Sejak pandemi virus corona COVID-19 memasuki kawasan wilayah Indonesia, hingga pada saat kini lebih dari total 500 orang terinfeksi akan keberadaan virus tersebut. Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus tersebut, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan langkah preventif berupa physical distancing, yaitu dengan menjaga jarak dengan orang lain sampai dua meter, menjauhi kawanan kerumunan, serta tidak berkumpul pada event-event yang dapat menarik perhatian.

Dengan begitu kita dapat menemukan sebuah solusi yang sederhana yaitu dengan mencari hiburan yang paling mudah dijangkau pada portal internet, baik itu aktivitas streaming video, film, ataupun musik, berselancar di pada platform media sosial, hingga bermain game melalui smartphone masing-masing.

Laman Geekwire menyatakan bahwa sejak terjadi pandemi virus corona COVID-19, banyak terdapat situs live streaming hiburan mengalami peningkatan trafik yang signifikan seperti penonton Twitch yang naik sebesar 10 persen, Youtube Gaming naik sampai 15 persen, bahkan pelanggan paket Netflix mengalami kenaikan drastis sampai mendekati 100 persen sampai pada wilayah-wilayah  yang terdampak virus corona COVID-19.

Apabila kita sedang melakukan proses physical distancing dan menetap di rumah ataupun mengisolasi diri, berhati-hatilah jangan sampai dalam mengakses hiburan melalui gadget masing-masing dapat menguras dompet karena penggunaan kuota internet yang boros dan berlebihan. Dibawah ini beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk menghemat penggunaan kuota internet untuk konten hiburan, terutama untuk gadget  Android sebagaimana dikabarkan dari pihak Fossbytes:

1. Membatasi Penggunaan Paket Data

Membatasi kuota internet yang akan digunakan merupakan cara termudah untuk menghindari akan penggunaan data dengan kapasitas yang berlebihan.

Kita dapat mengkonfigurasi hal ini dengan masuk ke dalam fitur "Setelan" pada smarthpone yang kita miliki, kemudian memilih "Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan". Pada bagian itu, kita dapat mensetting penggunaan jumlah maksimal kapasitas data yang akan digunakan dalam kurun waktu-waktu tertentu

Selain itu, kita juga dapat memutus jaringan koneksi internet apabila batasan limit kuota tersebut sudah habis.

2. Membatasi aktivitas pada Backround Apps

Beberapa jenis aplikasi pada smartphone dapat otomatis mengurangi jumlah kuota internet, kendati smartphone tersebut tidak digunakan pada intinya. Misalnya, saja aplikasi pada latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan pada smartphone.

Tujuan melakukan sebuah pembaharuan adalah memudahkan langkah kita untuk selalu mengupdate, terutama ketika sedang melakukan kegiatan multitasking. Namun, tentunya tidak setiap saat kita perlu terus diingatkan akan notifikasi tersebut.

Apabila kita bermaksud melakukan penghematan kuota internet, kita dapat melimitasi penggunaan aplikasi tersebut. Dengan cara mengaturnya, masuk  ke dalam fitur "Setelan > Penggunaan Data", dan disana, kita dapat memonitoring aktivitas aplikasi apa saja yang sudah menggunakan kuota internet serta seberapa banyak paket data yang dikonsumsinya.

Apabila mengetahui fakta bahwa pada aplikasi latar belakang layar tersebut menghabiskan kuota internet cukup siginifikan, kita dapat mengkonfigurasi aplikasi tersebut agar tidak aktif pada smartphone.Dengan cara memilih dan menekan "Batasi data aplikasi pada latar belakang" ataupun disebut juga "Restrict app in background data".

Jadi kesimpulannya pada pembatasan ini akan menjadikan aplikasi pada latar belakang hanya akan diakses apabila pada aplikasi ini dalam posisi terbuka saja.

3. Mengkompresi Data Pada Browser di Chrome

Hingga padaa saat ini, Google Chrome merupakan satu peramban bawaan pada smartphone yang paling populer saat ini. Sebenarnya,apabila kita cermat, Chrome memiliki fitur unik bawaan untuk menurunkan ataupun mengkompresi arus kuota internet secara signifikan.

Ketika proses kompresi data dihidupkan, pengiriman dan traffic data diteruskan melalui media proxy dari Google. Jumlah kuota data kita akan diminimalisir dan dioptimalisasi sebelum pada akhirnya dikirimkan ke smartphone. Hasil akhirnya, penggunaan kuota menjadi lebih hemat dan kecepatan internet semakin cepat .

Langkah untuk mensetting kompresi data pada Google Chrome adalah dengan masuk ke menu "Setelan" pada aplikasi Google Chrome, kemudian mencari "Penyimpan Data" ataupun "Data Saver", kemudian aktifkan.

4. Mengupdate Hanya Melalui Perangkat Wi-Fi

Salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk mengurangi penggunaan kuota yaitu dengan menonaktifkan pembaharuan aplikasi otomatis (autoupdate)  pada Play Store. Untuk mengakalinya,kita dapat mengubah pengaturan menjadi 'pembaharuan hanya dilakukan pada saat ada jaringan Wi-Fi'.

Untuk cara mengubahnya yaitu dengan masuk pada aplikasi Google Play Store, memilih "Menu > Setelan > Update Aplikasi Secara Otomatis". Pastikan kita memilih "Update aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja" ataupun kita juga dapat memilih "Jangan update aplikasi secara otomatis".

5. Membatasi Penggunaan Streaming Online

Melakukakan streaming musik dan video dapat menghabiskan kuota internet dalam kuantitas yang banyak. Alangkah baiknya untuk menghindari tindakan ini ketika menggunakan kuota internet smartphone yang kita miliki.

Untuk mengakali konten-konten yang akan dinikmati, kita dapat menyimpan dan mendownload file musik ataupun video yang diinginkan ketika smartphone sedang terhubung dengan koneksi jaringan Wi-Fi.

Apabila memang tetap berkeinginan melakukan aktivitas streaming, kita dapat mengurangi kualitas resolusi layanan streaming tersebut. Misalnya, pada platform YouTube membebankan pada banyak kuota internet, sebaiknya untuk mengurangi kualitas resolusi video, dengan ukuran 240p, misalnya.

Dan selain itu, biasanya kehadiran aplikasi streaming seperti misalnya Netflix dan YouTube memiliki fitur penghemat  paket data untuk mengurangi konsumsi kuota internet normal yang digunakan.

6. Mengawasi Penggunaan Konsumsi Data

Jangan menyepelekan beberapa jenis aplikasi yang dapat menguras kuota internet tanpa kita sadari. Misalnya saja, mungkin dari kita tidak mengetahui bahwa seringkali aplikasi Google Photos melakukan proses sinkronisasi foto secara otomatis, yang akan ditampilkan pada backround atau latar belakang smartphone kita.

Demikian juga berlaku pada aplikasi media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Pada sisi keduanya seringkali membebankan pada banyaknya data Internet, apalagi jika pada menemui kasus  membuka suatu konten ataupun menonton video dari sana.

Beberapa langkah alternatif beberapa aplikasi penghemat paket data dapat dijadikan suatu  opsi, misalnya saja dengan menginstall aplikasi Facebook Versi Lite, kiranya langsung dari aplikasi Facebook, ataupun juga TweetCaster sebagai pengganti aplikasi Twitter. Dan beberapa platform itu menyediakan fitur unggulan yaitu aplikasi alternatif yang hanya membebankan tentang penggunaan kuota internet yang sedikit.

7. Melakukan mode off pada Google Maps Luring

Sebenarnya, apabila kita mencari suatu lokasi tertentu pada aplikasi Google Maps, kemudian setelah menemukan lokasi tersebut,aplikasi Google Maps akan menyimpan rutenya secara mode otomatis.

Dengan menyimpan data riwayat lokasi dan kemudian kita menonaktifkan paket data internet, pada kenyataannya kita tetap dapat bepergian (hangout) tanpa harus tersesat,serta dapat menjalankan lokasi menggunakan fitur GPS secara mode luring. Hal demikian jauh lebih menghemat paket data dibandingkan menggunakan aplikasi Google Maps secara mode daring.

Kita dapat mengatur hal demikian pada aplikasi Google Maps dengan menekan "Menu" dan memilih "Setelan peta offline". Di sana kita menekan bilah "Pilih peta kita sendiri" maupun "Download peta offline secara otomatis".

8. Melakukan Langkah-Langkah Pragmatis

Selain dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kita juga dapat menghemat penggunaa kuota internet dengan mengimplementasikan cara-cara yang pragmatis. Yang artinya, menggunakan paket kuota internet sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan dengan keadaan tertentu. Misalnya saja, apabila ingin mengupload ataupun mendownload file yang besar, sebaiknya menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi, jangan malah menggunakan paket data secara manual.

Dan selain itu, untuk selalu mematikan paket data internet apabila tidak dibutuhkan, serta menonaktifkan juga pada bilah notifikasi pada aplikasi yang tidak kita perlukan.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts