Beberapa orang pada saat ini tengah memindahkan pola hidup kebiasaannya dalam mengakses berbagai macam informasi. Namun pada kenyataannya google masih menjadi prioritas utama, namun platform Youtube saat ini pun sudah berubah menjadi mesin pencari (search engine) yang banyak digemari kawula millennial saat ini.

Selain pencarian pada platform Youtube lebih spesifik dan berupa gambar bergerak (screen saver) ataupun video, kehadiran akses internet yang semakin mudah dan efisien juga merubah gaya hidup netizen dalam memakai teknologi. Tidak mengherankan apabila pengakses Youtube di Indonesia lebih mendominasi daripada situs Wikipedia.

Dalam data rangking Alexa, Youtube juga menempati kursi yang strategis sebagai situs populer di Indonesia. Bahkan menurut beberapa sumber di lapangan sudah mengalahkan situs Yahoo,sebuah platform mesin pencari saingan Google. Youtube berada pada posisi keempat dibawah ranking dari Facebook dan Google pada posisi satu dan dua (Google.com dan .co.id).

Ketenaran platform youtube juga mengiringi banyak Youtuber lain lahir di Indonesia.  Mereka memproduksi sejumlah konten video menarik kemudian membuatnya banyak ditonton banyak orang. Income besar pun akan menunggu di depan mata. Sudah banyak sekali yang merasakan hal serupa, salah satunya contohnya adalah Raditya Dika.

Karena posisinya yang sudah setara dengan Google, alhasil Youtube sudah dapat dianalisa dengan baik. Untuk pihak yang betul-betul menjadikan platform Youtube sebagai ladang dalam menghasilkan pundi-pundi uang, maka perlu juga dalam mengetahui kata kunci (keyword)  apa yang paling banyak diminati dan dicari pada platform Youtube.

Apabila tutorial cara mengetahui kata kunci (keyword) yang paling banyak untuk dicari di mesin pencari Google dan pasti sudah banyak sekali dibuat oleh blogger-blogger lain, namun khusus platform Youtube mungkin baru segelintir saja. Sebenarnya, langkah yang ditempuh hampir sama dengan cara-cara mengetahui kata terpopuler di Google.

 Untuk lebih selengkapnya,alangkah baiknya melihat langkah-langkah dibawah ini :

·         Untuk langkah pertama-tama membuka halaman Google.co.id/trends ataupun dapat juga   klik disini.

 

·        Setelah semuanya terbuka, akan muncul halaman seperti berikut ini. Dan pada bagian Explore, terdapat empat pilihan yang telah disediakan. Terdapat Country (pilihlah region Indonesia), ada menu Time (pilih sasaran zona waktu yang akan diteliti), ada menu Category (bisa untuk memilih semuanya atau lebih ke spesifik satu topik ) dan terakhir terdapat Group. Pada Group inilah kita bisa memilih fitur Youtube Search. Pada bagian ini lima hal yang dapat digunakan.



      Dan hasilnya akan muncul dibawah secara lengkap dengan data-data hasil pencarian. Sehingga muncul kumpulan data ritme pencarian serta kata-kata dan macam macam tema apa saja yang paling banyak dicari. Seperti layaknya contoh dibawah ini, untuk kategori Pets & Animals di Indonesia sepanjang tahun 2015. Kata kunci (keyword)  yang paling banyak dicari di Youtube yaitu "Begal". Hasilnya lucu  juga, dikarenakan begal dianggap sebuah binatang.

     

     Baiklah untuk selanjutnya,silahkan bereksperimen sendiri-sendiri sesuai gaya masing-masing. Pada bagian ini ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan dan dijadikan informasi data untuk membuat konten yang lebih menarik tentunya. Dengan mengetahui kata populer pada platform Youtube, kita juga dapat menyusun strategi pengembangan yang lebih mumpuni.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts