Password pada Laptop

Cara Membuat Password Pada Laptop dengan Mudah - Membuat data password untuk perangkat Laptop bukanlah hal yang begitu sulit. Adanya fitur yang bahkan sudah ada sejak zaman era awal, pada OS Windows versi lama. Sebagai gambaran saja setidaknya pada tahun 2002.Ternyata sudah dalam kurun wkatu  yang lama juga kan ?Dan pada saat ini versi OS Windows yang paling banyak dipakai pada Laptop itu terdapat tiga kategori yaitu Windows 7, Windows 8, serta Windows 10.

Dilihat secara tampilan (user interface) ketiganya mempunyai kesamaan yang tidak jauh beda. Begitu juga mengenai langkah-langkah untuk memberikan suatu password pada laptop. Untuk kita yang belum mengetahui, mari kita bahas langkah-langkahnya  dibawah ini :

  1. Membuka fitur Control Panel
  2. Klik/pilih menu User Account
  3. Klik/pilih lagi menu User Account
  4. Klik/pilih Manage Another Account
  5. Pilih akun Windows yang akan kita beri password
  6. Klik/pilih Create Password
  7. Memberikan password kemudian klik/pilih tombol Create Password apabila sudah selesai

Untuk penjelasan lengkapnya, sebaiknya untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1 : Membuka terlebih dahulu Control Panel. Dengan cara mengklik Start → Control Panel ataupun klik Ctrl + R → Ketik Control Panel → Kemudian OK.



Langkah 2 : Setelah Control Panel sudah dalam posisi terbuka → Silakan masuk ke dalam menu User Account.



Langkah 3 : Kemudian kita klik/pilih lagi menu User Account



Langkah 4 : Pada tahapan ini kita akan melihat menu pada pengaturan user. Klik/pilih Manage Another Account



Langkah 5 : Kemudian klik/pilih akun Windows yang akan digunakan (Kebetulan pada tahap ini saya hanya memakai satu)


Langkah 6 : Klik/pilih tombol Create Password untuk memulai membuat sebuah password



Langkah 7 : Membuat dan mengetikkan password yang kita inginkan → Kemudian klik.pilih tombol Create Password


Apabila sudah selesai, maka data password secara otomatis akan masuk ke dalam sistem Laptop. Untuk mengeceknya cukup mudah, yaitu dengan merestart terlebih dahulu perangkat Laptop kemudian melihat pada menu bagian startup.

Untuk selanjutnya, ada beberapa tips dan trik yang tidak dapat terlewatkan pada saat pengaturan password pada laptop :

  • Karakter pada password tidak perlu terlalu panjang, mengikuti kebutuhan seperlunya saja.
  • Memastikan data password sudah masuk kedalam sistem dengan syarat minimal karakter terpenuh i.
  • Jangan sampai lupa data password supaya tidak susah kedepannya. Alangkah baiknya untuk mencatat segera apabila diperlukan
  • Memperhatikan Capslock secara berhati-hati menyala secara ataupun tidak sengaja (Dapat juga berpengaruh)

Pengaturan password diatas untuk urutan langkah-langkahnya saya mengambil pada Windows 10. Namun pada versi OS Windows lainnya tidak jauh berbeda (karena pada diri saya sudah pernah coba kesemuanya).

Untuk selengkapnya simak langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Membuka menu Control Panel
  2. Masuk ke dalam User Account
  3. Klik/pilih Create Password For Your Account
  4. Masukkan data passwordnya kemudian klik/pilih Create Password

Itu berlaku untuk OS Windows 7 tentunya. Sedangkan untuk OS Windows 8 yaitu sebagai berikut langkah-langkahnya :

  1. Menekan tombol pada keyboard yaitu Windows + R → Mengetik Control Panel → Kemudian OK
  2. Membuka menu User Account
  3. Mengklik Create Password
  4. Kemudian masukkan passwordnya

Namun pada kenyataannya sama saja bukan? Apabila menunya berbeda silahkan untuk menyesuaikan sendiri. Intinya apabila terdapat satu pengaturan password pasti terdapat pada menu Control Panel → User Account.

Manfaat dan fungsi memberi password pada laptop

Memang pada kenyataanya masih ada banyak pihak yang membiarkan begitu saja perangkat laptopnya dalam kondisi setting default (Bawaan). Dalam situasi ini yaitu tanpa menggunakan password.Selanjutnya, untuk yang belum mengetahui. Ada beberapa keuntungan serta manfaat yang bisa didapat dengan memberikan suatu kunci password pada laptop:

Lebih mendapatkan sisi keamanan: Yang dimaksudnya sisi keamanan dalam keseluruhan. Baik berupa data,privasi dan lain sebagainya. Bisa dipastikan akan terjaga dengan kondisi laptop yang diberi sebuah kunci password.

Mamanage akun menjadi lebih baik: Pada Windows terdapat pengaturan akun, jadi Anda juga bisa menambahkan pengguna lain. Tentunya akan lebih baik kalau setiap akun diberi password, relatif lebih mudah juga mengaturnya.

Mengamankan Laptop Ketika Hilang: Tidak banyak trik untuk membuka isi keseluruhan laptop yang dalam keadaan terkunci. Oleh karena itu kita dapat sedikit mengamankan suatu laptop ketika dalam posisi hilang.

Laptop hanya dapat dipakai oleh kita: Dan yang paling pasti tentu saja tentang laptop hanya akan dapat digunakan oleh pihak yang mengatur tentang kunci passwordnya. Dalam konteks ini tentunya kita sebagai si pemiliknya.Dan benefitnya tentu masih banyak lagi.Tentunya bukan hanya perihal ini saja sisi keuntungannya

Akhir Kata

Begitulah informasi mengenai tata cara membuat kunci password pada Laptop. Untuk kalangan pemula yang belum masih awam dan belum mengetahui, diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu menjelaskan tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan kedepan.Pada tutorial kesemptan ini khusus untuk platform OS Windows 7, 8 dan 10. Meskipun demikian pada tutorial ini dapat untuk semua jenis varian Laptop yang dapat menjalankan versi-versi Windows tersebut.Seperti kategori Laptop ASUS, Acer, Toshiba, Lenovo, dan lain-lain. Semoga bermanfaat,bagi para pembaca yang budiman dimanapun kalian berada.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts