Cara Menggunkan platform Google Classroom Tanpa Media Internet

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara detail tentang bagaimana cara memulai menggunakan aplikasi bernama “Google Classroom”. Aplikasi telekonferensi video ini tergolong populer belakangan ini selain Zoom yang dapat digunakan saat kegiatan belajar mengajar kembali bergulir di tahun ajaran baru ini.

Seperti yang telah diketahui, pandemi Covid-19 yang masih merebak menyebabkan sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar belum dapat untuk dilakukan secara tatap muka langsung. "Tergantung dari pihak gurunya, ada yang menggunakan Zoom namun terdapat juga yang menggunakan GCR," tutur Gemilang, pelajar SMP di Tangerang Selatan, yang merujuk GCR sebagai Google Classroom. 

Aplikasi Google Classroom sendiri digunakan karena menawarkan kemampuan lebih untuk dapat sekaligus membantu para guru untuk mengelola tugas-tugas kelas, menilai hasil akhir, serta memberikan saran dan masukan untuk para siswa. Google memberikan panduan atau langkah-langkah untuk memulai menggunakan Classroom dalam Google Blog.

Berikut dibawah ini beberapa detail panduan untuk “Google Classroom” akan kita ulas satu persatu , 

1. Memiliki Akun G Suite for Education

Pengajar(guru) dan para siswa memerlukan akun G Suite for Education untuk dapat menggunakan aplikasi Google Classroom,seorang administrator G Suite harus menyiapkan sebuah akun khusus untuk sekolah apabila diperlukan. Meskipun semua individu yang mempunyai akun Gmail dapat membuat Google Classroom, pengguna diharuskan menggunakan akun G Suite for Education apabila menggunakan Google Classroom untuk keperluan sekolah.


Dengan menggunakan akun G Suite for Education, sekolah dapat memutuskan layanan pada Google apa saja yang dapat dipakai oleh para siswa mereka. Akun G Suite for Education ternyata telah menyediakan fitur perlindungan unggulan berupa privasi dan keamanan (security) tambahan yang cukup penting dalam lingkungan sekolah, disisi lain juga dapat mendapatkan aplikasi Classroom pada perangkat platform Android, iOS, dan Chrome OS.

 

2. Membuat kelas khusus

Google Classroom merupakan ruang belajar tempat bagi para siswa untuk menerima tugas serta membaca pengumuman. Langkahnya cukup sederhana yaitu cukup dengan membuka classroom.google.com untuk memulai sehingga dipastikan para pengguna akan dapat segera menjalankan kelas dalam waktu singkat.


3. Mengundang siswa dan wali ke kelas

Para pengguna harus mengundang para siswa dan wali kelas supaya mereka dapat mendaftarkan diri. pada tahapan ini bisa dilakukan melalui undangan email ataupun kode.


4. Menyiapkan sistem dan kategori nilai

Para pengguna dapat memilih sistem penilaian dari aspek 'Poin Total' atau 'Bobot Nilai Berdasarkan Kategori', serta perhitungan nilainya akan segera dilakukan. Dengan kategori nilai,para pengguna dapat mengklasifikasikan tugas kelas, seperti esai,uraian,pekerjaan rumah, dan ujian.


Jika tidak berkeinginan memakai sistem penilaian, para pengguna dapat memilih 'Tanpa Nilai Keseluruhan' sehingga tidak akan ada hasil akhir dari penilaian. Meskipun tidak menetapkan sistem penilaian,para pengguna masih dapat menggunakan Google Classroom untuk membagikan hasil materi dan berkomunikasi dengan siswa tentunya.

 

5. Membuat tugas berdasarkan topik bahasan

Para pengguna dapat mengupload tugas ke beberapa jumlah kelas sekaligus atau ke masing-masing siswa. Juga dapat memberikan masukan tersendiri untuk tugas, menilai serta mengembalikan tugas, serta menggunakan ulang tugas. Selain itu, para pengguna juga dapat menambahkan pertanyaan pada halaman Classroom sebagai langkah cepat dan mudah untuk absensi harian.


6. Membuat agenda kuis

Dalam platform Google Classroom,para pengguna dapat membuat kuis sesuai kriteria , mengimpor nilai-nilai kuis, serta memberikan nilai akhir ke siswa yang bersangkutan.


7. Membuat Kelas Online live

Dengan adanya fitur kelas online live ini dapat membuat para siswa tetap tertarik serta menumbuhkan rasa saling terlibat dalam kebersamaan melalui telekonferensi video menggunakan aplikasi Google Meet langsung dari platform Google Classroom. Dari sisi pengguna juga dapat menyiapkan jam konsultasi secara digital.


Baca selengkapnya : Cara Mudah Membuat Absensi Online dengan Google Form


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts