Di bulan Juli ini akan terjadi sebuah fenomena langit yang akan terulang terjadi. Yap,fenomena itu bermana Gerhana Bulan Sebagian (Parsial). Peristiwa Gerhana Bulan kali ini merupakan gerhana Bulan kedua yang terjadi disepanjang medio tahun 2019. Gerhana Bulan kali pertama terjadi pada tanggal 21 Januari 2019 dengan kategori gerhana Bulan Total serta fenomena gerhana Bulan kedua dengan jenis gerhana Bulan sebagian terjadi  pada 17 Juli 2019.

Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Terjadi 17 Juli 2019

Gerhana Bulan merupakan fenomena alam yang kerap terjadi setiap tahun. Hampir bisa dipastikan dalam kurun waktu satu tahun setidaknya terjadi dua sampai tiga kali gerhana Bulan. Gerhana Bulan ini terjadi ketika Bulan berada pada suatu fase Purnama dan posisi Bulan di langit berada pada garis Ekliptika. Apabila kita membahas kembali jenis-jenis gerhana Bulan,setidaknya terdapat tiga kategori gerhana Bulan yaitu Gerhana Bulan Penumbra, Gerhana Bulan Sebagian (Parsial) dan Gerhana Bulan Total. Dan ketiga jenis gerhana tersebut telah dibedakan berdasarkan posisi Bulan disaat melintasi wilayah bayangan gelap Bumi yang terdiri atas cakupan wilayah bayangan gelap inti yang disebut dengan istilah Umbra dan wilayah bayangan gelap kabur yang disebut dengan istilah Penumbra. Dikatakan sebagai Gerhana Bulan Total apabila Bulan melintasi sisi bayangan gelap Umbra dan cakram Bulan akan tertutup sepenuhnya oleh bayangan gelap Umbra. Apabila cakram Bulan tidak tertutup sepenuhnya atau hanya menyisakan sisa permukaan Bulan yang masih tersinari oleh cahaya Matahari maka gerhana Bulan model seperti ini disebut sebagai Gerhana Bulan Sebagian atau sebutan lainnya Gerhana Bulan Parsial. Namun apabila Bulan sama sekali tidak melintasi zona wilayah bayangan gelap Umbra dan hanya berada pada zona bayangan gelap Penumbra maka gerhana yang terjadi saat itu disebut sebagai Gerhana Bulan Penumbra     .

Gerhana Bulan Sebagian terjadi pada 17 Juli 2019 akan memulai fase babak awal gerhana Bulan Penumbra (P1) pada pukul 01:43:53 WIB. Dan pada fase ini bulan seolah tidak memiliki perubahan kadar intensitas cahaya dan tampak seperti layaknya Bulan purnama biasa namun apabila kita akan memotret menggunakan teleskop maka perubahan kadar intensitas cahaya tersebut akan terlihat sangat jelas. Menjelang pukul 03:01:43 WIB, Bulan akan memasuki tahap fase awal gerhana Bulan Sebagian. Pada fase awal gerhana Bulan sebagian, terlihat permukaan Bulan akan mulai tampak menghitam sebagai efek dari masuknya cakram pada Bulan di wilayah bayangan gelap inti ataupun Umbra. Sehingga kedua fase tersebut dapat diamati pada seluruh wilayah kepulauan Indonesia mulai dari Wilayah Indonesia bagian Timur (WIT) hingga Bagian Barat. Dan memasuki tahapan puncak Gerhana Bulan pada pukul 04:31:54 WIB, Wilayah Indonesia bagian Barat serta bagian Tengah dapat menyaksikan langsung fase Puncak Gerhana secara jelas. Namun sayangnya akan hal itu, pada wilayah Indonesia bagian timur tidak dapat menyaksikan fase puncak gerhana Bulan tentunya. Hal ini disebabkan oleh letak posisi bulan yang telah terbenam terlebih dahulu sebelum fase puncak gerhana Bulan terjadi di ufuk barat. Menjelang tahapan pada fase akhir gerhana Bulan Sebagian atau U4 terjadi pada pukul 05:59:39 WIB, wilayah di Indonesia yang dapat mengamati proses fase ini hanyalah pada bagian wilayah Indonesia bagian barat dan pada wilayah Indonesia bagian Tengah tidak dapat mengamati.

Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Terjadi 17 Juli 2019

Mengamati Gerhana Bulan Sebagian tidak mempunyai efek bahaya. Intensitas cahaya bulan yang sangat redup justru sangat aman diamati dengan posisi mata telanjang. Untuk mengamati fenomena Gerhana Bulan Sebagian, sebaiknya mengambil lokasi pengamatan yang tidak memiliki penghalang objek di belahan langit barat seperti dilapangan atau di rooftop. Yang faktor paling penting untuk menghindari keberadaan obyek seperti bangunan atau pohon besar yang akan menghalangi titik fokus kita dalam melihat belahan langit bagian barat. Kemudian amatilah bulan pada tanggal 17 Juli 2019 pagi dini hari mulai pukul 00.00 WIB agar kita mengetahui posisi bulan di langit yang cerah. Tunggulah momen beberapa saat sembari menunggu dan Gerhana Bulan akan memulai pertunjukannya pada pukul 01:43:53 WIB hingga waktu Matahari akan terbit.



0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts