Game bergenre Moba seperti misalnya Mobile Legends atau biasa disebut dengan ML sebenarnya adalah game yang pola permainannya agak sulit, dikarenakan kita bakal melawan pemain-pemain lain yang bukan bot/komputer tentunya. Untuk kita para pemain pemula, apabila kita mengetahui bagaimana tips dan trik bermain game Mobile Legends (ML) yang baik dan benar, dapat dipastikan ke depannya kita akan menjadi pro player dan tidak menjadi beban suatu team. Bisa saja mungkin, kita juga dapat menapaki level Top global ataupun Top lokal Rank, apabila tidak kita juga dapat menjadi Top Global Hero ataupun Top Lokal Hero, yang dimana tentunya akan sangat sulit untuk mencapainya.

Rata rata, para pemain yang masih di tahap pemula belum mengerti seluk beluk secara detail mengenai tata cara bermain game Mobile Legends (ML) yang baik dan benar, sampai terkadang pemain pemula sering menjadi seorang feeder (selalu mati terus), atau bisa saja lebih parahnya lagi dia akan menjadi AFK. Yang intinya apabila kita yang masih seorang pemula, newbie ataupun noob player yang berkeinginan menjadi Pro player, kita harus bermain dengan sabar, main save, tidak bersifat egois dan saling kerjasama. Berikut ini merupakan tips dan trik  ampuh cara bermain Mobile Legends (ML) untuk kalangan pemula.

Memastikan untuk Koneksi Internet Harus Stabil


Untuk faktor pertama yang paling penting pada saat bermain Mobile Legends yaitu jaringan koneksi internet harus lancar dan stabil, dikarenakan kita juga pasti mengetahui kondisis koneksi yang tidak stabil dapat membuat game menjadi lag. Apabila sudah merasakan lag, pasti  skuad kita akan banyak yang tewas. Pada saat open war atau disebut juga dengan 1vs1 dan tiba-tiba koneksi terasa lag yang berakibat terlambat dalam mengeluarkan skill dan biasanya kita auto mati. Alangkah baiknya apabila memperbaiki terlebih dulu jaringan koneksinya sebelum kita bermain, memastikan koneksinya berwarna hijau atau paling tidak minimal kuning.

Langkah alternatif lain untuk dapat mengatasi jaringan koneksi yang sering mengalami lag, kita dapat menggunakan speed mode supaya tidak mengalami kejadian lag. Namun terdapat pula yang menggunakan speed mode berakibat kejadian lag yang lebih parah. Yang perlu menjadi perhatian ! Game Mobile Legends ini tidak membutuhkan koneksi yang cepat, namun hanya membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak putus-putus.

Pada saat koneksi kita tidak stabil (terkadang lag, terkadang lancar),sangat disarankan untuk tidak bermain pada “Ranked Mode”. Mengapa ? Ada beberapa alasan kita tidak diperkenankan untuk bermain ranked pada saat koneksi tidak menentu.

-       Langkah pertama, merugikan diri sendiri sekaligus pihak pemain lain. Pada saat main ranked, jaringan koneksi yang buruk dapat membuat kita menjadi beban team dan feeder. Sehingga kita mungkin akan terkena sebuah Report + KDA dan winrate kita serta player lain akan mengalami penurunan.

-       Langkah kedua, jumlah bintang pasti akan mengalami penurunan. Penulis telah memastikan bahwa apabila koneksi internet kita buruk, maka kemungkinan untuk menang hanya berkisar 15% (untuk tier Master keatas). Apabila mengalami kekalahan, tentunya kita dan pemain lain akan merugi bintang + kita  kemungkinan terkena report.

Sehingga intinya kita jangan pernah sekali-kali bermain pada Ranked Mode apabila koneksi jaringan buruk. Karena apabila koneksi menjadi tidak menentu, kemudian kita memaksakan bermain pada mode Ranked, alhasil sama saja kita membuang jumlah bintang yang kita punya.

Menguasai Minimal Dua Hero

Untuk tips selanjutnya yaitu kita harus menguasai paling tidak minimal dua hero Mobile Legends (ML). Yaitu terdiri dari satu hero favorite dan satu lagi tipe hero tank. Kita harus benar – benar mengetahui hero yang akan digunakan,dimulai dari aspek combo dan skill, build itemnya, skill pasif, karakteristik, Emblem ataupun spell yang cocok untuk hero tersebut.

Apabila kita berada pada tier Epic kebawah, sangat disarankan supaya menguasai hero selain Marksman (MM), karena pada tier Grand Master (GM) kebawah sudah banyak sekali pemain yang menguasai Hero Marksman. Dan perlu untuk kita ketahui, apabila terdapat dua hero MM dalam sebuah team itu mengalami performa buruk, namun apabila tidak ada Marksman juga buruk, cukup dengan satu Hero Marksman saja saat match berlangsung.

Penulis akan merekomendasikan untuk para pembaca untuk belajar tank, supaya pada saat tidak ada seorangpun yang sanggup menjadi tank (tameng), kita langsung bersiap untuk menjadi tank, dikarenakan mengingat peran tank sendiri sangat vital. Bahkan salah satu kunci penentu kemenangan yaitu adanya Hero Tank pada saat match berlangsung, apabila tidak terdapat hero tank, team kita akan  mengalami kerepotan.

Faktori terpenting apabila kita menggunakan role Mobile Legends Tipe Tank, yaitu selalu berada di baris terdepan serta rela mati untuk hero lainnya. Jangan heran apabil a hero Tipe Tank mati sebanyak 5 kali? Sudah menjadi hal yang biasa. Sebaiknya untuk memilih tank yang dapat membuat lawan kerepotan, misalnya Grock, Akai, Tigreal, Hilda, Minotaur atau Khufra.

Bermain Secara Aman, Jangan Mudah Terpancing

Nah untuk satu ini kesalahan para pemula maupun noob player (player pemula bukan berarti kategori noob). Secara dalam bermain tidak berhati-hati alias modal nekad. Misalnya saja apabila musuh sudah sekarat, dia mengejar meskipun masuk dalam turret, dan alhasil mereka akan mengalami mati karena tertembak turret, atau bisa saja terdapat musuh yang sedang berkumpul, tiba-tiba pihak noob player ini malah melaju maju sendirian.

Sehingga apabila kita yang masih sering mengalami kematian karena turret ataupun mati kena gangbang, sudah waktunya kita untuk berhenti menjadi feeder.Alangkah baiknya bermain secara hati hati, lagipula apabila terdapat teman yang dapat membantu, untuk apa kita maju sendirian? Intinya dalam bermain yaitu harus berhati-hati salah satu kunci cara menjadi pro player di Mobile Legends, apabila kita bermain secara nekad, bukan tidak mungkin kita akan jadi sebuah feeder. Berikut ini beberapa tips dan trik agar kita bermain aman di game Mobile Legends.

·         Selalu bersama-sama teman seteam supaya pada saat ada musuh yang menyerang, kita bisa dibantu oleh rekan lainnya

·         Usahakan jangan melewati/mendekati semak-semak apabila belum tentu dalam kondisi aman (bisa jadi sudah ada beberapa musuh yang  sedang menunggu)

·         Memastikan HP/Nyawa hero selalu berada diatas 3/4 darah supaya tidak lekas gampang mati

·         Selalu melihat map(peta), supaya mengetahui posisi lawan sdang berada dimana

·         Tidak maju sendirian menyerang pada saat terdapat lawan yang bergerombol

·         Selalu menghindari skill lawan (wajib)

·         Mencuri turret lawan, tapi harus untuk diperhatikan yaitu faktor berhati hati

 

Farming Hutan yang Efektif

Terdapat 2 tipe Noob player dalam bermain Mobile Legends, yang pertama yaitu tidak pernah melakukan Farming sama sekali, yang kedua yaitu, yang dirinya tahu hanya melakukan proses farming tanpa peduli adanya tower. Untuk farming itu boleh, namun harus berfokus ke turret, karena turret sendiri lebih penting daripada monster hutanyang berada di arena permainan. Untuk para pembaca yang masih tingkat pemula, sebaiknya dimulai dari saat ini harus belajar untuk melakukan farming. Kita harus mengetahui kapan ke area hutan dan kapan waktu yang tepat untuk menjaga turret.

Sedikit tips dan trik, apabila kita akan menuju ke area hutan, bunuhlah sebuah minion yang menuju area ke turret kita, agar menjadi lebih aman. Selanjutnya kita farming di area hutan secepat mungkin, kemudian kembali lagi untuk menjaga turret. Untuk slenajutnya mengulangi hal tersebut secara terus-menerus, maka dipastikan kita tidak akan kalah dalam segi level dan gold, bahkan mungkin saja dapat mendapatkan level dan gold yang tertinggi. Berikut dibawah ini tips dan trik farming yang cukup efektif di game Mobile Legends (ML):

  • Menggunakan Item Jungle
  • Mengambil Buff  yang berada diatas untuk mendapatkan EXP yang lebih
  • Menghabisi monster hutan di dekat area Buff
  • Membunuh Minion di area lane
  • Mengambil Lord dan Turtle
  • Melakukan Gank di area lane lain

Selalu Memperhatikan dan Mengamati MiniMap

Para pemain yang tidak pernah memperhatikan pergerakan lawan pada minimap dapat dibilang “Buta Map“. Buta map diartikan saat ini kita tidak pernah melihat aktivitas semua pemain pada map kecil yang berada pada pojok kiri atas. Sehingga pemain yang buta map tidak akan mengetahui bahwa mungkin terdapat hero lawan di dekatnya. Dan parahnya lagi,apabila pemain yang buta map dapat dipastikan tidak mengetahui kondisi turret yang sedang diserang, sehingga biasanya sering kecolongan tower. Hal demikian pastinya sangat merugikan performa keseluruhan team, dan Player yang buta map sangat dibenci kalangan Pro player ML.

Dan tak hanya itu, pemain yang  butamap rata-rata tidak mengetahui kondisi pada team, sehingga jarang untuk membantu team pada saat war berlangsung. Intinya, selain kita harus melihat hero masing-masing, kita juga harus selalu melihat Map secara terus-menerus supaya kita tidak mengalami kecolongan tower, dapat membantu kerja team dan mampu menghindari dari sergapan musuh.

Aware Akan Adanya Tanda Peringatan

Selain hal untuk menghindari kondisi buta map, aspek lain yang harus kita lakukan yaitu memperhatikan selalu tanda peringatan dari setiap anggota team. Macam-macam tanda peringatan pada game Mobile Legends (ML) itu terdapat 3, diantaranya adalah:

  • Attack (menyerang)
  • Retreat (mundur)
  • Gather (berkumpul)

Untuk lokasi tanda peringatan berada pada pojok kanan agak keatas,keberadaan tanda tersebut merupakan sebua perintah dari member lain yang melihat situasi di dalam arena game. Hal ini juga merupakan salah satu tips dan trik penting dalam bermain Mobile Legends (ML), agar kita semakin kompak dengan team (skuad) masing-masing , dan intinya kita harus peka dan sensitif apabila terdapat tanda-tanda peringatan tersebut.

Menghindari dan Menghina Anggota dalam Satu Team

Tips bermain Mobile Legends berikutnya yaitu ,kebanyakan pemain di region indo yang level tiernya masih berada pada di level bawah (Warrior, Elite, Master, Grand Master) sering sekali melakukan aksi saling menghina, dikarenakan terdapat rekan yang terlihat dari cara bermainnya memang terkesan masih Noob atau bisa disebut pula player pemula. Apabila kita masih seperti itu, maka selayaknya untuk meghentikan kebiasaan untuk menghina pemain lain, terdapat beberapa alasan mengapa kita tidak boleh saling menghina, meskipun dalam keadaan dan kondisi apapun.

  • Dapat menjadikan teman yang kita yang mengalami penghinaaan dan menjadi AFK (keluar dari match). Apabila kita menghina pemain lain, dan player tersebut mengalami sakit hati, pasti dirinya akan langsung melakukan AFK atau hanya berdiam pada base. Sehingga alhasil match akan berlangusng 4 vs 5, apabila hal ini terjadi kemungkinan besar team kita akan mengalami kekalahan.
  • Dapat membuat kolaborasi antar pemain menjadi berantakan tak beraturan, sehingga permisalan saja pada saat kita diserang, pemain yang kita hina tidak akan sudi untuk membantu kita. Atau misalnya saja pada saat war, pemain yang kita hina akan bermain sesuka hatinya dan tidak memperdulikan performa team.
  • Kita akan terkena Report. Apabila kita menghina menggunakan kata-kata kasar, kemungkinan besar kita akan direport oleh aksi pemain lainnya. Apabila kita terus-menerus direport, bahkan tidak mungkin kita akan mengalami banned dari game Mobile Legend.

Fokus pada Turret, Bukan ke sisi Kill

Pada saat match berlangsung, usahakan kita selalu mengutamakan push atau menghancurkan keberadaan tower. Jangan hanya berkeinginan untuk membunuh pemain musuh saja, karena apabila memfokuskan hanya pada membunuh kubu hero musuh saja, terdapat kemungkinan akan terkena comeback dari pihak lawan.Sebaiknya  menggunakan strategi berikut di bawah ini :

  • Untuk pertama kalinya membunuh (kill) lawan yang sedang menjaga turret (jangan lupa untuk meminta bantuan rekan lainnya).
  • Setelah lawan sudah mengalami knock out, jangan langsung untuk menjungle atau farming dulu, utamakan untuk menghancurkan turretnya terlebih dahulu.
  • Meminta bantuan teman lainnya untuk mengalihkan perhatian lawan, kemudian kita secara diam-diam melakukan push tower.

Jangan melakukan AFK di Game

Dengan alasan apapun, AFK merupakan salah satu hal atau bisa saja hal pertama kali yang dilarang keras pada game manapun. Terjadinya AFK akan berefek kepada kerugian performa team secara keseluruhan, dan dilihat dari segi apapun, AFK merupakan tindakan yang memang paling memalukan di dalam sebuah permainan game. Bayangkan saja apabila kita mendapatkan teman dalam satu team yang mengalami AFK, apa yang terjadi pada perasaan kita ?

Mengutamakan Kerjasama dalam Team

Bermain bareng atau disebut juga dengan “Mabar” merupakan salah satu tips ampuh cara supaya kita dapat selalu menang terus pada saat match di Mobile Legends. Dengan adanya mabar, kita dapat terhindar dari mendapatkan team player kalangan bocah dan noob. Namun yang perlu untuk diperhatikan, jangan asal untuk bermain bareng, sebaiknya untuk memastikan pemain yang kita ajak mabar tersebut merupakan pemain yang memang berstatus pro/agak pro supaya tidak jadi beban dalam team.

Info tambahan untuk para pemain yang masih pemula, pada saat main mode rank di Mobile Legends kita tidak dapat mabar dengan 4 orang. kita hanya dapat mabar sejumlah 2 atau 3 dan juga 5 player saja, kecuali bila pada mode classic kita dapat  bermain ber-4.

Nah begitulah tadi beberapa tips dan trik ampuh dalam bermain game Mobile Legends (ML) untuk kalangan pemula supaya dapat menaiki tahta pro player ke depannya. Apabila ada yang kurang seputar trik dan tips diatas,silahkan comment saja pada kolom comment bawah tentunya.


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts