Cara Memperbaiki Mouse Yang Error Dengan Mudah - Mouse merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Dengan perangkat mouse, maka para pengguna komputer dapat mengoperasikan komputer dengan lebih mudah dan praktis. Sebuah pointer lebih mudah digerakkan dengan perangkat media mouse. Dalam pengoperasian juga lebih mudah tentunya. Meskipun pada kenyataannya tanpa perangkat mouse sekalipun sebua komputer masih dapat dioperasikan, tetapi dengan adanya penggunaan peripheral mouse dapat mempermudah dalam pengoperasian. Untuk pengecualian pada laptop, apabila mouse mengalami kerusakan dapat  menggunakan fitur touchpad, sebuah alat yang fungsinya sama seperti layaknya mouse yang terdapat pada laptop, notebook, dan netbook.

Lantas bagaimana apabila mouse mengalami gangguan maupun kerusakan? Berikut ini yaitu cara-cara memperbaiki mouse yang mengalami ganggaun (error).

1. Perpiheral Mouse tidak terdeteksi pada PC

Salah satu masalah pelik error pada mouse yaitu mouse dapat terdeteksi oleh secara normal oleh komputer. Ketika proses booting berlangsung, pada komputer menampilkan pesan notifikasi bahwa Windows tidak mendeteksi keberadaan mouse yang terhubung ke media komputer. Analisa dan dugaan pertama yang berkaitan dengan pesan tersebut yaitu posisi kabel mouse yang tidak terpasang dengan semestinya.Sehingga langkah untuk memperbaikinya,sebaiknya mematikan terlebih  dahulu komputer untuk menghindari terjadinya konsleting pada arus listrik.

Dan setelah itu selesai, sebaiknya memeriksa apakah pada kabel mouse sudah terpasang dengan benar ataukah belum. Apabila diperlukan,kita mencoba untuk melepaskan dan mempasangkan kembali mouse tersebut guna meyakinkan kelayakan koneksinya. Dan sesudah langkah tersebut selesai,sebaiknya menghidupkan lagi komputer (restart). Apabila masih muncul notifikasi pesan error, selanjtunya melakukan analisa berikutnya. Dan analisa yang selanjutnya yaitu kemungkinan adanya kerusakan pada komponen file driver yang menghubungkan sistem dengan mouse(hardware). Oleh karena itu, perlu adanya  proses mendeteksi ulang driver secara otomatis dengan menggunakan OS Windows lewat Device Manager.

 

Langkah- langkah untuk mengatasinya sebagai berikut:

a. Klik kanan pada My Computer pada desktop Windows 7/8.1/10.

b. Pilih Properties => Hardware => Device Manager. Selanjutnya akan menampilkan kotak dialog (message box).

c. Klik mouse dengan memakai perantara keyboard dengan menggunakan sebuah tombol Tab.

d. Hapus file-file pada drive mouse versi lama dengan menekan tombol Remove.

e. Untuk selanjutnya, merestart komputer kalian masing-masing.

Apabila pada sambungan dan perangkat driver mouse sudah normal dan semestinya namun pada mousenya tidak terdeteksi oleh sistem windows, ada kemungkinan terdapat faktor kerusakan pada mouse. Ataupun bisa mencoba dengan menggunakan mouse lainnya yang tentunya bisa layak dikatakan normal, apakah terjadi hal yang serupa ataukah tidak sama sekali. Apabila masih mengalami kasus sama seperti sebelumnya bisa diartikan pada port PS/2 nya yang mengalami kerusakan.

 

2. Pergerakan pointer mouse yang sering meloncat-loncat

Masalah-masalah lainnya yang seringkali muncul yaitu kejadian pointer mouse yang sering meloncat-loncat secara tak beraturan sehingga para pengguna komputer mengalami kesulitan dalam pengendalian pointer mouse.

Langkah - langkah untuk mengatasinya sebagai berikut :

a. Membuka penutup pada bola mouse (mouse ball) pada bagian bawah dengan cara memutarnya hingga posisi 90 derajat.

b. Mengeluarkan mouse ball kemudian membersihkan dengan menggunakan perantara air hangat ataupun alkohol dan sikat dengan menggunakan media kuas, kemudian kita keringkan.

c. Pada bagian dalam mouse sendiri dapat diamati terdapat sebuah tiga roda. Terdapat dua yang memiliki ukuran yang besar dan yang satu berukuran relatif kecil. Kotoran-kotoran yang melekat pada komponen tersebut perlu kita bersihkan secara keseluruhan. Begitu pula dengan kotoran yang melekat pada bagian bantalan bola dan gerigi. Sebaiknya dalam membersihkan secara hati-hati sehingga tidak menimbulkan adanya kerusakan pada komponen¬komponen yang berada di dalamnya.

 Sekian beberapa penjelasan mengenai tadi perihal cara memperbaiki mouse yang error. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang budiman.

Baca selengkapnya "Pengertian Mouse beserta Fungsi-fungsinya"


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts