Di era kejayaan Playstation generasi pertama atau disebut dengan PS1 kita mengenal pastinya game bergenre sport bernama Winning Eleven yang selalu merajai hampir setiap rental Playstation ketika pada saat itu. Winning Eleven seolah menjadi game wajib yang dimiliki oleh para pemilik rental PS1. Harap maklum, di kalangan masyarakat Indonesia memang menggilai olahraga sepakbola. Namun lain halnya, pada saat itu juga terdapat satu permianan bertitle sport sepakbola yang menjadi alternatif pilihan lain dengan gameplay yang unik dan,menarik serta terkesan nyeleneh disebut dengan istilah "Super Shot Soccer" yang dirilis oleh sebuah perusahaan Tecmo pada kisaran tahun 2002 pada saat adanya demam Piala Dunia sedang hype di kala itu.

Game “Super Shot Soccer” bisa dibilang menjadi sebuah genre game sepakbola yang unik dan menarik karena terinspirasi dari anime Captain Tsubasa atau bisa jadi bahkan mungkin dari film “Shaolin Soccer” karena di dalamnya gameplay tersebut terdapat kekuatan super dari setiap team dan bermain sepakbola dengan beranekaragam jurus-jurus aneh nan ajaib. Total terdapat kurang lebih 30 team nasional dalam permainan ini dan setiap team mempunyai ciri khas jurus masing-masing sesuai dengan ciri khas dan kearifan lokal budaya negara itu sendiri. Lantas,berikut ini merupakan beberapa team yang paling sering dimainkan pada game Super Shot Soccer.

1.    Jerman

Yang pertama yaitu timnas Jerman menjadi salah satu team yang paling difavoritkan pada game “Super Shot Soccer” dikarenakan keberadaan jurusnya yang lengkap dari segala aspek. Diantaranya yaitu jurus kecepatan pemain, jurus pertahanan lawan dari penjaga gawang yang dengan sigap akan menahan berbagai serangan dengan kuat layaknya kokohnya sebuah tembok berlin. Dan jurus mencetak gol dengan sundulan (heading) yang akan membuat pihak lawan yang dilewatinya akan mengalami terpental seperti bak kaleng minuman kosong yang ditendang. Pada Team ini juga menjadi yang paling banyak dimainkan teman-teman pada era dahulu.

2.    Paraguay

Ini dia team yang paling unik pada permainan ini. Bagaimana tidak ? Apabila team lain menggunakan jurus dengan model serangan biasa maka Paraguay sendiri justru mempunyai jurus serangan dengan mencetak gol yang berasal dari kipernya bernama Jolovort. Dengan catatan utama, pada kiper Paraguay harus menangkap bola yang ditendang dari pihak lawan. Kemudian kiper Paraguay akan memancarkan sebuah cahaya dan meninju bola ke arah depan hingga seluruh pemain yang dilewatinya akan berhamburan ke segala penjuru arah hingga bola masuk ke dalam gawang.

3.    Brazil

Tim Samba alias Brazil juga  mempunyai jurus yang spektakuler pada permainan Super Shot Soccer. Untuk bagian pertama yaitu adanya jurus mencetak goal dengan kekuatan super ampuh yang akan menghamburkan pola serangan para pemain lawan dan yang kedua adalah jurus spesial dengan model tendangan bebas, tapi khusus untuk si penendangnya harus pemain bernama R. Delvos (nama parodi dari Si Roberto Carlos). Posisi layar akan mengalami gelap sesaat dan hempasan bola akan melesat dengan sangat cepat dan masuk goal ke dalam gawang lawan. Amazing sekali bukan !

4.    Jepang

          Yang keempat team dari benua asia ini mempunyai tiga jurus andalan. Di bagian                      pertama dinamakan Samura Blade yaitu sebuah jurus untuk mencetak goal,                              keberadaan jurus ini sesuai dengan namanya yaitu sebuah tebasan samurai yang                    seakan-akan menebas kubu lawan-lawan yang  sedang menghalangi serangan.                      Kemudian terdapat jurus lain yang disebut Kamikaze yang merupakan sebuah jurus                pertahanan (defend) dan memperlambat pergerakan serangan pemain dari pihak                    lawan. Kemudian yang jenis jurus yang terakhir adalah tipe jurus dribble yang                          membuat para pemain seakan-akan mengalami kesurupan seperti tiupan angin topan.

5.     Arab Saudi

Untuk terakhir kalinya jurus dari team Arab Saudi yang terkesan aneh dan lucu. Bagian pertama merupakan jurus badai padang pasir yang akan mengaburkan pandangan dari pihak lawan. Menendang bola dari posisi tengah lapangan maka lesatan bola tersebut akan terbang terbawa arus angin ke arah gawang lawan. Dan jurus lainnya yang tak kalah aneh dan unik yaitu jurus menumpahkan minyak di mana kumpulan pemain lawan akan mengalami terpeleset alias terjatuh dan terjungkal hahaha. Siapa sobat yang dahulu sering memakai team Arab Saudi?

Selain dari sekian kelima team di atas terdapat team-team lain yang menjadi paling favorit dan popular untuk dimainkan seperti misalnya Korea Selatan, Perancis, dll. Para pembaca sendiri pada saat itu sering menggunakan team dari negara mana? 


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts