Perbedaan pada kelebihan dan kekurangan PC pada Console (versi saya)

Kekurangan dan Kelebihan PC dengan Konsol (versi saya)

Console dan PC, tentunya tidak asing lagi untuk kalangan para Gamer dengan kata ini. Dipastikan pada kedua platform tersebut tentunya memiliki sisi kekurangan dan kelebihan sendiri. Apa saja aspek kelebihan dan kekurangannya tersebut ? Mari kita mengulas lebih lanjut dalam versi saya.

Kelebihan dan kekurangan platform PC:

Kelebihan paltform PC (menurut versi saya, yang telah saya rasakan secara langsung setelah sekian lama menggunakan PC): 

1.Platform PC sendiri sangat multifungsi dapat digunakan untuk bermain game, bekerja ataupun juga belajar. Untuk saya sendiri menggunakan PC untuk media belajar dan bermain game, namun sekarang saya sudah pensiun dalam bermain game , dikarenakan saya ingin fokus pada pendidikan untuk mengejar cita-cita. Dan saya tertarik untuk membeli PC, dikarenakan 3 alasan sebelumnya (dapat digunakan untuk belajar, bekerja, serta bermain game).

2.Platform PC dapat lebih unggul daripada console (menurut opini saya. Mohon untuk tidak tersinggung untuk para pecinta konsol, karena ini berdasarkan argumen “menurut saya”, saya tidak bermaksud untuk menyinggung kalian untuk di kalangan para pecinta konsol). Kenapa saya mengatakan PC lebih unggul dibandingkan konsol? Karena PC dapat diupgrade dan dimodifikasi perangkat hardware, misalnya komponen RAM, prosesor, VGA, penyimpanan (HDD atau SSD) dan lain-lain. Pada sisi lain tentunya konsol tidak dapat diupgrade seperti layaknya platform PC.

3. Apabila terdapat kekurangan mohon untuk ditambahkan pada kolom komentar (yang para pembaca rasakan setelah menggunakan PC)

Kekurangan platform PC (menurut versi saya, yang telah saya rasakan setelah sekian lama menggunakan PC):

1. Apabila mengalami pemadaman arus listrik, pada platform PC tidak dapat lagi digunakan, karena PC membutuhkan supply listrik agar tetap menyala (on). Apalagi disaat waktu asyiknya dalam bermain game ataupun sedang belajar, tapi ternyata malah terjadi mati pemadaman arus listrik , apabila sudah pemadaman arus listrik maka kita harus menunggu lampu untuk menyala untuk mengoperasionalkan PC, terkadang pemadaman arus listrik sangat lama dan juga sangat menganggu apabila kita sangat membutuhkan kinerja PC.

2. Jangan merakit sebuah PC, apabila masih awam. Pada saat baru mengenal dunia PC, saya sarankan jangan terlebih dahulu untuk mencoba-coba merakit PC, andaikata bisa kita membeli langsung PC yang telah menjadi utuh, sebaiknya perhatikan juga kualitas pada PC tersebut. Mengapa saya menyarankan untuk tidak segera merakit PC? Karena saya waktu dahulu pernah mencoba merakit PC dan letak-letaknya lumayan berantakkan, dan saya pada waktu itu baru saja mengenal PC. Karena saya tidak dapat merakit PC, saya meminta bantuan kepada teman saya yang sudah memiliki PC dan juga berkompeten dalam merakit PC. Saya menyarankan sebelum kita merakit keseluruhan komponen peripheral pada PC ataupun membeli PC, kita harus mengenali spesifikasi hardware, komponen-komponennya dan lain-lain,sehingga agar tidak kebingungan di waktu nanti ketika akan  membeli PC ataupun merakit PC.

3. Harus menyediakan budget untuk mengupgrade PC. Tentunya dalam  mengupgrade PC tidaklah gratis, apalagi jika berkeinginan mengupgrade PC dalam skala besar-besaran, seperti akan mengganti VGA, prosesor, RAM,SSD, HDD dan lain-lain harus memiliki budget yang banyak untuk spending anggaran. Apalagi jika spesfikasi PC kita sudah ketinggalan jaman, mesti harus mengupgrade komponen-komponen secara overall.

4. PC tidak dapat memainkan game eksklusif seperti layaknya console, contoh misalnya game eksklusif PlayStation4 . Playstation 4 memiliki game eksklusif yang tidak dapat dimainkan di platform PC, contohnya seperti game The Last Of Us Part II.Terdapat juga game yang sudah eksklusif seperti PlayStation 4 yang akan dirilis di PC, yaitu bernama Death Stranding.

5. Anggaran pengeluaran untuk PC tentu saja dapat menguras dompet sampai kosong.

6. Apabila terdapat kekurangan para pembaca dapat menambahkannya pada kolom komentar, sesuai yang para pembaca rasakan setelah sekian lama menggunakan platform PC

Untuk selanjutnya , kita sekarang akan membahas kekurangan dan kelebihan konsol.


Kelebihan platform konsol (versi saya, setelah saya sekian lama menggunakan konsol):

 

1. Harga platform konsol tergolong relatif murah dibandingkan dengan PC. Untuk,bagi kita yang tidak cukup budget untuk membeli PC yang kelas high end, kita dapat membeli konsol yang tergolong harga murah. Untuk harga konsol PlayStation 4 sendiri cukup beraneka ragam, dengan kisaran uang 6 juta kita sudah dapat membeli paket konsol Playstation 4 yang  memiliki peralatan yang lengkap dengan controller dan lain-lain, tidak seperti pada platform PC yang harus membeli peripheral monitor, keyboard, mouse dan lain-lain yang dijual secara terpisah. Tapi perlu untuk diingat juga ya, membeli game PlayStation 4 tidaklah gratis, sebaiknya harus menyediakan budget yang banyak.

2. Bermain game pada Konsol hampir tidak pernah merasakan noise patah-patah (lag). Pada hal tersebut, inilah yang saya gemari dari konsol, tanpa harus mengupgrade, konsol dapat melibas semua kategori game (jenis game yang disediakan untuk konsol tersebut) tanpa harus merasakan noise patah-patah.

3. Menggunakan platform konsol tergolong relative mudah. Kita hanya tinggal menyalakan, memasukkan DVD untuk yang bermain menggunakan DVD, kemudian mainkan game tersebut.

4. Pada console tidak wajib memerlukan jaringan WI-FI dalam bermain game. Apabila kita yang berminat dalam membeli DVD game konsol tidak memerlukan koneksi jaringan WI-FI, kecuali  bilamana kita yang berkeinginan membeli game secara digital ataupun untuk kita yang berkeinginan bermain online bersama teman.

5. Dalam bermain konsol bebas dalam posisi apapun. Untuk kita yang bermain game pada konsol pastinya akan merasa bebas dengan posisi apapun, seperti dalam posisi duduk, rebahan, tiarap dan lain sebagainya.

6. Untuk segi permasalahan teknis. Saya hampir tidak pernah menemukan permasalahan teknis pada platform konsol, sedangkan pada platform PC saya pernah merasakan masalah teknis misalnya, seperti keadaan freeze secara tiba-tiba, atau bisa juga game mengalami force close.

7. Minim adanya gangguan cheater. Inilah yang saya senangi, yaitu minim adanya gangguan cheater. Pada saat saya bermain game pada platform PC saya sering sekali bertemu dengan para cheater di pihak lawan/musuh, namun tak jarang juga bertemu cheater di pihak rekan yang sama. Adanya gangguan cheater tentu sangat tidak membuat gameplay tidak menjadi nyaman, apalagi jika para cheater tersebut menggunakan cheat yang sangat menyebalkan,bisa dipastikan harus ditunda terlebih dahulu kemenangan kita. Pada saat bermain di konsol saya hampir tidak pernah bertemu dengan gangguan cheater dan saya sangat menikmatinya.

8. Apabila terdapat kekurangan, para pembaca dapat menambahkan pada komentar sesuai yang para pembaca rasakan setelah sekian lama menggunakan konsol.

Kekurangan platform konsol (versi saya, setelah menggunakan konsol sekian lama):

1. Varian game pada konsol tergolong relatif mahal. Game konsol sendiri harganya sangat beranekaragam, dimulai dari kisaran 200.000 sampai harga 500.000 bahkan lebih.

2. Pada sisi desain grafisnya bisa dibilang tidak sebaik dengan platform PC. Tidak seperti di platform PC yang membebaskan para penggunanya untuk mengatur konfigurasi grafis sesuai keinginannya, sedangkan pada konsol harus mengakui mutlak dari sisi grafis yang telah ditentukan.

3. Tidak semua kategori game dapat dimainkan pada platform konsol.

4. Apabila terdapat kekurangan mohon untuk ditambahkan sesuai pengalaman para pembaca dalam menggunakan konsol.

Para pembaca tertarik untuk memilih platform yang mana? PC ataukah Konsol? Jika para pembaca memilih salah satu, pilihlah sesuai kebutuhan masing-masing ?


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts