3 Langkah tahapan dalam memulai Bisnis Digital Marketing

Apa platform yang cocok untuk seorang yang baru belajar bisnis digital?

Disini saya penulis pada kesempatan kali ini untuk mencoba bantu dalam menjawabnya.

Apabila yang dimaksud dalam pertanyaan ini merupakan "Darimana sebaiknya memulai aktivitas bisnis Digital Marketing? maka rekomendasi untuk proses kedepan dari sisi penulis sangat menyarankan untuk memulai langkah awal dari platform Blog maupun Website. Mengapa ? karena menulis yakni bagian paling esensial dalam melakukan penjualan online, baik yang akan bermuara pada Penjualan produk, Penawaran jasa ataupun murni branding.

Perlu untuk dipahami untuk proses belajar Digital Marketing itu ada pembagiannya tiap segmentasinya (jawaban ini bersumber dari story di Medium )

Ada 3 tahap-tahap dalam berbisnis digital diantaranya sebagai berikut :

1.    Acquisition, strategi untuk menarik calon customer baru

2.    Retention membuat user yang sudah ditarik masuk ke dalam channel kita untuk mendapatkan informasi produk kita secara rutin dan continue

3.    Conversion, melakukan serangkaian teknik penjualan dalam suatu proses bisnis.

 

Setiap tahapan memiliki skillset nya sendiri, Sebutan dalam di dunia koding disebut dengan istilah stack.

Pada lingkup Acquisition, kita perlu belajar aspek-aspek diantaranya :

·         Search Engine Optimization

·         Search Engine Marketing

·         Advertising

·         Social Media

·         Affiliate Marketing

·         Influencer Marketing

·         Viral Marketing

·         Publicity

·         Communities

·         Other Platforms

Pada tahapan Retention, kita perlu belajar aspek-aspek diantaranya :

·         Email Marketing

·         Social Media

·         Community Building

·         Notifications

·         Retargeting

Pada tahapan Conversion, kita perlu belajar aspek-aspek diantaranya :

·         Copywriting

·         Landing Page Design

·         Sales

·         Email Marketing

·         Retargeting

 

Sebagai langkah pijakan pertama , jangan pernah untuk memulai dengan tujuan akan menguasai semuanya secara bersamaan kita cukup untuk memilih salah satu tahapan terlebih dahulu, dan menjadi expert di tahap tersebut. Apabila kita merasa lebih suka dalam bidang komunikasi secara digital sebaiknya mengambil stack Retention, apabila kita cenderung effort dengan data dan metrik , belajar di bidang Acquisition, apabila kita cenderung berminat berjualan sebaiknya mempelajari materi di bidang Conversion.

Mengapa hal-hal demikian sangat penting? dikarenakan setiap segmen pada tahapan ini ternyata menunjukkan reward of accomplishmentnya yang berbeda-beda, sekilas informasi pada tahap Acquisition dengan melihat meningkatnya jumlah trafik atau juga semakin efisiennya penggunaan dana (budget) untuk hal promosi sudah merupakan sebuah pencapaian keberhasilan yang gemilang, sedangkan pada tahap retention melihat interaksi timbal balik dalam channel yang dibangun sudah merupakan keberhasilan sedangkan di tahap Conversion keberhasilan hanya dapat diukur dari banyaknya kuantitas penjualan.

Apabil kita memaksa fokus langsung pada lingkup ke ketiganya, alhasil kita bakal lebih cepat mengalami burnout  dikarenakan kita tidak kunjung merasakan hasil yang didapat dari kita belajar selama ini.

Untuk selanjutnya, lantas penerapan metode langkah belajar terbaik bagaimana?

1.    Memilih jenis bidang apa yang ingin untuk didalami (Acquisition, Retention ataupun Conversion)

2.    Memulai dari platform dari Blog / Website. Sebenarnya pada platform ini sebagai suatu Sandbox untuk kita berkembang, tempat kita menguji segala ilmu yang telah didapat, setelah itu lanjutkan ke platform sosial media

3.    Memperbaharui secara rutin membuat konten, alangkah baiknya jangan pernah untuk memulai dari membuat konten yang berfokus pada penjualan saja, sebaiknya buatlah yang menurut kita penting, dan orang lain perlu untuk mengetahuinya.

4.    Apabila sudah dapat membuat konten pada satu platform, sebaiknya cobalah merambah ke platform lain, bisa saja ke sosial media lainnya ataupun platform penulisan lainnya.

5.   Mempelajari teknologi Ads, namun terlebih dahulu fokus entah pada Facebook  ataupun Google memilih salah satunya

6.    Dan yang terakhir mencoba, gagal, coba lagi, gagal, coba, coba, coba, rugi, coba, coba, Berhasiluntuk kemudian mencoba lagi dan gagal, lalu coba lagi. Namanya juga dalam menjalankan proses bisnis wajib dalam menerima kesalahan ataupun kegagalan adalah suatu hal yang sangat wajar.


Baca selengkapnya : Cara Agar Angel Investor Mendanai StartUp


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts