Memory penyimpanan internal merupakan salah satu bagian komponen terpenting dari sebuah smartphone android . Hal ini dikarenakan, apabila kita memiliki smartphone android dengan space penyimpanan yang relatif kecil tentu akan sangat merepotkan dalam hal pengoperasian. Meskipun hal demikian dapat diatasi dengan cara mempartisi SD Card.

Namun demikian, beberapa masalah baru akan muncul apabila ruang penyimpanan pada smartphone kita membengkak dan menipis. Beberapa masalah diantaranya seperti tidak dapat mengintall aplikasi dan game dengan size yang besar dan smartphone kita akan cepat mengalami kondisi panas dan performa lemot.

Apabila sudah demikian, jalan keluar terbaik untuk mengatasi beberapa kasus masalah diatas adalah dengan melakukan sebuah partisi SD Card untuk menambah kapasitas memory internal pada smartphone android yang kita miliki.

Memang mengharuskan untuk mempartisi pada SDCard ?

Hal demikian dikarenakan mempartisi SD Card memiliki fungsi dan manfaat untuk membagi memori internal menjadi bagian yang nanti kedepannya sebagian total memori tersebut dapat dialokasikan sebagai memori internal.Sampai disini paham bukan untuk kegunaan dan fungsinya?

Apabila sudah memahami mengenai bagaimana cara kerja mempartisi SD Card, silahkan para pembaca menyimak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui langkah-langkahnya (step by step) .

Terdapat 3 trik dan tips yang dapat kita gunakan untuk melakukan partisi pada SDCard, saya mengingatkan agar para pembaca mencermati baik-baik panduan yang akan penulis berikan untuk menghindari terjadinya kesalahan (error) yang bisa saja menimbulkan kondisi pada SD Card rusak dan tidak dapat digunakan lagi seterusnya.

1. Cara Mempartisi SD Card Tanpa menggunakan PC

Untuk langkah pertama ini kita tidak perlu repot-repot dalam menggunakan PC untuk melakukan tindakan partisi. Kita dapat langsung melakukan tindakan partisi SD Card menggunakan sebuah aplikasi yang dapat kita unduh gratis di platform google play store yang bernama Android Partition Tool.

Akan tetapi, untuk menggunakan tindakan ini kita wajib memenuhi syarat-syarat requirement terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut :

·         Smartphone Android sudah dalam posisi Rooting.

·         Kapasitas SD Card yang akan dipartisi minimal memiliki kapasitas 4 GB.

·         Untuk SDCard dalam keadaan Unmounted, sebagai langkahnya : membuka Setting > Storage kemudian pilih Unmount SD Card.

·         Kita sudah mendownload sebuah aplikasi bernama Android Partition Tool. Untuk kita yang ingin mendownload aplikasi tersebut, silahkan untuk https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sylkat.AParted&hl=in.

Langkah-langkah untuk mempartisi SD Card tanpa PC.

·         Membuka aplikasi Android Partition Tool yang sudah kita download pada smartphone masing-masing.

·         Kemudian selanjutnya kita klik/pilih tombol “+” untuk menambah pengalokasian partisi baru. Kemudian mengisi ukuran serta format partisi SDCard sesuai dengan keinginan kita.

·         Setelah itu kita pilih format FAT32 untuk menyimpan data-data dan pilih format ext2 / ext3 / ext4 untuk keperluan Links2SD.

·         Setelah semua langkah-langkah sudah selesai, kita dapat langsung menuju klik Apply Changes untuk memulai proses eksekusi partisi.

Sebelum kita melakukan partisi SDCard, ada baiknya kita membackup semua data-data penting yang terdapat pada memori internal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Sangat disayangkan apabila terjadi kasus sampai data-data penting kita terhapus begitu saja !

Sekedar untuk perhatian saja, pada saat saya melihat review di platform Google Play Store untuk bernama aplikasi Android Partition Tool. Ada cukup banyak para pengguna yang merasakan kesulitan dan kegagalan, dan tidak sedikit pula yang berhasil.

Kami memprediksi bahwa smartphone milik mereka tidak memenuhi standar performa yang telah diberikan, atau bisa jadi mereka sendiri tidak dapat mengoperasikan aplikasi tersebut. Pastikan bahwa kita benar-benar membaca secara teliti dan seksama syarat yang telah diberikan beserta langkah-langkahnya.

2. Cara Mempartisi SD Card dengan Media PC


Untuk kita yang berkeinginan melakukan partisi pada SDCard menggunakan media PC. Kita dapat melakukan beberapa langkah-langkah di bawah ini.

·        Silahkan untuk mendownload dan install aplikasi Minitool Partition Wizard terlebih dahulu pada PC masing-masing.

·        Kemudian menyambungkan SD Card ke media PC menggunakan perangkat Card Reader.

·        Kemudian setelah itu membackup semua file yang terdapat pada SD Card, kemudian format seluruh isi SD Card tersebut.

·       Setelah itu kita bagi menjadi 2 bagian. Caranya dengan : memilih drive micro SD Card kita kemudian klik Move / Resize. Kemudian tentukan kapasitas tentang berapa ukuran dari masing-masing partisi

·    Tentukan format Partisi dengan cara mengklik kanan pada drive “Unallocated” tersebut  kemudian kita pilih Create.

·     Disanalah kita dapat melihat berbagai macam pilihan seperti partition labeldrive letter,  dan lain sebagainya.

·     Dan untuk menjadikannya posisi drive tambahan, maka sebaiknya menjadikan opsi Create As sebagai posisi Primary dan opsi File System sebagai FAT32.

·     Kemudian, apabila kita berkeinginan menjadikan partisi tersebut untuk kebutuhan Link2SD maka menjadikan opsi Create As sebagai Primary dan opsi File System sebagai Ext2.

·     Lalu kita menekan OK setelah semuanya selesai dan selesaikan proses dengan menekan tombol Apply di tahap akhir. Tunggu beberapa saat kemudian hingga semua proses selesai.

3. Mempartisi SD Card dengan CMW

Cara untuk mempartisi SDCard yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi  CMW Recovery. Dengan menggunakan cara demikian hanya untuk membuat format ext, bukan FAT32. Bisa diartikan cara demikian ini sangat cocok untuk keperluan Link2SD.Untuk selanjutnya simak dengan seksama pada langkah-langkah dibawah ini .

·         Merestart smartphone android kita, kemudian masuk ke dalam menu CMW Recovery.

·         Pilih menu Advanced yang terdapat pada bagian menu paling bawah.

·         Kemudian kita memilih opsi Partition SD Card.

·         Lalu selanjutnya tentukan ukuran dari partisi ext yang ingin kita buat itu dan dilanjutkan dengan mengkosongkan opsi pada Swap Size.

·         Setelah itu proses eksekusi partisi akan berjalan dan reboot/restart perangkat kita masing-masing.

Kesimpulan

Meskipun terlihat cukup mudah, kita wajib membaca secara teliti dan cermat panduan yeng telah kita berikan. Hal demikian dimaksudkan untuk menghindari kesalahan fatal yang dapat memicu akan menimbulkan SDCard rusak dan tidak dapat digunakan lagi dikemudian hari.

Selain itu, kita wajib membackup semua data-data yang berkategori penting yang terdapat pada SDCard supaya data tersebut tidak menghilang pada saat proses partisi SD Card berlangsung.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan kepada para pembaca dimanapun kalian berada mengenai bagaimana cara mempartisi SD Card versi saya. Semoga dengan adanya informasi demikian dapat bermanfaat untuk kita dan terima kasih sudah membaca konten artikel ini sampai tahap akhir.


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts