5 Langkah Solusi Mengatasi Masalah Start Menu pada Windows 10

Saat menghidupkan PC bersistem operasi Windows 10 kita , satu hal yang mungkin langsung menjadi perhatian kita adalah fitur Start Menu pada sistem operasi ini. Hal ini dikarenakan hampir semua aktivitas kita dimulai dari bagian ini. Dan sayangnya,masih ditemukan kasus dimana para pengguna sama sekali tidak dapat membuka Start Menu pada PC OS Windows 10. Pada kebanyakan kasus tersebut, Start Menu tidak dapat terbuka ketika para pengguna menekan tombol Start ataupun menekan tombol yang berupa logo symbol pada Windows. Apabila Start menu tidak dapat dibuka saja setelah beberapa kali eksekusi dicoba, maka alangkah baiknya untuk mencoba metode-metode penjelasan di bawah ini.

Metode 1

Mereboot PC kita ataupun merestart Windows Explorer untuk memperbaiki menu Start

Apakah kasus ini merupakan yang kali pertama kita mengalami masalah ini? Apabila betul, silahkan mencoba restart PC yang kita miliki sebelum mencoba ke metode lainnya. Namun terkadang,merestart PC ataupun Explorer.exe (Windows Explorer) dapat menyelesaikan masalah kasus ini. Berikut ini cara-cara untuk merestart Windows Explorer:

Langkah 1: Menggunakan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka fitur Task Manager.

Langkah 2: Mengklik More Details untuk melihat versi lengkap pada Task Manager.

Langkah 3: Dan dibawah tab Processes, mencari entri Windows Explorer, mengklik kanan pada entri tersebut, kemudian mengklik option Restart.

Metode 2

Menjalankan troubleshooter pada Start Menu

Microsoft sebenarnya sudah memberikan fitur khusus troubleshooter pada Start Menu Windows 10 yang memungkinkan kita untuk memperbaiki sebagian troubleshooting masalah yang seringkali terjadi pada menu Start. Untuk mendapatkan peranti lunak ini, silahkan kunjungi halaman ini.

Metode 3

Menggunakan perintah command PowerShell untuk memperbaiki Start Menu

Langkah 1: Menjalankan PowerShell sebagai administrator (run as administrator). Berhubung pada Start Menu nya tidak berfungsi secara semestinya, selanjutnya membuka drive Windows 10 kita, kemudian masuklah ke dalam direktori/folder berikut ini:

Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0

 

Langkah 2: Mencari dan menemukan file powershell.exe, dengan cara klik kanan pada file tersebut kemudian klik/pilih opsi Run as administrator. Klik/pilih Yes apabila muncul kotak dialog (massage box) pada User Account Control.

Langkah 3: Pada layar PowerShell,selanjutnya melakukan copy dan paste pada command dibawah ini, kemudian menekan Enter.

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}

 

Proses demikian akan sedikit memakan waktu.

Langkah 4: Setelah semuanya sudah selesai, selanjutnya mengklik pada tombol Start ataupun menekan tombol logo Windows untuk membuka Start Menu.

Metode 4

Membuat dan meregister akun user baru

Apabila metode-metode yang dijabarkan diatas tidak dapat mengatasi masalah kita, cobalah untuk membuat akun user baru kemudian menggunakan akun pengguna baru tersebut untuk proses login, bukan akun yang saat ini yang kita gunakan. Pada beberapa kasus yang sering terjadi, Start Menu akan berfungsi seperti biasanya pada akun user baru yang telah dibuat sebelumnya. Apabila telah berhasil, kita kemudian dapat memilih untuk menghapus akun user yang lama atau menyimpannya.

Metode 5

Mereset dan Menginstall Ulang Operating System Windows 10 

Kita masih belum dapat menyelesaikan masalah tersebut ? Maka metode terakhir yang dapat kita coba adalah dengan mereset ulang OS Windows 10, namun tetap menyimpan data-data kita. Kita dapat memilih antara menghapus semua jenis data ataupun mereset sistem operasi tanpa menghapus data pribadi kita.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts