Cuan atau Passion


Karya merupakan sesuatu yang paling berharga, bagaimana tidak? Dengan sebuah karya dan konten tentunya setiap orang mempunyai kesempatan dapat dikenal banyak orang. Dari masa ke masanya setiap individu pada umumnya akan menciptakan sebuah karya dalam hidupnya entah itu yang bersifat tidak terkenal sampai yang terkenal oleh orang banyak. Tanpa adanya sebuah karya dan konten tentunya hidup tidak akan terasa lengkap dan mungkin saja seseorang tidak akan dikenal oleh orang lain. Karya merupakan sebuah napak tilas bagi seseorang, walaupun dirinya telah tiada namun dengan hasil karyanya menjadi sebuah penanda tersendri bahwa orang yang berkarya tersebut pernah hidup pada masanya bilamana orang yang membuat karya tersebut sudah tiada di dunia ini.

Karya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, siapapun pasti senang bilamana mereka berkarya? Dengan hasil karya yang pernah dibuat dapat membuat nama seseorang bisa menjadi terkenal entah itu karena faktor sisi baik karyanya ataupun keburukannya karena dengan hasil karyanya tersebut yang membuat sebagian orang mungkin masih mengingatnya dimasa kini atau bisa juga dimasa depan. Pada saat ini tentunya tidak berbeda dengan pada masa lalu, dari waktu ke waktunya pastinya selalu ada orang yang berkarya dalam berbagai topik yang berbeda-beda, perbedaan pada masa kini dengan hadirnya koneksi internet dapat berkarya di dunia maya. Tidak mengherankan apabila pada saat ini bermunculan para penulis-penulis dan begitu juga para konten kreator video pun bermunculan.

Namun apabila kita meneliti lebih cermat lagi terdapat dua model orang yang berkarya atau disebut juga konten kreator masa kini dimana ada yang berorientasi fokus dalam mengejar cuan ataupun nominal materi serta terdapat juga ada berkarya karena atas dasar passionnya.Terdapat dua tipikal konten kreator pada masa kini ini, dan sangat mudah untuk ditemukan di mana-mana. Untuk permisalan saja kita mencoba berseluncur di portal dunia maya dan mengunjungi berbagai platform tentunya konten kreator pada masa kini yang begitu menjamur walaupun tidak semua konten yang disajikan berkualitas.

Sehingga lantas dimana posisi kita pada saat ini? Berkarya atas dasar cuan atau berkarya karena passion yang dimiliki ? dan setelah itu tentukanlah langkah kita kedepan dan renungkan kedua hal tersebut. Tidak sedikit orang mengejar nominal cuan hingga suatu ketika lupa esensi  dalam pembuatan karya yang berkualitas dan sebaliknya disisi lain ada yang secara penuh berkarya atas dasar passion namun sepi peminatnya. Hal demikian tentu menjadi kondisi yang memprihatinkan, ditengah banyaknya gempuran platform media yang tersedia yang menawarkan penawaran keuntungan (benefit) dan membuat orang-orang berkarya hanya demi mengejar keuntungan materi belaka. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pihak yang tidak sabar konsisten serta menghalalkan segala cara hanya demi sebuah nominal cuan semata.

Bagaimana lantas kita seharusnya  dalam bersikap?pada hakekatnya kita harus dapat berpikir secara bijaksana. Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa dalam berkarya selayaknya kita butuh dengan yang namanya itu cuan atau disebut juga materi, namun disamping itu jangan pernah melupakan untuk dapat membuat karya yang original dan berkualitas yang pada hakekatnya bukan hanya sekedar membuat karya belaka.Pada intinya sah-sah saja berkarya atas dasar nominal uang, namun kita perlu memperhatikan hal-hal yang perlu digarisbawahi adalah dampak dari karya yang kita buat. Apabila memang suatu karya berdampak negatif dan berpotensi untuk diplagiat tentunya harus dihindari pada saat kita ingin membuatnya.

Sebaiknya jangan terlalu berharap banyak dalam berkarya hanya demi sebuah cuan semata, berkaryalah dengan atas dasar passion dan melibatkan hati kita dalam menentukan apakah sebuah karya yang akan dibuat layak untuk di publish ataukah tidak semestinya. Daripada berkarya atas dasar sebuah cuan, alangkah baiknya menciptakan sebuah karya sesuai passion kita terlebih lagi  apabila karya tersebut bernilai positif dan bermanfaat untuk banyak orang. Sebagai seorang yang menciptakan sebuah karya atau kreator sudah seharusnya membuat karya yang original dan berkualitas supaya tidak hanya menjadi nilai positif untuk diri sendiri saja namun juga untuk orang lain.Pada sejatinya kita harus bersabar dalam membuat karya karena semua pasti ada prosesnya yang harus dilalui untuk mencapai puncak.Alangkah baiknya menghindari jalan pintas ataupun menghalalkan berbagai cara hanya demi sebuah cuan semata yang ujung-ujungnya malah merugikan diri sendiri. Demikian tulisan saya pada kesempatan kali ini, Bagaimana pendapat para pembaca semuanya? Silahkan sampaikan pada kolom komentar dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts