Pada saat ini sudah banyak orang yang menggunakan perangkat smartphone sebagai media pembantu kinerja mereka dalam keseharian.  Dengan memakai smartphone aktivitas utama harian mereka menjadi terbantu, Namun terkadang si pengguna mengabaikan bahwa perangkat smartphone juga memerlukan perawatan (maintenance).

Para user tidak mengetahui bahwa cara merawat smartphone Android itu sangat penting agar smartphone tahan awet dan tidak mudah mengalami kerusakan. Cara merawat smartphone supaya tidak lemot (lag) sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit dalam eksekusinya. Hanya saja si pengguna terkadang malas enggan untuk melakukannya.

Cara Merawat Smartphone Android Agar Tidak Lemot (Lambat)

Pada deskripsi berikut ini merupakan trik merawat smartphone supaya awet serta tahan lama dan tidak berkinerja lemot, dengan tips dan trik ini smartphone kita akan tetap terjaga kualitasnya sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

1. Menggunakan Screen Protector pada Layar Smartphone

Untuk menjaga durability pada smartphone kita, maka kita perlu menggunakan accecories bernama Tempered Glass atau pelindung layar sehingga apabila terjadi luka goresan, ataupun tertindih hingga mengalami  proses jatuh maka layar utama kita akan tetap aman.

Bisa dipastikan yang mengalami kerusakan dipastikan Screen Protector yang terinstall pada smartphone kita, untuk kita yang suka bergonta-ganti ada baiknya menggunakan pelindung layar pada smartphone untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .

2. Menggunakan Casing untuk Melindungi Struktur Rangka pada Smartphone

Struktur rangka merupakan bagian paling riskan dalam sebuah smartphone, maka dari itu kita selayaknya melindungi bagian ini dengan media casing sehingga apabila terjadi hal-hal diluar prediksi struktur rangka pada smartphone kita tetap aman.

Kita dapat menggunakan aksesoris berupa hardcase maupun softcase untuk melindungi struktur rangka pada smartphone, inilah salah satu alternatif pencegahan supaya smartphone tetap awet dan mulus seperti disaat membeli barang baru.

3. Jangan Bermain Game Apabila sedang Merecharge Daya Baterai

Ketika kita melakukan charger daya, jangan pernah seskali menggunakan smartphone kita untuk mengeksekusi game ataupun mengoperasikan aplikasi kinerja berat seperti editor video/foto karena hal demikian dapat membuat baterai lekas rusak karena beban daya yang tidak sesuai pada outputnya.

Jadi kesimpulannya untuk kita yang berkeinginan perangkat smartphonenya awet dan serta tahan lama maka sebaiknya kita berhenti bermain game apabila sedang proses mengisi daya pada baterai.

4. Menghapus Widget yang tidak Berfungsi

Untuk selanjutnya cara untuk merawat smartphone android supaya tidak lekas lambat yaitu dengan menghapus keberadaan widget yang tidak berfungsi primer pada smartphone. Dengan menghapus keberadaan widget ini maka beban kinerja sistem pada smartphone akan berkurang sehingga smartphone tidak mengalami kinerja lambat.

5. Mengontrol fungsi  pada setiap aplikasi

Selain menghapus keberadaan widget pada smartphone, tips dan trik dalam merawat smartphone supaya tidak lambat juga dapat kita lakukan dengan mengontrol konten aplikasi yang sudah berada didalam smartphone yang kita miliki.

Kemudian memastikan juga kita untuk selalu mengupdate aplikasi tersebut secara berkala pada Playstore dan menghapus aplikasi yang sudah jarang digunakan/tidak berguna sehingga pada space disk memori penyimpanan kita bisa lebih kosong dan komponen CPU RAM juga tidak terlalu terbebani performanya karena rata-rata aplikasi saat ini berjalan otomatis dilatar belakang (run in background).

Kesimpulan

Kita telah membaca sekelumit materi tentang cara merawat smartphone baru supaya tidak lambat, dengan melakukan tips dan trik perawatan pada smartphone android ini maka bisa dipastikan smartphone kita dapat menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts