Pada saat kita mengoperasikan perangkat komputer, sejatinya keberadaan device yang satu ini tidak pernah absen dari aktivitias karena merupakan bagian penting untuk menunjang pengoperasian perangkat komputer secara keseluruhan.

 

Ya benar sekali,perangkat ini adalah mouse. Mouse pada saat ini sangat berguna apabila kita mengoperasikan komputer kita karena fungsi utama mouse sendiri yang merupakan alat penunjuk (pointing device).

Pengertian peripheral Mouse

Mouse adalah salah satu bagian dari hardware komputer yang menerima input-an berupa sebuah gerakan, tekanan pada tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih sebuah teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia sendiri diterjemahkan sebagai sebuah “tetikus”. Dikatakan demikian mengapa karena memang bentuk dasar device ini menyerupai sebuah tikus yang kecil meruncing ke depan dan menggembung besar pada bagian belakang.

 

Sejarah Mouse

 

Peripheral mouse sendiri telah melalui berbagai macam perkembangan  fitur yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu dari segi fisiknya, device ini memilki bentuk yang cukup monoton. Namun pada saat kini apabila kita berburu ke toko komputer baik online maupun di toko komputer offline, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk pada mouse.

Sekitar kurang lebih 10 tahun lalu bentuk aneka mouse ini masih sangat standar. Masih sangat jarang sekali kita menemui perangkat mouse gaming padaa saat itu. Akan tetapi pada saat ini pada mouse standar pun banyak yang memiliki bentuk seperti layaknya mouse model gaming.

Selain perkembangan dari segi strukturnya,perangkat mouse sendiri tentunya juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari segi teknologi maupun kegunaan serta fungsinya. Dari segi teknologi mouse yang dahulunya menggunakan sensor berbentuk mekanik, mechanical mouse,hingga pada saat kini telah berkembang ke model optical mouse. Tentunya hal ini merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat.

Pada kenyataanya sisi kekurangan yang menjadi problema pada mechanical mouse dapat diatasi secara baik dengan adanya optical mouse ini. Dari segi fungsionalitas, mouse keluaran pada masa awal umumnya hanya didedikasikan untuk keperluan memilih item-item dalam komputer melalui method klik. Namun apabila kita mencermati,saat ini  banyak sekali mouse bertipe model gaming baik memang untuk gaming ataupun penggunaan reguler, dilengkapi fasilitas dengan banyak tombol aksesoris seperti misalnya tombol untuk back, forward, dpi selection dan sebagainya, yang tidak ditemukan pada mouse keluaran lama.

Banyak dari kita luput perhatian dengan perangkat yang satu ini. Apa saja sebenarnya fungsi dari mouse  itu sendiri dan jenis-jenisnya. Pada artikel ini kita akan mengupas tuntas lebih lanjut mengenai pengertian mouse beserta fungsinya dan jenis-jenis mouse.

Ketika kita mengoperasikan perangkat komputer maupun laptop, device yang satu ini tidak pernah luput dari absen karena merupakan bagian penting untuk menunjang pengoperasian komputer secara keseluruhan.

 

Ya betul sekali. Perangkat ini bernama peripheral mouse. Mouse sendiri sangat berguna apabila kita mengoperasikan komputer kita karena fungsi utama mouse sendiri yang merupakan alat penunjuk (pointing device).

Fungsi Mouse

 

Seperti telah dijelaskan di sebelumnya, perangkat mouse sendiri memiliki fungsi utama sebagai pointing device, yaitu untuk menggerakan titik pointer pada layar monitor baik itu personal computer (PC) maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, apabila kita mencermati lebih lanjut ternyata pada mouse ini mempunyai banyak kegunaan dan keunggulan yang sering tidak kita sadari. Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi mouse yang perlu kita ketahui:

 

1. Untuk mengeksekusi suatu program (aplikasi)

Mouse sendiri memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita dalam keseharian akan sangat sering menggunakan device mouse untuk membuka sebuah file ataupun menjalankan program.Dan pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka serta dijalankan dengan cara yang sudah umum dengan melakukan sebuah double click.

2. Untuk memilih sebuah objek maupun sketsa

Memilih merupakan sebuah aktivitas yang tidak dapat kita hindari dalam dunia komputer. Dimulai dari memilih sebuah file, folder, atau bahkan kata-kata dan kalimat dalam program penulisan seperti dalam Microsoft Word. Dengan menggunakan perangkat mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan masing-masing.

3. Melakukan proses drag dan drop

Dengan menggunakan perangkat mouse kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item yang berada di dalam komputer kita masing-masing,dimulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan adanya dukungan kemampuan ini melalui mouse, memudahkan diri kita dalam melakukan tindakan operasi-operasi sederhana tersebut.

4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse

Hover merupakan keadaan dimana posisi pointer kita berada pada menu, file, ataupun folder-folder tertentu. Apabila pointer berada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi yang ditampilkan. Informasi inilah yang kita sebut sebagai tooltips. Fungsi ini sangat berguna sekali untuk kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari tiap-tiap item yang akan kita click. Mungkin kita kurang memperhatikan dengan adanya fitur yang satu ini. Sehingga ketika kita mengoperasikan sebuah komputer ataupun laptop kita, cobalah untuk melakukan sebuah eksplorasi mengenai adanya fitur hover ini.

5. Melakukan operasi scrolling

Coba kita cermati apa yang paling sering kita lakukan ketika sedang membaca konten artikel-artikel pada tiap halaman yang berada pada blog ini. Yah. Betul sekali.kita paling banyak melakukan tindakan scrolling, yaitu sebuah proses menjelajah konten isi halaman dengan cara menggulungnya.

Pada intinya scrolling bukanlah satu-satunya alternatif cara supaya kita dapat membaca artikel ini terus sampai ke tahap bawah. Sebagai gantinya kita dapat menggunakan sebuah tanda panah (arrow) pada keyboard kita. Namun hal itu akan sangat tidak praktis dan efisien. Dapat dijelaskan bahwa dengan fitur dukungan mouse ini sangat membantu aktivitas kita dalam mengoperasikan komputer(PC) maupun laptop kita.

 

6. Fungsi lain dari peripheral mouse

Fungsi kegunaan lain yang dimaksud pada tahap ini merupakan fungsi-fungsi tingkat lanjutan dari perangkat mouse yang pada umumnya digunakan untuk bahasa pemrograman. Apabila kita adalah seorang programmer, tentu kita tidak asing lagi dengan hal yang satu ini. Sebagai contoh apabila kita membuat sebuah program dan aplikasi, disaat kita menginginkan suatu event yang berjalan ketika mouse sedang melakukan suatu tindakan prosedur.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts