Kelebihan dan Kekurangan Cashless

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, banyak sekali pihak-pihak yang berlomba-lomba supaya dapat menciptakan teknologi terbaru yang dapat menunjang kualitas kehidupan. Maka dari itu sudah bukan menjadi sebuah hal yang mengejutkan apabila perkembangan teknologi akan semakin pesat dan cepat setiap waktunya.

Contoh salah satu jenis teknologi terbaru yang berada di sektor keuangan pada masa kini dan sering dimanfaatkan yaitu metode pembayaran dengan sistem cashless. Kemudian apa itu sistem cashless? Secara gambaran umum cashless yaitu sebuah cara untuk bertransaksi ataupun sebuah proses pembayaran tanpa harus menggunakan perantara uang fisik.

Proses pembayaran pada tahapan saat ini dilakukan dengan menggunakan semacam alat disebutnya dengan electronic money, sehingga dengan metode seperti itu masyarakat akan lebih mudah dan efisien dalam melakukan pembayaran ataupun melakukan sebuah transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun berada.

Pengertian dan definisi Cashless

Cashless berasal dari istilah yang secara harfiah berarti tidak ataupun tanpa menggunakan transaksi berupa uang tunai. Pada saat ini sistem cashless mengacu pada penggunaan transaksi pembayaran yang berbentuk pembayaran mode digital. Hal ini berlaku untuk berbagai jenis pembayaran dan transaksi yang dilakukan real time oleh setiap individu.

Manfaat dan fungsi Cashless

Mengacu pada definisi apa itu pengertian sistem cashless meskipun belum begitu maksimal dan merata, ternyata aktivitas penggunaan sistem cashless sendiri sudah meningkat pesat di kalangan masyarakat di era 4.0.Tentunya hal demikian sedikit banyak memberikan manfaat banyak untuk para pelaku maupun untuk negara. Berikut dibawa ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1.    Bagi Individu

      Manfaat cashless untuk individu yang bisa didapatkan secara langsung adalah karena pada inti sistem ini sangat nyaman untuk digunakan serta praktis dan fleksibel untuk semua kalangan. Sehingga kita tidak perlu lagi direpotkan dengan membawa sejumlah banyak uang tunai sehingga dapat di miminimalisir risiko yang akan terjadi.

Bahkan apabila kita melakukan transaksi payment di negara lain, kita juga tidak perlu lagi membawa uang tunai karena sebagian besar transaksi di negara lain juga sudah menganut sistem serupa berupa pembayaran tanpa menggunakan uang tunai ini.

Dan bukan hanya persoalan itu saja, dengan menggunakan sistem cashless kita juga dapat melihat riwayat transaksi yang kita lakukan. Mengecek riwayat pengeluaran(spending) yang kita gunakan dengan mudah, serta dapat memanjemen anggaran dengan cerdas dan cermat.

2.    Bagi Negara

     Bukan hanya di kalangan individu saja yang diuntungkan oleh adanya sistem cashless karena negara pun ikut terkena dampak keuntungannya. Hal demikian berakibat pada koleksi pajak negara  yang akan meningkat secara signifikan.

Dan oleh karena itu,nilai dari pendapatan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan infrastruktur pembangunan untuk masyarakat umum, mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan pendapatan negara.

 

Faktor Pemicu Terciptanya Cashless

Mengulas tentang pengertian apa itu “cashless”  selain dilatarbelakangi alasan biaya penerbitan, perawatan dan distribusi ternyata terdapat beberapa faktor lain yang menjadi pemicu terciptanya gagasan/model mengenai cashless diantaranya:

1.    Menilik dampaknya akan banyaknya potensi praktek kecurangan serta kejahatan yang semakin marak. Adanya tindakan kejahatan tersebut bisa diakibatkan oleh adanya uang fisik sehingga dapat menimbulkan masalah baru seperti beredarnya uang palsu


2.    Kesadaran apabila dalam masyarakat tidak bergantung akan keberadaan uang fisik, dan hal ini justru akan mempermudah tugas pemerintah dalam memanajemen serta mengawasi proses transaksi-transaksi dari setiap kegiatan ekonomi. Laporan data transaksi dan perdagangan ekonomi dapat diakses dengan menggunakan laporan-laporan elektronik.


3.    Aktivitas transaksi dengan menggunakan sistem cashless tidak melibatkan perpindahan nominal uang secara fisik, sehingga hal demikian akan mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi serta kolusi di antara pihak-pihak yang melakukan proses transaksi. Terutama aktivitas transaksi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Kekurangan Cashless

Dengan melakukan metode transaksi pembayaran cashless ternyata terdapat celah juga dari sisi kekurangan. Berkeinginan untuk mengetahui tentang kekurangan dari cashless? Berikut ,simak beberapa penjelasan dibawah ini:

1.    Menjadikan individu lebih bersifat konsumtif
Seperti yang sudah di paparkan pada bagian sebelumnya apa itu sistem cashless yaitu sebuah transaksi tanpa melibatkan uang tunai, hal demikian juga akan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku konsumtif manusia. Contohnya misalnya ketika banyak sekali sebuah penawaran promo yang menarik maka akan menyebabkan kita mudah tergiur untuk mengeksekusinya. Hal demikian tentu sangat berakibat  terhadap pengeluaran budget yang semakin tidak terkontrol.

2.    Rentan terjadinya kasus Cyber Crime
Dengan memiliki uang dalam bentuk elektronik tentu akan memudahkan dalam segala bentuk transaksi pembayaran yang akan kita lakukan. Namun perlu kita ketahui ternyata model uang elektronik akan rentan sekali terhadap aksi kejahatan cyber crime?

Hal tersebut diatas yang menjadikan salah satu bentuk kekurangan dari sistem transaksi model cashless. Sebagai saran, kita diperlukan untuk membuat password serta mengganti kombinasi secara berkala agar tidak mudah tersadap ke pihak lain. Dan lagi, kita juga harus selalu berhati-hati dalam menyimpan asset uang elektronik kita.

3.    Cenderung bersifat boros
Walaupun pada realitanya tidak memegang uang karena memang uang tersebut berwujud sistem elektronik, sehingga hal tersebut yang akan memicu kecenderungan seseorang ingin berbelanja secara rutin. Karena yang dirasakan tidak mengeluarkan sejumlah uang sama sekali, membuat hasrat pikiran kita melayang dan terus menerus membeli sejumlah barang yang belum tentu dibutuhkan secara primer. Bahkan dilain sisi bisa saja barang yang kita beli bukan termasuk barang yang kita butuhkan. Pada akhirnya kemudian kita akan sadar apabila anggaran pengeluaran sudah dalam tahapan pembengkakan.

4.    Terbatas
Meskipun sangat mempermudah dalam proses suatu transaksi, namun masih sedikit sekali vendor yang melakukan kerjasama(partner) dengan para penyedia jasa sistem cashless ini. Oleh karenanya, hal demikian akan membuat para penggunanya akan merasa kesulitan dalam menemukan lokasi yang dapat melakukan pembayaran dengan sistem cashless. Karena pada hakekatnya tidak semua lokasi menawarkan fasilitas sistem pembayaran melalui media uang elektronik ini.

 

Kelebihan Cashless

Walaupun baru muncul beberapa tahun belakangan ini dan masih banyak sekali orang yang awam mengenai pengertian secara luas apa itu cashless namun nyatanya sudah banyak benefit yang bisa kita dapatkan dengan menggunakannya seperti:

1.    Menjadi lebih praktis dan efisien
Kelebihan pada point pertama yang dimiliki dari trend cashless saat ini adalah kita akan lebih memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran karena site mini lebih praktis dan aman. Sehigga kita juga tidak harus repot-repot dalam membawa sejumlah uang yang berada di dalam dompet yang rawan sekali akan resiko tindakan pencurian.

2.    Tidak Memerlukan Uang Kembali
Dalam memanajemen kembali disaat kita berbelanja dengan menggunakan media uang tunai terkadang memang terasa sangat sulit. Dikarenakan bukan pecahan selembar uang seribu saja yang akan kita dapatkan namun terkadang lain hal juga berupa uang koin.Sehingga, dengan menggunakan sistem payment cashless kita tidak perlu khawatir dengan segala bentuk macam transaksi kembalian, karena disini kita hanya perlu membayar sesuai dengan nominal harga yang tercantum pada daftar harga.

3.    Banyak bermunculan program promo
Keuntungan yang paling menarik dari transaksi berbelanja menggunakan cashless adalah kita dapat menikmati berbagai macam promo pada saat waktu tertentu.Dan ternyata bukan hanya terjadi diskon pada makanan saja, namun dilain sisi kita juga dapat berbelanja dengan mendapatkan total harga yang lebih murah. Akan tetapi yang perlu diingat,kita jangan terlalu terpancing dengan berbagai penawaran promo dikhawatirkan akan menimbulkan perilaku yang konsumtif. Alangkah baiknya menggunakan promo secukupnya saja.

4.    Lebih mudah dan efisien dalam mengatur pengeluaran
Memang sudah menjadi hal wajar apabila kita sering kebingungan dengan alokasi pengeluaran uang yang kita miliki. Ketika menggunakan transaksi cashless hal serupa sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi kedepannya. Hal ini dikarenakan pada sistem cashless dapat mengontrol trafik semua pengeluaran. Setiap proses transaksi apapun akan terekam dengan benar dan lengkap pada sistem ini. sehingga kita bisa lebih mudah dan praktis dalam mengatur keuangan harian.

5.    Lebih nyaman dan praktis
Transaksi cashless akan membuat setiap transaksi yang kita lakukan terasa jauh lebih nyaman dan praktis. Karena pada kenyataannya kita tidak perlu mengeluarkan budget untuk keperluan membayar sehingga kita cukup mengeluarkan uang elektronik saja.

6.    Terhindar dari proses pencurian
Disaat kita menyimpan sejumlah uang dalam jumlah yang banyak di dalam tas maupun dompet, tentunya akan menimbulkan rasa kekhawatiran akan tindakan kejahatan yang terjadi diluar sana. Hal tersebut berbeda jelas dengan penggunaan media uang elektronik. Kita dapat menyimpannya didalam dompet apabila berbentuk kartu dan menyimpan padasmarthone apabila berwujud sebuah aplikasi. Meskipun smartphone dan kartu kita dapat diambil alih, namun pada kenyataannya tetap tidak bisa digunakan karena kita sudah menerapkan sistem keamanan berupa password. Sehingga kita hanya mengatur ulang dan budget kita akan tetap dalam kondisi aman dan terkendali.

 

Sehingga setelah mengetahui apa itu transaksi sistem cashless bagaimana pendapat para pembaca sekarang? Lantas apakah masih akan bertahan dengan model uang tunai ataukah berkeinginan berpindah ke sistem model uang elektronik(e-money)? Semua pilihan berada di tangan kita masing-masing.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts