disk Drive (HDD) ataupun pada Solid State Drive (SSD).

Skema partisi tipe GPT seakan akan menggeser skema partisi MBR yang telah banyak digunakan pada media penyimpanan generasi sebelumnya.

Mungkin sejauh ini tidak ada problem pada hardisk dengan skema partisi tipe GPT. Namun kenyataanmya permasalahan baru akan mulai muncul, ketika kita berencana untuk melakukan install ulang sistem operasi Windows 7, pada laptop dan netbook yang menggunakan skema partisi tipe GPT.

Walaupun demikian tidak perlu khawatir lagi, pada artikel di bawah ini terdapat sebuah tulisan singkat mengenai kendala dalam meginstall ulang pada hardisk GPT beserta langkah-langkah solusi terbaik untuk mengatasinya.

1. Kendala Menginstall Ulang Pada Hardisk GPT

Sistem Windows yang kita gunakan,pasti tidak selamanya berjalan dengan baik dan lancar. Seringkali kita menemui hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan ataupun bahkan kegagalan pada sistem. Beberapa faktor diantaranya disebabkan oleh virus dan mallware.

Cara terbaik untuk mendapatkan kembali sistem Windows yang sehat dan prima yaitu dengan melakukan proses install ulang Windows secara menyeluruh, pada laptop yang sedang bermasalah tentunya.

Kita dapat melakukan tahapan instalasi ulang melalui master dalam bentuk DVD Windows yang dimiliki ataupun melalui bantuan device flashdisk. Yang tentunya menggunakan file format ISO yang telah kita buat sebelumnya .

Namun kenyataanya dalam banyak kasus terjadi, kita tidak dapat secara langsung melakukan installasi ulang pada perangkat laptop dengan hardisk tipe GPT. Karena pada hakekatnya, file sistem yang terdapat pada komponen DVD ataupun flashdisk bootable belum mendukung  komponen harddisk dengan skema partisi GPT.

Meskipun ternyata dapat melakukan konversi atau juga mengubah skema partisi hardisk GPT menjadi tipe MBR, dan memakan proses yang membutuhkan waktu yang lebih lama juga.

Karena selama proses eksekusi dalam konversi dari GPT ke MBR, seluruh isi data pada harddisk akan terhapus dan hilang. Sehingga sebagai langkah pencegahan kita harus terlebih dahulu melakukan proses backup terhadap data-data penting yang sebelumnya telah tersimpan.


2. Membuat Flashdisk Mode Bootable


Bisa diibaratkan solusi mudahnya yaitu dengan membuat flashdisk bootable OS Windows yang dikhususkan dibuat untuk hardisk tipe GPT.

Kita hanya perlu mempersiapkan sebuah flashdisk, file installasi dalam bentuk ISO serta aplikasi untuk membuat flashdisk menjadi mode boot.

Kita dapat membuat sendiri file formst .ISO dari DVD Windows yang telah kita miliki. Sedangkan untuk aplikasi pembuat flashdisk mode bootable, kita akan menggunakan aplikasi bernama Rufus. Pada artikel ini, kita menggunakan OS Windows 7 versi 64 bit.

Langkah pertama kali visit website resmi 
rufus.

Disana, kita akan memperoleh informasi lebih detail mengenai rufus dan bagaimana cara mendapatkannya.sesikit informasi tentang Rufus yakni software portable yang dapat kita jalankan tanpa perlu menginstall sebelumnya.

Klik/pilih 2 kali pada ikon Rufus untuk mulai menjalankannya.

Setelah itu, kita akan dihadapkan pada tampilan utama Rufus. Dan didalamnya tersedia beberapa fitur menu pulldown dan checkbox untuk mengatur dan mengoptimalisasi flashdisk boot sesuai dengan kebutuhan yang para pengguna.

Terdapat beberapa pengaturan yang wajib untuk dilakukan supaya flashdisk boot tersebut mendukung dan dapat melakukan proses write pada hardisk GPT. Supaya lebih mudahnya kita dapat mengikuti langkah-langkah seperti artikel di bawah ini:

1. Memilih Jenis Device

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT

Pada bagian device sendiri, kita dapat memilih komponen flashdisk mana yang kedepannya akan digunakan sebagai flashdisk mode bootable OS Windows.

Apabila terdapat dua ataupun lebih flashdisk yang sedang terhubung pada sebuah perangkat komputer, maka dipastikan keseluruhan akan ditampilkan pada kolom Device.

Klik/pilih pada tanda segitiga di sebelah bagian kanan, kemudian kita tentukan flashdisk mana yang diinginkan

2. Memilih Model Skema Partisi

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT


Selanjutnya pada baris kedua ini terdapat sebuah menu Partition scheme and target system type. Nah pada segmen ini kita dapat memilih sebuah skema partisi yang ingin digunakan kedepan.Terdapat dua pilihan diantaranya yaitu MBR dan GPT.

Untuk membuat flashdisk mode bootable Windows yang dapat khusus digunakan pada hardisk GPT, maka pilihlah GPT Partition Scheme for UEFI Computer, seperti terlihat pada contoh gambar di atas.

3. Memilih Bentuk File Sistem

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT

Langkah-langkah berikutnya yaitu memilih sebuah file sistem yang akan di format ke dalam flashdisk bootable Windows tentunya. Supaya perangkat flashdisk dapat bekerja pada harddisk GPT, maka pilihlah tipe partisi FAT32 (default) sebagai file sistemnya.

4. Mengatur Ukuran Cluster Size

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT


Pada bagian ukuran Cluster Size sebaiknya tidak perlu kita ubah.Biarkan dalam pengaturan secara default.

5. Memberi Label pada Flashdisk

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT


Pada bagian pada New volume label, kita dapat merubah nama dari flashdisk bootable Windows yang akan dibuat kedepannya. Isikan nama, sesuai berdasarkan yang kita inginkan.

6. Mengatur Opsi Pilihan Format

Pada bagian menu Format Options, kita akan menemukan beberapa buah pilihan checkbox yang dapat kita gunakan untuk mengatur beberapa pilihan tentunya, diantaranya sebagai berikut :

- Check device for bad block
Pilihan ini digunakan untuk memiksa dan memastikan bahwa tidak terdapat block yang rusak di dalam flashdisk yang akan digunakan.

Apabila kita merasa yakin tentang kondisi kesehatan komponen flashdisk, alangkah baiknya untuk menghilangkan tanda centang pada checkbox dengan dalih mempercepat proses durasi waktu dalam pembuatan flashdisk bootable Windows.


- Quick Format
Pada pilihan ini harus kita centang apabila pada file sistem yang kita pilih berbeda dengan file sistem yang dibuat sebelumnya yang terdapat pada flashdisk.

Pada umumnya flashdisk saat ini menggunakan format file sistem FAT32 dan NTFS. Selanjutnya Centang Quick format untuk mengubah pola ke dalam format FAT.

- Create bootable disk using
Dan ini adalah bagian yang terpenting. Selanjutnya centang pada pilihan ini untuk menentukan file pada sumber yang akan dimasukkan ke dalam flashdisk bootable Windows.

Pilihlah fitur ISO pada menu pulldown yang terletak pas disebelah kanan, kemudian kita klik pada icon DVD ROM yang letaknya berada disampingnya, seperti terlihat pada  tampilan gambar di bawah ini.

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT


Selanjutnya untuk memilih dan mengambil file ISO yang kita miliki.

- Create extended label and icon files
Berikan tanda centang (V) untuk  menambahkan fitur label dan icon ke dalam flashdisk.

Untuk lebih mudahnya, kita dapat menyamakan pengaturan pembuatan pada flashdisk bootable Windows untuk hardisk GPT, seperti yang terlihat pada tampilan gambar di bawah ini.

Trik dan Tips Membuat Flashdisk Bootable Windows Untuk Harddisk Tipe GPT


Untuk langkah terakhir, kita mengklik pada tombol Start untuk mulai proses membuat flashdisk bootable Windows.

Sekian Informasi itulah mengenai bagaimana step by step membuat flashdisk bootable Windows untuk hardisk tipe GPT. Dengan cara tersebut kita tetap bisa menginstall Windows pada hardisk tipe GPT, tanpa perlu terlebih awal mengkonversinya ke dalam format MBR


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts